Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Ilmuwan Mengungkap Asal-Usul Reptil Terbang di Era Dinosaurus
Foto: newsbeezer.com

Para ilmuwan prasejarah menyampaikan bahwa mereka sudah berhasil memecahkan sebuah teori selama ini. Dimana untuk mengetahui asal muasal untuk salah satu misteri reptil dinasaurus bisa terbang dalam ilmu paleontologi.

Atas perasaan ingin tau para ahli menelitinya kenapa reptil bisa terbang dan memecahkan misteri asal mula reptil terbang atau disebut "pterosaurus" yang menguasai langit pada saat hewan dinosaurus hidup di bumi.

Para peneliti juga menunjukkan bahwa sekelompok reptil terbang kecil misterius dari periode Trias yang disebut "Lagerpetids" yang telah diidentifikasi melalui beberapa bagian kerangkanya yang dapat ditemukan di Amerika Serikat, Argentina, Brasil, dan Madagaskar, sepertinya ini merupakan asal mula dari evolusioner pterosaurus.

Foto: yahoo.com

Lagerpetids ini pertama kali muncul sekitar 237 juta tahun yang lalu dan mereka umumnya kecil dan mungkin sebagai pemakan serangga, tetapi mereka tidak bisa terbang meskipun memiliki sayap. Pterosaurus menjadi vertebrata terbang pertama di Bumi jauh sebelum burung dan kelelawar muncul.

Asal usul pterosaurus telah menjadi salah satu masalah paling misterius dalam ikmu paleontologi sejak penemuan pertama pterosaurus pada akhir abad ke-18," kata ahli paleontologi "Martin Iscora" dari Museum Ilmu Pengetahuan Alam Argentina di Buenos Aires, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal nature.

Pterosaurus paling awal yang diketahui dalam catatan fosil berusia sekitar 220 juta tahun dengan perkembangan anatomis penuh sehingga mereka bisa terbang, termasuk sayap yang terbentuk dari selaput yang memanjang dari pergelangan kaki hingga jari kaki keempat yang sangat panjang.

Foto: reuters.com

Dengan mempelajari fosil yang ditemukan sebelumnya dan yang baru ditemukan menggunakan teknologi pemindaian canggih dan pemodelan 3D, para peneliti juga mengidentifikasi setidaknya 33 fitur struktural yang menunjukkan hubungan evolusi antara reptil kecil dan pterosaurus. Ciri-ciri tersebut antara lain bentuk telinga bagian dalam, otak, dan gigi, serta kesamaan pada tulang tangan, tungkai, pergelangan kaki, dan panggul.

Jadi dengan teori ini maka, misteri reptil terbang pada jaman purbakala dapat dipecahkan secara ilmiah melalui ilmu paleontologi yang sudah diteliti oleh para ahlinya.


Referensi: Scientists clarify origins of pterosaurs, the dinosaur era's flying reptiles

NB: Artikel sebagian ditranslate karena untuk pemberitaan yang benar adanya bukan fiksi atau narasi sendiri
Diubah oleh Sambelterasi052 10-12-2020 07:16
nirankara
indramamoth
tien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.5K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.