• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ibu Melahirkan vs Protokol Covid19, Mana yang Seharusnya Didahulukan?

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Ibu Melahirkan vs Protokol Covid19, Mana yang Seharusnya Didahulukan?


Hallo Agan Sista, sampai di penghujung tahun 2020 pandemi Covid19 belum juga usai. Di Indonesia khususnya, bukannya turun, semakin hari angka positif corona semakin meningkat dan selalu memecahkan rekor! Bahkan, hingga hari ini Indonesia menduduki peringkat 4 se ASIA!


Spoiler for spoiler:


Jadi gini gan, barusan ane melihat video viral, seorang ibu hamil tak mendapatkan penanganan medis karena belum memiliki surat hasil tes covid!

Rabu 10/12/2020, berlokasi di Nusa Tenggara Barat, terjadi kegaduhan di Rumah Sakit Umum Daerah Bima. Pasalnya, terdapat seorang Ibu Hamil yang hendak melahirkan namun tidak mendapatkan penanganan medis dengan alasan belum memiliki Hasil Tes Covid19.


Kejadian ini sempat disiarkan secara langsung melalui FacebookBhen Khafany.


Di dalam video berdurasi 11 menit 46 detik itu dapat kita dengar dan lihat, pihak keluarga yang sedang berteriak dan mengamuk melihat anggota keluarganya berjam-jam tak mendapatkan penanganan medis.



Well, kalo ane di posisi yang sama, tentu akan sangat panik dan marah. Bukankah melahirkan adalah pertarungan hidup dan mati bagi seorang ibu dan juga anak dalam kandungannya?

Namun, sebagai netijen yang budiman, akan lebih baik jika kita melihat dari sudut pandang pihak RSUD Bima.

Melalui Juru Bicaranya-RSUD Bima, dr Akbar menjelaskan, bahwa awalnya pihak RS sudah meminta agar kepada keluarga pasien untuk mematuhi protokol Covid-19, namun ditolak oleh keluarga pasien.

Barulah, setelah dimediasi dan diberikan pemahaman, keluarga pasien mau menjalani rapid tes.

Yang ane sangat bingungkan disini adalah, berdasarkan informasi yang beredar, si Ibu Hamil sudah lebih dari 1 jam dibiarkan tidur di dalam ambulans tanpa penanganan medis. Apa yang terjadi dalam waktu yang cukup panjang tersebut?


Namun, terlepas dari kegaduhan yang terjadi. Beruntungnya Ibu Hamil tersebut berhasil melahirkan dengan selamat.


Quote:



Belajar Dari Video Viral Protokol Covid19 vs Ibu Melahirkan, Mana yang Seharusnya Didahulukan?

Selalu ada hikmah dibalik setiap kejadian, misalnya saja kasus di atas. Memosisikan diri sebagai pihak yang netral, dan tidak melibatkan perasaan emosional. Seharusnya kita dapat melihat kejadian di atas dengan pandangan yang jernih. Singkirkan dahulu sifat menghakimi.

Menurut ane, kejadian di atas tidak perlu terjadi berlarut-larut, seandainya pihak keluarga dari awal bersikap kooperatif, mengikuti protokol Covid 19. Memang mudah untuk mengatakan ini ketika kita tidak terlibat langsung dan sedang tidak panik.

Oleh sebab itu, akan sangat baik sekali jika pihak RSUD pada saat itu langsung dengan sigap melakukan mediasi dan memberikan pemahaman kepada pihak keluarga. Kalau memang mediasi dilakukan dari awal, tidak seharusnya ibu hamil tersebut terlantar di dalam ambulan hingga berjam-jam.

Protokol Covid jelas sangat penting, SOP tersebut dibuat oleh manusia untuk mengurangi kemungkinan virus semakin menular. Kendati, nyawa manusia jauh lebih penting! Ironisnya, terkadang sistem yang seharusnya mempermudah manusia, justru berlaku sebaliknya, mempersulit. Seandainya pihak RS lebih bijak dalam bersikap, dengan cara membawa ibu hamil ke dalam RS dan melakukan penanganan (termasuk rapid test), sedangkan pihak keluarga diminta menunggu diluar terlebih dahulu sembari mengikuti protokol covid, maka kejadian ini seharusnya tidak akan berlarut-larut.

Lebih daripada itu, alhamdulillah, sang Ibu dan anak masih diberikan keselamatan. Semoga kasus ini bisa dijadikan pelajaran bagi pihak terkait, dan kita semua, seandainya nanti mengalami hal serupa (tapi semoga jangan). Intinya jangan panik, apalagi emosi ya Gan Sist!

NB : Kalau menurut Agan-Sista, gimana?


Referensi : disini, disini, dan opini pribadi
Gambar : Google
cheria021
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
6.8K
197
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.