valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Menlu: Indonesia Tak Berniat Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri ( Menlu) Retno Marsudi menegaskan pemerintah hingga kini tak memiliki niatan untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Retno mengatakan, pernyataan tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo sehubungan dengan isu Indonesia yang akan menormalisasi hubungan dengan Israel.

"Hingga saat ini tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel," ujar Retno dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/12/2020).

Retno mengatakan bahwa hingga kini Indonesia tetap memberikan dukungan besar terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan Indonesia itu berdasarkan sejumlah parameter internasional.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two-state solution dan parameter internasional yang telah disepakati, secara konsisten akan tetap dijalankan," kata Retno.

Isu normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dan Israel kali pertama disebarluaskan media Jerusalem Post. Dilansir dari Tribunnews pada Rabu (16/12/2020), Jerusalem Post menyebut Oman dan Indonesia kemungkinan akan menjadi negara berikutnya yang akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber diplomatik mengidentifikasi Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah mengalami kemajuan dan dengan siapa normalisasi dapat diumumkan sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.

https://nasional.kompas.com/read/202...-dengan-israel.

Bu retno memang luar biasa.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
galuhsuda
37sanchi
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
743
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.