Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fd1e7cee3f1aa79772d68f2/otak-atik-gathuk-kisah-tragis-enam-anak-manusia-dr-kronologi-peristiwa-demi-peristiwa
Enam orang meninggal dunia, tewas terbunuh dalam sebuah peristiwa yang masih menjadi misteri. Dilihat dari sudut pandang manapun, dan oleh siapapun, kita patut turut berduka bagi pihak keluarga yang kehilangan.
Lapor Hansip
10-12-2020 16:18

Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Enam orang meninggal dunia, tewas terbunuh dalam sebuah peristiwa yang masih menjadi misteri. Dilihat dari sudut pandang manapun, dan oleh siapapun, kita patut turut berduka bagi pihak keluarga yang kehilangan.

Dua versi cerita, masing-masing dengan narasinya sendiri. Masing-masing pihak yang saat ini sedang berhadapan, hadir dengan narasinya sendiri-sendiri, lengkap dengan saksi dan "bukti" yang dipakai untuk mendukung narasi mereka itu. TS tidak ingin mendukung salah satu narasi, yang TS sendiri tidak punya akses, kemampuan maupun otoritas, untuk mengonfirmasi, narasi siapa yang benar.

Meskipun secara pribadi TS cenderung percaya pada versi pihak yang berwenang, tapi dalam trit ini TS mau mengajukan hal-hal yang sudah pasti-pasti saja sebagai bahan TS menganalisa dan mendeduksi, pakai metode otak atik gathuk, dari sisi TS sebagai seseorang yang suka membaca fiksi dan menonton thriller.

Bayangkan metodenya saja otak-atik gathuk, kalau dasar-dasarnya tidak jelas, makin ngawur kesimpulannya. Dasar-dasarnya sudah jelas pun, dengan metode yang ala kadarnya level warung kopi, kesimpulannya belum tentu benar.

Supaya lebih obyektif, TS akan mempertegas antara apa yang menurut TS adalah "fakta" dan mana yang merupakan "opini" TS.


Menurut TS semuanya ini bermula dari kepulangan MRS ke Indonesia (opini).

Bab 1, 10 November 2020.
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Disambut oleh mungkin belasan ribu atau bahkan puluhan ribu pendukungnya, MRS menunjukkan kekuatan masa yang ada di belakangnya.

Masih senada dengan momen yang terjadi saat kepulangannya ini, berturut-turut terjadi kerumunan massa dengan jumlah besar dalam dua acara lain yang dihadiri oleh MRS.

Fakta
Jadi faktanya adalah ada setidaknya tiga kali peristiwa, di mana MRS dan FPI, entah disengaja, atau tidak disengaja, telah menunjukkan jumlah masa yang mendukung mereka. CMIIW.

Opini
Dari tiga peristiwa ini, menurut opini TS, pada intinya adalah MRS dan FPI berusaha menunjukkan kekuatan massa mereka kepada semua pihak yang berkepentingan, mulai dari pejabat pemerintahan, sampai mereka yang sedang mencari dukungan untuk masuk ke dalam pemerintahan.

Bab 2, 12 November 2020
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Kira-kira dua hari berselang setelah kepulangan MRS, seorang selebriti melemparkan sebuah cuitan yang membuat MRS dan pendukungnya meradang.

Perseteruan lewat medsos antara NM dan pendukung MRS pun berlangsung cukup lama, termasuk dalam babak ini adalah beberapa kali ada pengerahan masa untuk memaksa artis ini meminta maaf atau menarik ucapannya.

NM tidak mundur, bahkan semakin menjadi-jadi.

Fakta
Cuitan dan perang di medsos bisa dicek faktanya terjadi. Di medsos sendiri dukungan terbagi dua, antara yang mengutuk NM dan yang membela NM.

Pengerahan masa untuk mengepung rumah NM sempat terjadi, tapi jumlahnya tidak banyak dan tidak berhasil membuat NM mundur.

Opini
Peristiwa ini mungkin terlihat remeh, tapi menurut opini TS perseteruan antara NM dan MRS ini bisa jadi memegang kunci yang cukup penting. Setidaknya lewat perseteruan ini, mulai terukur seberapa banyak pendukung MRS yang benar-benar militan.

Seakan menjadi sebuah ironi, ketika diperbandingkan antara belasan ribu yang menjemput MRS di bandara dengan raturan orang yang mengepung rumah NM.

Belum lagi munculnya ujaran-ujaran di medsos yang membandingkan keberanian NM dengan keberanian tokoh tertentu dalam pemerintahan.

Bab 3, 16 November 2020
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Pencopotan dua orang kapolda, meski TS tidak jelas apa alasan pastinya, tapi banyak dugaan, pencopotan dua pejabat ini masih berkaitan dengan tidak tegasnya mereka dalam mencegah timbulnya kerumunan yang terjadi berhubungan dengan kegiatan MRS.

Fakta
Kerumunan yang ditimbulkan MRS terjadi di wilayah/tanggung jawab kedua kapolda tersebut (Jabar dan Jakarta).

Opini
Dicopot dari jabatan, biasanya karena alasan ketidak puasan atasan. Salah satu yang menjadi prioritas pemerintah saat ini adalah penyebaran pandemi, apa mungkin itu sebabnya?

Atau ada yang gerah karena MRS dibiarkan memamerkan jumlah masa pendukung?

TS tidak tahu. Lebih baik fokus pada faktanya saja.

Bab 4, 20 November 2020
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Penurunan baliho, ketika TNI ikut menurunkan baliho-baliho bergambar MRS, seperti ada semacam kekagetan juga di antara pendukung MRS dan FPI, bahwa TNI, dalam hal ini Pangdam Jaya, memberikan perintah pada satuannya untuk menurunkan baliho-baliho tersebut.

Selain itu dari peristiwa ini, terlihat dari pihak pemerintah sudah semakin keras dalam menghadapi pelanggaran yang dilakukan oleh FPI dan pendukung MRS.

Bab 4, 25 November 2020
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Setelah beberapa hari disibukkan oleh berbagai kegiatan, kondisi kesehatan MRS menurun dan menurut juru bicara FPI, pada tanggal 25 November 2020, MRS masuk rumah sakit, akibat kelelahan.

Kejadian ini diikuti pula secara berturut-turut dengan berita positif covid-19 beberapa pejabat dan tokoh yang sempat hadir dalam salah satu acara yang diadakan oleh MRS.

Kemudian muncul usaha-usaha dari pihak pemerintah untuk melakukan swab-test pada MRS, yang kemudian dihindari oleh MRS dibantu oleh pendukung-pendukungnya.

Beberapa hari lamanya, media berisi tentang dua hal ini, yaitu usaha pemerintah untuk melakukan swab test dan usaha MRS beserta pendukungnya untuk menghindari.

Fakta
MRS sempat dirawat beberapa hari di RS UMMI dan sampai saat ini belum diketahui/dibuktikan apakah beliau sempat positif covid-19 atau tidak.

Satgas covid berusaha melakukan swab-test kepada MRS namun gagal dan sejak tanggal 25 November ini, MRS sulit untuk ditemui. Beliau selalu berada dalam penjagaan pendukung-pendukungnya. Bahkan tempat keberadaan beliau pun dirahasiakan.

Termasuk saat Polda Metro Jaya melayangkan surat panggilan.

Opini
Menurut TS, masalah positif covid atau tidaknya MRS, sepertinya dipandang oleh pihak MRS dan juga pemerintah, sebagai satu titik balik yang penting, karena ini cukup penting, maka TS tegaskan, lagi-lagi ini hanyalah opini TS, bisa saja salah dan TS tidak mengatakan bahwa opini ini pasti benar atau terbukti. Ini hanya opini, bisa disanggah dan sekali lagi belum tentu benar.

Ada satu artikel yang memuat sebuah wawancara, yang membuat TS berpikir demikian, di bawah ini screenshot-nya:

Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Ingat salah satu yang narasi yang membuat kharisma MRS menarik banyak dukungan, adalah sisi kekuatan supranatural yang menurut narasi itu membuktikan sisi spiritualnya.

Mulai dari cerita lolos dari tembakan sniper dan sebagainya.

Ingat termasuk masalah chat dengan seorang wanita, yang akhirnya kasus itu dihentikan.

MRS bukan sekali dua kali harus masuk ke dalam penjara. Jadi TS pikir MRS tidak takut dengan penjara. Bahkan masuk penjara menjadi salah satu saya tarik dia bagi pengikutnya, sebagai seorang alim yang berani mengambil resiko dipenjara demi kebenaran.

Yang akhirnya membuat MRS kabur adalah kasus yang menyangkut kesusilaan, dan masalah positif covid-19 atau tidak, menurut TS terkait masalah yang sama, yaitu jawaban dari mengapa ada sejumlah besar orang mengidolakan beliau.

Jawabannya satu, karena mereka percaya bahwa MRS adalah seorang tokoh spiritual yang dekat dengan Sang Pencipta.

Seperti juga kasus chat tak senonoh, (yang seperti juga penembakan 6 orang itu, terdiri dari 2 versi, ada yang percaya itu asli, ada yang percaya itu hoax), demikian pula apakah MRS positif covid-19 atau tidak. Sebuah persepsi positif tentang sosok MRS sedang menjadi pertaruhan di sini.

Bab 5, sekitar akhir November 2020
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Beredar di media sosial, beberapa video yang merekam seruan untuk berjihad sambil membawa senjata tajam.

Fakta
Ada video yang beredar. Reaksi mayoritas tokoh muslim pada umumnya adalah tidak setuju.

Reaksi penolakan itu beragam levelnya, tapi semuanya menolak video ini.

Opini
Sebuah langkah untuk menekan pemerintah dan menakut-nakuti rakyat? Entahlah, TS tidak berani banyak ber-opini tentang hal ini, yang pasti video ini justru seperti sebuah langkah catur yang buruk dari salah satu pihak.

Bab 6, 1 Desember 2020
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Kapolda yang baru diangkat, melakukan satu langkah hukum yang sejak kedatangan MRS, sampai pada saat itu, belum pernah diambil sebelumnya.

MRS dipanggil untuk datang memberikan keterangan, dengan kasus masalah pelanggaran prosedur penyebaran covid-19. Ketegangan pun semakin memuncak, antara pemerintah dan FPI.

Karena tak lama setelah surat pemanggilan pertama, terjadi insiden di belahan Indonesia yang lain, yaitu sejumlah masa meneror keluarga seorang menteri yang otoritasnya sangat kuat dan berpengaruh dalam hal kasus FPI dan MRS ini.
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Tentu saja FPI menyatakan bahwa kejadian/insiden itu tidak ada hubungannya dengan mereka.

Namun rasanya terlalu naif kalau kita percaya begitu saja, pada saat pengepungan pun sudah jelas orasi dan teriakan tuntutannya adalah masalah kasus yang menjerat MRS. Siapapun penggeraknya, jelas ini adalah sebuah unjuk kekuatan masa, untuk mendorong pemerintah membatalkan sebuah kasus hukum.

Masih dalam sebuah rangkaian peristiwa yang saling mengait, surat panggilan kedua pun dilayangkan.

Sejumlah orang sempat menghalangi petugas yang hendak menyampaikan surat panggilan, sehingga petugas sempat mundur, sebelum kemudian kembali datang dengan kawalan yang lebih besar.
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa

Fakta
Ada surat panggilan pertama. Muncul reaksi berupa pengepungan rumah seorang keluarga pejabat. Menyusul panggilan kedua yang dihadang masa, namun pihak kepolisian bersikap tak kalah tegas.

Opini
Lagi-lagi menurut TS, yang menjadi titik penting di sini adalah masalah kesehatan dari MRS. Bukan cuma masalah hukuman penjara yang relatif singkat dan toh sebelumnya sudah pernah dijalani.

Ada sebuah pertaruhan besar di sini, sehingga kedua pihak saling tidak mau mengalah.

Kedua belah pihak tidak ada yang mau bergeser, bisa jadi FPI sebenarnya salah mengambil langkah ketika mereka mengepung rumah ibunda P. Mahfud MD. Alih-alih membuat beliau mundur, justru tindakan ini menyentuh harga diri beliau.
(keceplosan jg nyebut nama..... T-T, mohon dimaafkan pak...)

---------

Sampai titik ini TS hentikan pembahasannya, karena toh tentu semua yang membaca sudah tahu apa yng terjadi berikutnya.

Seperti apakah sesungguhnya yang terjadi di KM50, TS tidak ingin membuat narasi apa pun, karena TS juga masih belum bisa membayangkan dengan pasti, apa yang sebenarnya terjadi saat itu.

Hanya saja menurut TS tidak tepat kalau semua hanya melihat satu peristiwa itu, tanpa mau melihat bagaimana peristiwa demi peristiwa, keputusan demi keputusan, membawa enam orang itu pada akhir hidup mereka. Ada sebab ada akibat. Ada aksi ada reaksi. Sebuah peristiwa besar, tidak serta merta terjadi tanpa urutan sebab akibat yang panjang sebelumnya.

Kekerasan melahirkan kekerasan.

Ketika pecah sebuah pertempuran, siapapun bisa menjadi korban dan kehilangan nyawa.

Kiranya menjadi pelajaran bagi kita semua, jangan gampang-gampang menebarkan benih kekerasan dan panggilan perang, karena bisa jadi bukan nyawa lawanmu yang melayang, tapi nyawamu yang melayang.

Sekali lagi, tidak ada untungnya kalau sesama saudara sebangsa berperang, menang jadi arang kalah jadi abu.

Mari jernihkan akal budi dan hati nurani.



Sumber berita :
1. https://www.tribunnews.com/nasional/...langan-dari-rs
2. https://hot.grid.id/read/182443489/p...inkan?page=all
3. https://nasional.kompas.com/read/202...akkan-protokol
4. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55182749
5. https://megapolitan.kompas.com/read/...-kali?page=all
6. https://regional.kompas.com/read/202...b-tak?page=all
7. https://kabar24.bisnis.com/read/2020...karta-cikampek
Diubah oleh lonelylontong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 51 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 05:42
Orang baik ketika pulang seharusnya membawa kebahagiaan, bukan keributanemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andreastomy32 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 06:02
Kemarin chaplin abis bertamu ditempat pak Wapres, ada apa gerangan? Jadi isu liar
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 06:16
Salam 3 periode biar kadrun2 semakin terguncang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
AyahNaenUS dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 06:51
Kalo dibiarin terus sama pemerintah bakalan jadi bom waktu ini. Bakalan terus ngerasa ngelunjak, merasa punya powet karena bawa agama yg tidak mungkin berani dilawan umatnya. Apalgi simpatisan di daerah2 yg memang buntu pikirannya. Yang dari kecil hidupnya sudsh dibumbui cerita cerita mukjizat ulama2 yang ga pernah terbukti kebenarannya.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 06:51
Masih menunggu video penembakanemoticon-Coolemoticon-Traveller
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 06:58
FPI JANGAN DIBUBARIN...
BIARKAN TETAP ADA...


#BIAR GENERASI MUDA PADA LIHAT...

KALAU ORANG GOBLOG..
NGGAK MAU SEKOLAH..

JADINYA KAYAK APA...

emoticon-Matabelo
Diubah oleh True.s4m1ns
profile-picture
profile-picture
AyahNaenUS dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 07:15
klo dari awal nggak kabur ya gak bakal kejadian
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 07:33
Kalau mau ditarik ke belakang mulanya dari Pilkada DKI Jakarta tahun 2017, kasus ujaran kebencian agama oleh salah satu calon digoreng secara masiv. Kekuatan masa mereka yang saat itu meledak dimanfaatkan untuk kepentingan politik dan berhasil kala itu.

Pada Pemilu 2019 mereka juga dirangkul oleh salah satu calon namun isu yang dimainkan (lagi2 isu agama) gagal. Pak Jokowi yang diserang habis2an faktanya memang seorang muslim dan juga merangkul ulama sebagai wakilnya, serta isu tersebut tidak laku di beberapa daerah.

Walaupun kalah di Pemilu 2019 kelompok mereka sudah terlanjur besar. Masih ada pihak2 yg masih mencoba memanfaatkan kelompok ini untuk kepentingannya. Minimal masa mereka bisa dimanfaatkan untuk demo menggoyang pemerintah.

Kondisinya kemarin ini mereka agak besar kepala. Kepulangan MRS disambut ribuan pengikutnya, tidak ketinggalan beberapa pejabat sowan ke petamburan termasuk gubernur DKI Jakarta.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 07:48
Seru juga bibib balik jd berita gak cuma soal covid😂
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 07:49
Lagian cuma 6 ekor kadrun yang mokat, gak usah dipusingin lah emoticon-Cool
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 08:16
Saya suka narasi yang dibuat dari sudut pandang agan, kompleks dan subjektif. Kalau dari sudut pandang saya pribadi, sepertinya gov sekarang mungkin agak terancam jika masa hrs mengganggu keamanan dan stabilitas negara.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 08:27
fakta2 yg muncul itu cuman riak2 kecil dari aktor2 di belakang layar yg berenang2 di bawah permukaan air
waspada ajah sama perkembangan situasi
gak usah terpancing demi kepentingan segelintir orang
mereka menang atau kalah toh hidup ente begitu2 ajah

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan irvan84 memberi reputasi
2 0
2
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 08:31
sejauh ini belom ada bukti jelas dan tervalidasi. cctv aja lom nonggol,

ntar keduluan sama mba Nana . . .

Tapi ini versi gua konsen ke TKP

"menurut gua perlu di analisis juga mental orang² di tkp. mengingat korban masih muda belia, ane yakin ada suatu hal "tak terduga" yang memicu letusan tembakan pertama".

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 08:32
Wah menurut ane kl di otak atik sampai jauh lebih ngeri sih... Politik --> ekonomi -> teknologi...potensi sda n sdm kita untuk teknologi d masa depan besar banget..

SDM kita masuk usia produktif potensial untuk di eksplorasi teknologi dalam pemanfaatan data...

SDA peralihan fosil ke elektrik kita penghasil salah satu bahan baku batt terbesar di dunia...nikel kita no.1

Kebayangkan kursi panas capres di 2024??

Fenomena HRS ya fenomena manfaat politis aja menurut ane..salah satu tools..

Turut berduka buat korban dan keluarga...

Semoga semakin banyak yg berpikiran lebih baik..
Diubah oleh irvan84
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 08:44
Ga perlu buang banyak waktu dan energi, cukup ebong aja yang menghabiskannya, karena mereka emang dibayar untuk membully dan memfitnah.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 09:04
Hmmm, ini menurut ane aja yah gan... Agak sia-sia agan bikin list kejadian-kejadian beserta fakta dan opini... 90% dari kaum mereka itu goblok, tidak bisa membaca, apalagi berpikir sih... Satu-satunya jalan diskusi dengan mereka... Digebuk, atau dihentikan nafasnya doang udah itu aja...
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 09:07
Pendukung rijik tu bukan cuma orang islam. Sekarang dia jadi simbol perlawanan sama pemerintah. Ujung2nya emang salah pemerintah karna emang gak beres. Segala yg dituduhkan kadrun itu emang banyak benarnya.
Tapi kedua pihak sama2 gak beres. Lu sok2an bela juga kalo terjerumus gak akan ada yg belain kok. Apatis saat ini pilihan terbaik, cuma nonton dan ngetawain kegoblogan orang lain ternyata membawa kedamaian daripada koar2 masalah kebenaran. Dan yg otak bisnis jadi oportunis malah cuan.
profile-picture
profile-picture
ngepamah dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 09:25
keplesetnya lisan ahok adalah awal MRS group berjaya,dgn jargon jualan agama,jakarta dikuasai,ulama pun pecah jd dua kubu,untung jokowi msih ada JK shingga ga terlalu terusik,MRS disentil hukum,rumor kriminalisasi ulama dijdikan tameng,umroh bertahun2 didanai ?,kesuksesan jualan agama dijakarta produk MRS group menarik para investor politik ke kancah nasional,jualan agama pun di munculkan lg ditambah isu PKI & rezim zalim,syngnya dikomandoin dr arab,dan lglg jokowi pinter baca situasi,terbukti susah dicari2 kelemahannya,meski agak gamang saat deadline cari wakil,sekali lg Koalisi oposisi berhasil di pecah belah,target selanjutnya adalh jualan agama lg untuk 2024 apalagi sudah tdk ada jokowi/petahana,pondasinya pilkada 2020 hrs dikuasai,kali ini investor2 mengimport mrs ke indonesia lg,show power mrs group pun dimulai dr bandara,petamburan dll,sayangnya pilkada blm mulai mrs group keburu mlempem krn terlalu over confident blunder mereka jd snjata makan tuan...dan babak selanjutnya dimulai...itu cmn dongeng dr saya
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 09:38
Jd inget temennya soekarno yg dihukum mati sedih ceritanya temen sendiri dihukum mati demi amannya sebuah negara..
Lah ini si ulama gak mati2 sdh jelas mau makar & ngajak perang emoticon-Sorry
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Otak Atik Gathuk Kisah Tragis Enam Anak Manusia dr Kronologi Peristiwa demi Peristiwa
12-12-2020 09:39
siap2 diciduk caleg gagal pks

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia