ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Dokter Reisa: Ini Syarat Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh


Tim Komunikasi Satgas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengungkapkan tingkat kesembuhan pasien corona di Indonesia pekan ini meningkat dari pekan sebelumnya, yakni dari 72,47 persen menjadi 73,8 persen.

Reisa mengatakan, pasien sembuh COVID-19 yang diumumkan hari ini bahkan jauh lebih tinggi dari tambahan kasus terkonfirmasi.

"Angka kesembuhan hari ini lebih banyak dari angka positif, sebanyak 3.856 pasien sembuh. Sedangkan hari ini ada 3.509 kasus baru. Semoga akan lebih banyak yang sembuh ya," ucap Reisa di Istana Kepresidenan Jakarta.

Ia lalu membeberkan syarat-syarat seorang pasien corona bisa dinyatakan sembuh. Reisa membaginya dalam tiga kategori, yakni pasien bergejala berat atau kritis, ringan-sedang, dan pasien tanpa gejala.

Syarat-syarat ini dicantumkan berdasarkan pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 19 versi Kemenkes edisi terbaru.

"Pasien dengan gejala berat atau kritis yang dirawat di rumah sakit dinyatakan selesai isolasi apabila hasil pemeriksaan follow up PCR swab test negatif, ditambah minimal 3 hari tak ada gejala seperti demam dan gangguan pernapasan," jelas Reisa.

Selain itu, pasien bergejala berat ini juga akan dipindahkan ke ruang nonisolasi atau rawat inap biasa sebelum akhirnya dipulangkan.

Sementara bagi pasien bergejala ringan dan sedang, mereka akan menjalani observasi dan akan dipantau tidak ada gejala seperti demam dan gangguan pernafasan.

"Apabila selesai perawatan di fasilitas kesehatan namun belum mencapai 14 hari, tetap harus menjalankan isolasi mandiri di rumah dengan syarat tetap batasi aktivitas dan kontak dengan orang lain," tutur Reisa.

Sementara bagi pasien orang tanpa gejala (OTG), Reisa menyebut mereka selesai diisolasi jika telah merampungkan masa isolasi mandiri 10-14 hari. Mereka juga tak perlu menjalani tes swab PCR lagi.

"Untuk kasus asimtomatik atau OTG dikatakan selesai isolasi mandiri selama 10-14 hari sejak terkonfirmasi positif. Saya perjelas, isolasi mandiri harus diterapkan disiplin, tak boleh kendur," tutup dia.



de_766hi
tien212700
tien212700 dan de_766hi memberi reputasi
2
1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.