Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Ingin Bikin Game Tanpa Coding, Kenalan Dulu Sama Game Engine!


Game saat ini sudah menjadi andalan sebagian besar orang untuk melepaskan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari. Sebagian orang menikmati game yang sudah ada dan sebagian lagi ingin mengeksplor game buatannya sendiri. Jika kamu ingin membuat game sendiri tapi belum banyak menguasai bahasa pemrograman, tenang saja karena saat ini sudah ada game engineGame engine adalah software yang bisa membantumu membuat game. Kamu tidak perlu pusing karena harus berkutat dengan bahasa pemrograman, cukup lakukan klik, drag, dan drop maka sudah jadi game baru. Asalkan kamu sudah memiliki konsep game seperti apa yang ingin kamu buat sudah cukup.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Game Engine?

Peran game engine sebagai software yang membantumu untuk membuat game baru mungkin akan membuatmu penasaran mengenai hal apa saja yang bisa dilakukannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh game engine.

1. Scripting


sumber : juliomarcelopicardo.com


 

Dalam sebuah gamescripting termasuk nyawa untuk membuat game lebih sempurna. Scripting ini bisa kamu sesuaikan sesuai yang kamu inginkan tanpa ada kesulitan yang lain.

2. Olah Grafis


sumber : thenextweb.com


Hal berikutnya yaitu olah grafis. Grafis yang baik, halus, dan memukau adalah incaran para gamer. Kamu bisa mendapatkan grafis dari game yang sudah ada maupun membuatnya sendiri.

3. Audio Engine


sumber : i.ytimg.com


Gambar tanpa audio akan membuat kualitas game menurun dan tidak asyik untuk dimainkan. Dengan memanfaatkan game engine, kamu bisa mengolah audio gamemenjadi lebih baik lagi.

4. Physics Engine


sumber : forbes.com


Komponen physics pada sebuah game juga bisa kamu tambahkan ke dalam gameengine. Contoh physics engine yaitu efek simulasi tumbukan atau gaya yang diberikan kepada sebuah objek.

5. Rendering Game


sumber : iamag.co


Konsep dan rancangan game yang sudah dibuat tentunya harus di-render terlebih dahulu sebelum bisa dimainkan. Game engine menyediakan fitur rendering gamesebagai finalisasi pembuatan game.

Game Engine yang Populer Dipakai

Berikut ini adalah beberapa game engine yang bisa kamu coba untuk mewujudkan game impian.

1. Unity


sumber : researchgate.net


Unity atau lebih populer dengan nama software Unity 3D menjadi salah satu gameengine yang cukup populer belakangan ini. Dalam game engine ini kamu bisa membuat game atau media pembelajaran dengan memanfaatkan augmented reality dan virtual realityGame yang dibuat dari Unity bisa dimainkan di smartphone maupun laptop.

2. Unreal Engine


sumber : unrealengine.com


Unreal engine mengunggulkan diri dari segi tampilan grafis yang lebih menarik. Gameyang dihasilkan bisa memiliki frame rate tinggi dan gambar yang jernih. Dua hal ini sudah cukup untuk memuaskan para gamer saat memainkannya. Dua game yang telah dihasilkan dari game engine ini yaitu Ragnarok dan Arkham City.

3. Cocos2d-x


sumber : discuss.cocos2d-x.org


Jika kamu ingin membuat game tapi tidak ingin ukuran game engine yang berat, cocos2d-x ini bisa jadi pilihan. Kamu bisa menggunakan game engine ini di smartphone maupun laptop. Ukurannya yang ringan tidak akan membuat perangkatmu terbebani untuk membuat game dari sini. Kamu yang pemula juga bisa menggunakan game engine satu ini.

Buat kamu yang ingin menciptakan game baru, game engine menjadi software yang bisa kamu andalkan. Kamu hanya perlu menyediakan konsep game dan mulai mengeksekusinya di software ini. Eksekusi pun tidak terlalu rumit dan butuh kesabaran dalam melakukannya. Misalkan jika kamu ingin menciptakan game untuk seru-seruan, manfaatkan saja augmented reality dengan Unity 3D. Selamat berkarya!



zukii.vixii
1syarif
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Programmer Forum
Programmer ForumKASKUS Official
20.2KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.