• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bosan Mengaspal, Kini Yamaha NMAX Bisa Melaju di Air Seperti Jetski

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Bosan Mengaspal, Kini Yamaha NMAX Bisa Melaju di Air Seperti Jetski



Yamaha dengan RX King-nya pernah mendapat titel sebagai 'Raja Jalanan' pada masa keemasannya. Kini gelar tersebut tampaknya diwarisi oleh buyutnya yang bukan motor laki dan bukan pula motor bini, tapi motor gendut matik nan elegan, NMax.

Sempat merajai jalanan sejak kelahirannya, kini tampaknya Yamaha NMax sudah bosan mengaspal, sehingga ingin mencoba melaju di atas air layaknya Jetski.

Dan sepertinya itu bukan cuma keinginan atau khayalan belaka. Sebab baru-baru ini sebuah video telah menunjukkan bagaimana Yamaha NMax bisa meluncur sukses di atas air.

Ya tentu saja untuk bisa berenang, motor gembot ini harus dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa mengapung. Maka melalui tangan kreatif Bapak Mustafa, pemilik akun IG @kepala_jenggot, yang sebelumnya telah sukses memadukan Honda Grand dan NMax, sehingga NMax bisa menjadi jetski.

Adapun bahan modifikasi yang diperlukan Pak Mustafa seperti yang terlihat dalam videonya adalah:

1. Dua batang pipa paralon besar, entah berapa diameternya. Ukurannya lebih panjang dari motor, dan tidak diketahui pula berapa centimeter persis panjangnya.

2. Satu batang pipa yang panjangnya sekitar 60 cm, sebagai perekat kedua pipa sebelumnya untuk membentuk huruf U.



3. Dua batang pipa yang panjangnya kurang lebih panjang motor, direkatkan di sisi kiri kanan pipa U, sebagai penyeimbang.

4. Semua sisi pipa yang terbuka ditutup rapat agar tak kemasukan air.

Selanjutnya modifikasi motor. Tidak banyak yang dimodifikasi, selain mencopot mesin asli NMax, diganti dengan mesin dumping kecil yang biasa dipakai dalam penggilingan tepung beras. Menurut pak Mustafa, awalnya menggunakan mesin ori, namun sering mati saat kemasukan air di bagian sistem radiator.

Karena mesin dicopot, otomatis roda belakang juga terlepas. Kemudian di dudukan mesin itu dipasang mesin pengganti, yang mempunyai as baling-baling sekitar 1 meter. Di ujung as yang tenggelam di air itu dipasang baling-baling ukuran standar 3 kipas.

Selanjutnya adalah bikin rangka yang dapat menahan dan menopang bodi NMax agar stabil dan tidak jatuh, di tengah-tengah pipa U yang sudah dirakit. Rangka pertama di bagian shock belakang. Rangka kedua di bagian tengah motor agar tidak nyungsep.

Sebagai kendali arah navigasi, tetap mengandalkan stang asal, dan roda depan yang setengah tenggelam di air. Tidak diketahui berapa kecepatan maksimal yang bisa diraih Jetski NMax ini. Yang jelas dalam hasil uji coba, ia bisa meluncur dengan mulus dan seimbang, meski dinaiki berboncengan 2 orang.

Menurut Pak Mustafa, modifikasi ini hanya untuk bersenang-senang, sebagai hiburan di tengah kecemasan akibat virus Corona.

Gimana GanSis, berani coba? Sebelum mencoba, silakan tonton dulu videonya ini:


***
IG@kepala_jenggot.
Ref.
Diubah oleh Aboeyy 12-04-2020 09:52
y4ns4n
nona212
tien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
15.5K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.