Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Viral Foto Anies Tak Bermasker, Benarkah Masker Kurangi Saturasi Oksigen?
Viral foto Anies Baswedan menemui petugas tanpa memakai masker. (Foto: Tangkapan layar Twitter)

Jakarta - Viral foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui petugas tanpa memakai masker. Anies yang diketahui positif terinfeksi COVID-19 tampak menemui petugas dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Di media sosial foto tersebut jadi perdebatan. Satu unggahan dari netizen menjelaskan bahwa salah satu alasan Anies tidak memakai masker adalah karena dapat menurunkan saturasi oksigen.

"Mmg dianjurkan dokter tak pakai masker krn bs kurangi saturasi oksigen. Gambar ini hy snapshoot bbrp detik dekat dg asisten ber-APD lengkap yg bantu setup online mtg," tulis unggahan sang netizen yang hingga kini sudah mendapat 1,8 ribu likes dan 251 retweets tersebut.

Saturasi oksigen sendiri adalah kadar oksigen yang ada di dalam darah. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, kadar oksigen yang normal di angka 95-100 persen.

Lalu benarkah pemakaian masker dapat mengurangi saturasi oksigen?

Studi yang dipublikasi di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menyebut pada dasarnya masker secara umum tidak memengaruhi kinerja paru. Ini artinya meski mungkin pemakaian masker terasa tak nyaman, tingkat oksigen dalam darah tidak terganggu.

Hal ini diketahui setelah peneliti dari University of Miami melakukan eksperimen pada 15 tenaga medis sehat dan 15 veteran perang dengan kerusakan paru-paru. Seluruh partisipan diminta lari-lari kecil selama 6 menit, setelahnya dilakukan pengukuran tingkat oksigen.

Eksperimen dilakukan dua kali, pertama dengan responden tidak memakai masker bedah lalu kemudian memakai masker.

Diketahui hasilnya baik tenaga medis dan veteran perang menunjukkan tidak ada perbedaan berarti dalam tingkat oksigen dalam darah.

"Data memperlihatkan tingkat pertukaran gas tidak terpengaruh secara signifikan oleh pemakaian masker bedah, bahkan pada subjek dengan kerusakan paru-paru," tulis peneliti.

SUMBER

Gara2 duit 26 juta.. otaknya TGUPP langsung d gadaikan.. emoticon-Malu (S)

veteran perang dg kerusakan paru2 dan d suruh lari 6 menit sambil pake masker aja ga pengaruh ma saturasi oksigen darahnya.. apalagi si wan abud yg ngejogrok doang kerjanya.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1 06-12-2020 07:18
pradanto17
lontongbesar
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.