Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hewan Kecil Berikut, Ternyata Penuh Kejutan Dan Fakta Menarik Lainnya

marilyn88Avatar border
TS
marilyn88
Hewan Kecil Berikut, Ternyata Penuh Kejutan Dan Fakta Menarik Lainnya
Kecil fisiknya tak sekecil nyalinya, tak ada yang menyangka walaupun berukuran mungil makhluk ini masuk dalam jajaran hewan pembunuh berdarah dingin. Lebih dari itu sobat kecil ini juga memiliki kekuatan bak super hero di dunia nyata.

1. Belalang Sembah Ternyata Predator Bengis

Hewan Kecil Berikut, Ternyata Penuh Kejutan Dan Fakta Menarik Lainnya

Kecil namun mematikan, serangga hijau ini dikenal dengan sebutan Praying Mantis, Belalang Sembah, atau Belalang Sentadu. Dia disebut belalang sembah bukan tanpa arti, itu karena sikap kakinya yang unik seperti seseorang yang sedang berdoa.

Sebutan praying mantis ini ternyata ada sejarahnya, menurut cerita suku San atau Saan penduduk asli Gurun Kalahari di Afrika Selatan percaya jika belalang sembah ini adalah dewa tertua yang memiliki kekuatan supranatural.

Tubuh Boleh Mini, Namun Keberanian Super!

Ukuran tubuh si belalang sembah hanya mencapai 17 cm, namun serangga ini masuk dalam predator poligofagus atau predator yang memakan banyak jenis serangga.

Antena dikepalanya berbentuk filiform, yang berfungsi untuk sebagai pendeteksi bau untuk mengendus mangsa. Bagian kaki belakang belalang sembah berfungsi sebagai senjata mematikan, disertai dengan duri-duri tajam untuk mencengkram mangsa agar tidak bisa lolos.

Binatang apapun yang ada di depannya akan ditebas oleh si belalang sembah termasuk ular sekalipun.

Seperti pertarungan sengit serangga kanibal ini dengan predatornya, ular yang secara posturnya lebih besar dan panjang tidak menciutkan nyali si belalang sembah ini. Dengan kuda-kuda seperti seorang petinju, mantis memberikan pukulan bertubi-tubi kepada sang ular.

Mantis memiliki reputasi pukulan yang sangat cepat yaitu 0,05 detik, dengan pukulan secepat itu ular pucuk tak dapat berkutik dan sang mantis berhasil menjepit leher si ular. Tak sekedar mengalahkan dominasi ular, dengan sadis mantis langsung melahap ular sedikit demi sedikit.

{thread_title}


Apa jadinya jika mantis bertemu dengan mantis lainnya, walaupun sesama mantis saling mengenali spesiesnya ternyata mereka tidak selalu bersahabat.

Serangan belalang sembah ini berawal dari gerakan lambat yang berubah tiba-tiba menjadi cepat, seperti gerekan berkelahi pada ilmu beladiri kungfu.

Jika pertarungan antar sesama belalang sembah selesai dan yang akan menjadi pemenang akan memakan seluruh tubuh lawannya sebagai hadiah kemenangan.

Belalang sembah ini memiliki rahang yang sangat kuat, rahang atas berfungsi untuk mencabik-cabik makanan sedangkan rahang bawah berfungsi untuk mengunyah makanan, dijamin semua yang dimakan mantis habis tak bersisa.

Mantis Memiliki Kemampuan Serupa Cicak

Mantis dapat dengan mudah berjalan dengan vertikal di pepohonan tanpa takut terjatuh, karena memiliki struktur kaki sedemikian rupa agar mudah mencari mangsa. Namun bagaimana dengan media licin seperti kaca, apakah mantis dapat berjalan vertikal di atas kaca..??

{thread_title}


Kaki belalang sembah memiliki tarsus atau segmen yang berfungsi sebagai perekat segala jenis permukaan. Di dalam tarsus terdapat rambut perekat yang mengeluarkan zat seperti minyak, berfungsi merekatkan dirinya pada aneka permukaan walaupun di media selicin kaca.

2. Hewan Super Kuat Bernama Semut Rangrang

Hewan Kecil Berikut, Ternyata Penuh Kejutan Dan Fakta Menarik Lainnya

Mungkin kalau kamu lagi berada di kebun atau di hutan tiba-tiba merasa sakit atau gatal yang menyengat, bisa jadi kalian di gigit sama gerombolan ini, ya mereka adalah semut rangrang atau lebih dikenal sebagai semut api karena gigitannya menyengat.

Semut satu ini sebenarnya lebih suka hidup di atas pohon, dalam satu sarang dapat di huni kurang lebih 4.000 sampai 5.000 ekor semut, tergantung dari besar kecilnya sarang mereka.

Menariknya semut ini membuat sarang dengan menyatukan daun yang satu dengan yang lain sehingga terbentuk ruang tertutup. Agar daun saling menempel semut-semut ini menggunakan benang sutera yang dihasilkan oleh larvanya dan karenanya untuk membuat satu sarang hanya membutuhkan waktu kurang dari 48 jam.

Nasib Semut Rangrang Dikendalikan Oleh Kasta

Dalam satu koloni sarang semut terdapat kasta-kasta yang menentukan hidup dan nasib mereka, yang tertinggi adalah Ratu Semut sang penguasa atas hidup koloninya. Diikuti semut pejantan dan betina yang disebut semut pekerja, semut pekerja dibagi lagi tugasnya, ada yang mencari makan, ada yang menjadi perajurit, dan terendah akan menjadi perawat larva.

Semut Rangrang, Kecil-Kecil Mematikan

Semut rangrang memiliki sifat teritorial, bagi tamu yang tak diundang siap-siap saja menjadi korban pasukan semut sparta.

Jika seekor semut merasa terancam dia akan melawan musuh yang ada didepannya dengan cara menggigitnya, namun kalau dirasa lawannya terlalu sulit ia akan memanggil teman-temannya untuk membantunya.

Bahkan untuk menghadapi musuh sebesar ini, semut rangrang tak butuh waku lama untuk membuatnya tak berkutik.

{thread_title}


Gigitan semut rangrang mengandung racun yang berisi campuran dari 46 protein, itulah mengapa setelah digigit semut ini rasanya seperti terbakar disertai dengan gatal.

Semut Rangrang Memiliki Kekuatan Bak Superhero

Semut-semut ini bisa dibilang hewan bertenaga super, semut rangrang mampu membawa beban 20x lebih dari bobot tubuh mereka. Mangsa yang berhasil dilumpuhkan akan di potong-potong menjadi beberapa bagian dan dibawa ke dalam sarang.

Pada saat membawa hasil buruan pulang perjalanan tidak selalu mulus, mereka bisa saja tersesat akibat batang pohon yang terpisah, jika itu terjadi apa yang mereka lakukan..??

{thread_title}


Dengan kekuatan supernya lagi, mereka akan membuat jembatan vertikal dari ratusan anggota koloni. Semut rangrang memanfaatkan kelenturan tubuhnya yang diatas rata-rata para serangga.






Author : Marilyn88

Published : 13 Desember 2020, 05.15 WIB

Papa.T.Bob
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
5.9K
57
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.