sentailoverAvatar border
TS
sentailover
Sanggupkah Dominasi Spanyol Tergusur?
Mulai musim balap tahun 2021 mendatang, pembalap legendaris Valentino Rossi bakalan ikut bersaing bukan cuma sebagai pembalap, tapi juga sebagai pemilik tim dari VR46 Racing Academy. Di kelas puncak Rossi sudah mengakuisisi tim dari Spanyol yaitu Esponsorama Avintia, sedangkan untuk modal pacuannya akan mengandalkan Ducati yang notabene pernah diperkuat Rossi di tahun 2012 ketika memutuskan pindah dari Yamaha. Tim Esponsorama Avintia dulunya pernah menaungi Nicky Hayden, dan terakhir mempekerjakan Tito Rabat sebagai pembalap.

Otomatis dengan adanya Valentino Rossi sebagai pemilik tim, yang akan direkrut jelas para pembalap berbakat yang berasal dari Italia. Secara politis, VR46 Racing Academy ini juga dibuat untuk mengungguli dominasi Spanyol yang selama ini dikenal punya banyak pembalap, bahkan penyelenggara MotoGP juga banyak yang berasal dari Spanyol, sehingga tudingan Spain conspiracy sering muncul kalau ada pembalap non Spanyo yang dirugikan oleh keputusan marshal atau ada kasus seperti serempetan Marc Marquez dengan beberapa pembalap di masa lalu, yang menguap begitu saja karena Marquez adalah wong Spanyol, Pun sampai akhirnya dia masuk Repsol Honda sampai sekarang. Padahal sebelum itu ada peraturan bahwa seorang rookie atau juara yang baru naik kelas, tidak boleh langsung bergabung dengan pabrikan. Tapi itu untuk pembalap non Spaniard. Buat Marquez beda urusan.

Italia sebetulnya punya juga banyak pembalap berbakat, dan lagi ajang kompetisinya juga lumayan banyak, meski memang tidak sebanyak Spanyol. Beberapa pembalap seperti Francesco Bagnaia yang sekarang dikontrak pabrikan Ducati, atau Fransesco Morbidelli adalah beberapa pembalap Italia yang punya kemampuan lebih, disamping pembalap baru yang naik kelas dari Moto2 seperti Enea Bastianini dan Luca Marini yang merupakan adik tiri Valentino Rossi.


Valentino Rossi memang hanya salah satu pemilik tim. Tapi nasionalismenya terhadap Italia boleh juga diacungi jempol, karena ia ingin para pembalap Italia juga diperhitungkan layaknya pembalap Spanyol, meski secara politis, Dorna selaku penyelenggara MotoGP juga 'dikuasai' orang-orang Spanyol

Kalo menurut agan, apakah para pembalap Italia sanggup meruntuhkan hegemoni pembalap Spanyol? Mengingat sejak dulu sampai sekarang, yang jadi langganan juara kebanyakan pembalap Spanyol. Joan Mir adalah contoh terakhir juara dunia MotoGP 2020.
doobey
Papa.T.Bob
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
MotoGP
MotoGPKASKUS Official
1.5KThread2.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.