Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suciasdhanAvatar border
TS
suciasdhan
Ada Dinosaurus di Kota Kembang, Kok Bisa?
Wajah Baru Taman Tegalega Dengan Adanya Lampion Park, Tempat Hang Out Murah Meriah, Aman, dan Nyaman di Kota Bandung



Assalamu alaikum wr.wb, GanSist, berjumpa lagi dengan Ane, salah satu warga +62 yang bertempat tinggal di tatar Sunda. Tak terasa ya, tahun 2020 sudah mau berakhir. Tahun ini kita menghadapi dan menjalani kondisi yang sungguh sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hampir semua orang berkegiatan di rumah saja. Yang sekolah di kelas, menjadi school from home, begitu juga yang bekerja, menjalani work from home. Hampir satu tahun, lho, kita menjalani segala sesuatunya di rumah.

Sudah pasti kondisi pandemi seperti ini membuat jenuh. Walau pun sangat ingin menghalau rasa penat yang semakin melanda, tetapi dengan datangnya covid, kita merasa takut dan menjadi was-was sendiri, ketika akan ke luar rumah, terutama dengan tempat yang lokasinya agak jauh dari tempat tinggal. Alhasil, banyak juga yang merasa sangat bosan terus-menerus berdiam diri saja di rumah, meski pun sebenarnya banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Untuk mengatasi kegalauan, Ane punya, nih, salah satu spot menarik murah meriah yang bisa dikunjungi. So, let's cekidot 👇👇👇



Di Kota Bandung memang dibuka banyak taman dan ruang terbuka hijau yang mempunyai daya tarik tersendiri. Salah satu taman yang cukup terkenal di kota kembang ini adalah Taman Tegalega. 

Sebenarnya, Taman Tegalega sudah lama dikenal warga Bandung dan dari dulu memang sering dipakai untuk berolah raga atau sekedar JJS alias jalan-jalan sore. Tapi sekarang sesudah pemugarannya selesai, taman ini jadi lebih indah, bersih, dan teratur. Dalam bahasa Sunda, Tegalega diartikan lapangan yang luas. Dan taman ini bukan hanya sekedar nama saja seperti itu, memang faktanya, GanSist, tempat ini memiliki luas sekitar 17 hektar.



Di Taman Tegalega juga berdiri monumen peringatan Bandung Lautan Api. Monumen yang menjadi simbol perjuangan rakyat Bandung ini memiliki tinggi 45 meter dan mempunyai sembilan sisi bidang.

Selain terdapat Monumen Bandung Lautan Api, di dalam kawasan Lapangan Tegalega Bandung saat ini juga terdapat Lampion Park, yang secara resmi dibuka untuk umum sekitar bulan Mei 2019. Nah, GanSist, kira-kira apa hal unik yang bisa kita temukan di Lampion Park ini? Yuk, ceki-ceki 👇👇👇

1. Ada sekitar kurang lebih 20 Patung Replika Dinosaurus



Di dalam Lampion Park ini terdapat kurang lebih 20 jenis patung replika dinosaurus yang berbentuk lampion, terbuat dari kerangka yang dibalut kain sintesis. Replika-replika dinosaurus ini berdiri di atas rumput sintesis dengan ornamen bebatuan, yang letaknya tepat berada di belakang Amfitheatre yang bisa menampung ratusan orang. Lokasinya di sisi jalan Jl. BKR. Itulah mengapa, orang-orang menyebut Lampion Park ini dengan sebutan Taman Dinosaurus.

Replika-replika dinosaurus ini lebih indah dinikmati pada malam hari, sebab di dalam badan masing-masing replikanya dipasang lampu yang dinyalakan oleh pengelolanya mulai pukul 18.00. Indah dan unik bukan?
   
Di Lampion Park ini juga, terdapat banyak spot selfie dan wefie untuk para pengunjung. Salah satunya, pengunjung bisa mejeng di dalam telur dinosaurus.

Spoiler for Foto di dekat telur dinosaurus sebelum pandemi:


2. Tempat Bermain serta Edukasi untuk Anak-Anak

Taman Dinosaurus atau Lampion Park ini, merupakan salah satu destinasi yang sangat nyaman dikunjungi, sebab di dalamnya juga terdapat banyak pohon-pohon serta tanaman yang rindang dan daunnya hijau, sehingga pengunjung akan merasakan sejuk dan segarnya udara di sana.

Bahkan kabarnya, rencana ke depan, di area yang masih kosong, akan dibangun taman-taman bermain (playground) dan wahana menarik lainnya.

Nah, GanSist, taman ini selain sebagai tempat bermain yang menarik, juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi yang bagus buat putra-putri GanSist, khususnya mengenalkan beragam jenis dinosaurus yang pernah hidup di dunia.

Spoiler for Selfie di Lampion Park sebelum pandemi:


3. Fasilitas Wisata Lampion Park Tegalega Bandung



GanSist, fasilitas yang terdapat di Lampion Parkdan Taman Tegalega ini juga cukup banyak, lho.  Pengelola di sana sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang akan menunjang kemudahan dan kenyamanan sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di sana.

Contohnya, tempat-tempat duduk yang diletakkan berada tepat di samping kanan dan kiri replika dinosaurus. Selain itu, di Taman Tegalega ini juga terdapat mesjid yang konon bisa menampung sampai 300 orang. Sementara itu, sebagai sarana olahraga ada jogging track ber-paving block yang bersih dan juga nyaman dipakai pengunjung. GanSist, bagi yang kurang berminat pada olahraga jogging, pengunjung dapat bergabung dengan grup senam. Siapa pun, bisa bebas join, lho. Instruktur senam akan menyediakan kotak sumbangan. Kita yang ikut senam, cukup memasukkan uang seikhlasnya saja.



Bagi yang hobi bermain air atau olahraga di dalam air, di Taman Tegalega juga ada kolam renangnya, lho, namanya Tirtalega. Tirtalega ini, merupakan salah satu kolam renang yang sudah lama berdiri. Harga tiket masuk ke kolam Tirtalega ini cukup murah, GanSist. Pada hari biasa, kita cukup merogoh kocek sebesar Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp  5.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk hari Minggu, harga tiketnya sekitar Rp 6.000 untuk semua kalangan.

Di Tirtalega ini terdapat dua kolam renang. Kolam yang pertama ada kolam kecil untuk anak-anak. Kolam ini biasanya digunakan para perenang untuk pemanasan sebelum berlomba. Kolam yang kedua adalah kolam renang standar yang dipakai untuk perlombaan. Nah, GanSist, di kolam yang kedua ini sering, lho, diadakan lomba renang tingkat kota, provinsi, maupun nasional.

Kalau sudah merasa lelah dan lapar setelah berkeliling, berenang, atau usai berolah raga, tenang GanSist, di sekitar area Taman Tegalega banyak banget pilihan kuliner yang bisa memanjakan lidah kita. Mulai dari tempat makan yang menjual makanan khas Jawa Barat dan berbagai kuliner khas daerah lainnya. Berikut ini, lima macam kuliner yang paling digemari para pengunjung di sini, di antaranya:

a. Sate Pecel Lontong Khas Solo
Quote:

Sumber: Sate Pecel Lontong Khas Solo

b. Bakso Tahu Hasan
Quote:

Sumber: Bakso Tahu Hasan

c. Tahu Susu Naya
Quote:

Sumber: Tahu Susu Naya

d. Bubur Sugiarti
Quote:

Sumber: Bubur Sugiarti

e. Kupat Tahu Singaparna "Ade"
Quote:

Sumber: Kupat Tahu Singaparna "Ade"

Tidak hanya itu saja, Gansist, Taman Tegalega juga kini dijaga oleh 11 satpam yang selalu berkeliling, sehingga akan membuat tempat ini tidak hanya nyaman, tetapi pengunjung juga merasa aman.

Selain aman dan nyaman, tiket masuk ke kawasan ini pun murah meriah, GanSist. Let's see theseinfo 👇👇👇

Spoiler for Harga Tiket, Alamat, Jam Buka, Akses Lokasi:


Nah, GanSist, sekian dulu ulasan Ane tentang salah satu tempat jalan-jalan murah, nyaman, dan aman di kota Bandung. Sampai berjumpa di ulasan-ulasan Ane berikutnya. Pesan Ane, kalau mau jalan-jalan, tetap patuhi protokol kesehatan, ya. Seperti dikutip dari laman berikut ini:
Quote:

Sumber: Protokol Kesehatan di Luar dan di Dalam Rumah untuk Melindungi Keluarga dari COVID-19

Wassalamu Alaikum wr.wb.

Bandung, 01 Desember 2020
Suci Asdhan

Sumber:
Opini pribadi

5 Jajanan yang digemari sehabis olahraga di Taman Tegalega

Protokol Kesehatan di Luar dan di Dalam Rumah untuk Melindungi Keluarga dari COVID-19

Foto:
Dokumen pribadi

Monumen Bandung Lautan Api

Tegalega Sekarang

Lampion Park Di Malam Hari

Kuliner di Tegalega

Tirtalega, Kolam Renang Di Kompleks Lapangan Tegallega
Diubah oleh suciasdhan 01-12-2020 07:34
embritz
embunsuci
miniadila
miniadila dan 26 lainnya memberi reputasi
27
2.3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.