Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

extreme78Avatar border
TS
extreme78
Banjir di Medan Seatap Rumah-Tewaskan Warga, Gubsu Minta Sungai Dinormalisasi


Medan - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meminta Balai Wilayah Sungai (BWS) melakukan normalisasi terhadap sungai-sungai yang ada di Medan. Edy mengatakan normalisasi harus dilakukan agar banjir tak terjadi tiap tahun.
Hal itu disampaikan Edy usai meninjau lokasi terdampak banjir di Tanjung Selamat, Medan, Jumat (4/12/2020). Edy mengatakan dirinya melihat ada sungai yang harusnya berkelok namun dibuat lurus serta ada aliran yang disebutnya dimatikan.

"Saya katakan ini Sungai Belawan, Sungai Belawan ini sifatnya seperti huruf C, tetapi itu ada yang meluruskan sungai dalam rangka pembangunan rumah ini," kata Edy.

"Ada sungai yang dimatikan. Nah, ini akan kita fungsikan kembali. Terus sungai yang ada saat ini, itu sebenarnya bukan sungai, itulah sungai buatan yang juga akan kita lakukan normalisasi," sambungnya.

Edy mengatakan ada wilayah pinggiran sungai yang harus direkayasa untuk memperlancar aliran air. Jika tak dilakukan, kata Edy, banjir bakal terjadi setiap tahun.

"Ada tebing-tebing yang harus dilakukan rekayasa untuk kelancaran air, kalau tidak ini setiap tahun juga akan banjir. Ini dia yang harus kita lakukan. Nah nanti kami akan bersama-sama bupati dan mengkoordinasikan setelah ini semua air turun dan bisa kita lakukan secara pasti apa yang tindakan berikutnya," ucap Edy.

Dia mengatakan tanggul yang jebol di kawasan Tanjung Selamat segera diperbaiki setelah air surut. Dia juga menyebut normalisasi segera dilakukan.
"Segera nanti diambil tindakan karena itu wewenangnya BWS ya. Akan sama-sama kita pikirkan dan pada kesempatan pertama harus kita lakukan normalisasi untuk sungai tanggul-tanggul akan segera kita lakukan perbaikan," tutur Edy.

Sebelumnya, banjir terjadi di kawasan Tanjung Selamat, Medan. Banjir dipicu jebolnya tanggul sungai di sekitar permukiman warga. Banjir di lokasi ini menyebabkan 3 orang tewas dan 3 lainnya hilang.

Banjir juga terjadi di Medan Maimun. Banjir di kawasan ini mencapai atap rumah warga.

https://news.detik.com/berita/d-5281...inormalisasi/2

Lha Pemprov am Pemkot kemana aja selama iniemoticon-Bingung
gabener.edan
variolikes
snoopze
snoopze dan 5 lainnya memberi reputasi
6
693
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.