Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Wow! Di Polandia, Tambang Garam Dialihfungsikan Menjadi Penginapan Pasien Asma!

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Wow! Di Polandia, Tambang Garam Dialihfungsikan Menjadi Penginapan Pasien Asma!
Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


Seperti yang kita tahu, garammerupakan suatu senyawa ionik yang terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Salah satu contohnya adalah garam dapur yang biasa digunakan sebagai bahan masakan/penyedap rasa. Mungkin kita juga tahu kalau garam itu berasal dari air laut yang diolah dari pantai, ya, itu memang pengetahuan yang selama ini ane dan mungkin kalian ketahui. Namun kenyataannya garam bukan hanya berasal dari air laut saja loh, melainkan juga dari Tambang.

Jika membicarakan Tambang pasti yang ada di pikiran kita adalah tambang emas, tambang batu bara dan lainnya bukan? Ternyata di dunia ini juga ada tambang garam loh. Bukannya berasal dari laut, garam juga ternyata ada di perut bumi. Salah satu tambang garam yang ada di dunia ini berada di Polandia, yaitu Wieliczka Salt Mine (Tambang Garam Wieliczka).


Memang Polandia terkenal sebagai negara tambang di dunia, tapi siapa sangka? Ternyata Polandia juga memiliki Tambang Garam yang menghasilkan salah satu Garam terbaik di dunia. Wieliczka Salt Mine sudah berdiri sejak abad ke 13 sampai tahun 1996 (Tahun 2007 tambang ini berhenti memproduksi garam), dimana tambang ini terletak di Kota Wieliczka (300 km dari Warsawa).

Memang sejak tahun 2007 Wieliczka Salt Mine sudah tidak memproduksi garam lagi, tapi Tambang Garam ini tetap digunakan untuk keperluan lain. Misalnya seperti Tempat Wisata atau Museum. Wajar saja kalau Wieliczka Salt Mine dijadikan Tempat Wisata/Museum, karena di dalam tambang ini terdapat berbagai ukiran-ukiran di dinding tambang dan juga patung-patung yang cantik untuk dilihat atau diabadikan dalam dokumentasi. Bukan hanya melihat patung dan ukiran, Tambang Garam ini juga memiliki danau bawah tanah yang indah dan juga kapel.


Untuk ukuran, Wieliczka Salt Mine memiliki kedalaman sampai 327 meter dan panjang 300 kilometer, sangat luas bukan? Tapi hanya sekitar 2% dari Tambang ini saja yang bisa dimasuki wisatawan. Nah, ada bagian menarik dsri Wieliczka Salt Mine ini, dimana Tambang Garam ini dijadikan Pemerintahan Polandia sebagai penginapan untuk para pasien Asma.


Lah kok bisa? Jadi gini......

Di dalam Wieliczka Salt Mine ini memiliki iklim mikro yang unik. Jadi saat pasien Asma bernafas di Tambang Garam tersebut, maka partikel garam yang sangat kecil akan masuk melalui rongga hidung atau tenggorokan. Nah, partikel garam itu memiliki fungsi untuk memperbaiki saluran pernafasan seperti gangguan Asma, mengatasi peradangan dan juga pengeluaran dahak.


Ternyata Tambang garam yang sudah tak terpakai jika dikelola dengan baik dan benar memiliki manfaat yang besar ya selain dijadikan Museum atau tempat wisata. Bagaimana tanggapan Agan dan Sista? Ada yang mau kesini?

Sumber referensi : dari sinidan dari sini
Sumber Gambar : Google Images dan dari sini

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
indramamoth
tien212700
bjk8kds
bjk8kds dan 32 lainnya memberi reputasi
33
5.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.