Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laskar.perindoAvatar border
TS
laskar.perindo
'Vaksin Corona China Sinovac 97% Manjur Lawan Covid-19'



Perusahaan farmasi plat merah Bio Farma mengungkapkan vaksin corona Sinovac memiliki tingkat kemanjuran 97% melawan Covid-19.

"Tim uji klinis kami menemukan bahwa data sementara menunjukkan kemanjuran hingga 97%," kata Iwan Setiawan, juru bicara Bio Farma seperti dikutip dari Reuters, Selasa (8/12/2020).

Sayangnya Iwan Setiawan tak merinci apakah data ini berasal dari uji klinis tahap akhir, namun ia kemudian mengungkapkan Bio Farma masih mengumpulkan data tentang kemanjuran vaksin dari uji klinis tahap tiga yang sedang berjalan.

Sebelumnya, Sinovac mengungkapkan vaksin CoronaVac buatannya memiliki tingkat kemanjuran 97% lawan infeksi Covid-19 pada orang dewasa sehat yang menerima dosis lebih rendah dalam uji klinis fase 1 dan fase 2.

Seorang juru bicara Sinovac mengatakan pada hari ini, perusahaan belum menerima pembacaan kemanjuran dari uji klinis Fase 3. Institut Butantan Brasil diharapkan akan mempublikasikan data uji klinis tahap akhir di Brasil pada 15 Desember 2020.

Informasi saja, pada Minggu malam (6/12/2020), sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia. Vaksin ini kini berada di kantor pusat Bio Farma di Bandung. Vaksin Sinovac masih menunggu izin penggunaan darurat dari BPOM dan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain menerima vaksin Sinovac yang sudah jadi, Bio Farma akan memproduksi sendiri vaksin Covid-19 yang bahan bakunya berasal dari Sinovac.
Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan pada awal tahun depan datang juga 15 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac yang akan diproses oleh PT Bio Farma menjadi 12 juta dosis vaksin jadi. Sebulan kemudian akan tiba 30 juta bahan baku vaksin yang akan diproses menjadi 24 juta dosis vaksin jadi.

multilateral untuk mendatangkan vaksin bagi seluruh rakyat Indonesia. Di bawah kepemimpinan dan koordinasi kementerian kesehatan pemerintah sudah memberikan konfirmasi kepada GAVI, sebuah badan penyedia vaksin di bawah naungan World Health Organization (WHO), untuk mendapatkan vaksin sebesar 20% dari target populasi.

"Program vaksinasi akan dilakukan setelah ada kajian mendalam dan ilmiah oleh Badan POM," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual bertajuk Tindak Lanjut Kedatangan Vaksin Covid-19, seperti dikutip Selasa (8/12/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Putranto mengatakan vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia haruslah telah teruji secara klinis dan telah sesuai dengan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).
"Pemerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan sudah teruji klinis, sesuai dengan rekomendasi WHO," jelas Terawan dalam konferensi pers, Senin (7/12/2020).

Vaksin yang datang di Indonesia tersebut, kata Terawan merupakan vaksin yang diproduksi oleh perusahaan farmasi asal China Sinovac, yang berasal dari virus SARS-CoV-2 yang sudah diinaktivasi.

Selanjutnya, vaksin akan segera dilakukan persetujuan untuk penggunaan Emergency Use Authorization (EUA) oleh BPOM sesuai ketentuan saintifik dan ketentuan perundang-undangan.


Sumber




MUKE GILE BRAY!!! MANTAB BETUL emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller



JANGAN LUPA, KALAU BELI VAKSIN PILIH REKBER BLACKPANDA SEBAGAI METODE PEMBAYARAN YANG AJAIB DAN SILUMAN!!!



emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
nomorelies
joko.munandar
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.