esportsnesiaAvatar border
TS
esportsnesia
Populer Sampai Sekarang, Akankah Among Us Layak Masuk Esports?


Among Us Esports – Dunia sempat dihebohkan dengan keberadaan permainan baru, yang membuat waktu mereka berharga selama pandemi. Game yang dimaksud adalah Among Us. Dikembangkan oleh InnerSloth, permainan ini mendadak populer di kalangan pemain, content creator, hingga selebriti.

Popularitas Among Us membuat beberapa organisasi esports menyelenggarakan turnamen dari game tersebut. Namun, apakah Among Us ke depannya berpotensi menjadi salah satu game esports? Sebelum itu, Esportnesia akan membahas lebih dalam mengenai permainan tersebut dan potensinya di esports di bawah ini.


Mengenal Among Us
Among Us menjadi game yang viral selama pandemi.

Among Us sebenarnya bukanlah permainan yang baru rilis di tahun ini. Gameini dikembangkan dan diterbitkan oleh developer asal Amerika, yaitu InnerSloth pada 15 Juni 2018 untuk platform PC, Android, dan iOS. Bergenre online multiplayer social, Among Us dapat dimainkan sebanyak empat sampai sepuluh pemain.

Para pemain di sini berperan sebagai kru pesawat luar angkasa atau Crewmates, untuk saling bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Namun, ada sekitar satu atau dua kru yang berperan sebagai Impostor. Sesuai dengan namanya, Impostor berpura-pura menjadi kru pesawat, yang bertujuan untuk membunuh seisi Crewmates.

Model permainan ini mengingatkan pada party gamesyang populer seperti Werewolf, Mafia, Town of Salem, dan lainnya. Para pemain akan saling berdiskusi, bahkan menyalahkan satu sama lain mengenai siapa pelakunya.

Baik Crewmates maupun Impostormemiliki tujuan dan cara bermain yang berbeda-beda. Crewmates berfokus pada penyelesaian tugas di pesawat. Mulai dari mencocokkan kabel, membuang sampah, mengisi bahan bakar, hingga mencari tahu siapa penyusup di dalam pesawat. Sedangkan Impostor berfokus pada sabotase pesawat, berpindah ke antar ventilasi, dan menyerang semua Crewmates. Seru, bukan?

Saat rilis pada 2018, Among Us belum mendapatkan banyak perhatian dari seluruh pemain di dunia. Sementara pada 2020, popularitas game indieini meningkat pesat. Banyak streamer di Twitch dan YouTubers terkenal memainkannya.

Berdasarkan statistik SensorTower, Among Us telah diunduh sebanyak 41 juta kali di mobileselama Agustus sampai September. Bahkan di Steam, permainan ini juga dinobatkan sebagai Most Popular Game, karena diunduh oleh banyak pemain.

Dengan banyaknya jumlah pemain, InnerSloth terinspirasi untuk berencana meluncurkan sekuelnya yang berjudul Among Us 2. Akan tetapi, belum lama ini pihak developermenggagalkan rencana tersebut. Kemudian InnerSloth berfokus untuk memasukkan konten-konten yang telah direncanakannya ke dalam Among Us pertama.


Permainan Multiplayer yang Menyenangkan
Dikembangkan InnerSloth, Among Us berhasil menyuguhkan gameplay yang seru.

Model permainannya yang seru dan menyenangkan untuk dimainkan bersama-sama, membuat popularitas Among Us meningkat. Meskipun dengan sistem multiplayer, game ini tidak membutuhkan jumlah pemain yang terlalu banyak.

Cukup empat sampai sepuluh pemain untuk bergabung di dalamnya. Setelah semuanya bergabung, sistem game ini akan mengacak peran setiap pemain.

Sehingga pemain tidak dapat memilih peran sebagai Crewmates maupun Impostor.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peran Crewmatesdan Impostor berbeda.

Crewmatesakan diberikan sejumlah tugas yang ditandai di peta. Semua tugas berupa minigames menarik, yang mudah dilakukan seperti memasangkan warna kabel yang sesuai, membuang sampah, mengisi bahan bakar, scan kartu akses, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, Crewmatesperlu berhati-hati dan waspada terhadap pemain di sekitarnya.

Sementara Impostortidak dapat melakukan aktivitas seperti yang dialami oleh Crewmates. Impostor bisa berpura-pura dengan berdiri di tempat para kru menyelesaikan tugas.

Meskipun tidak bisa melakukannya, Impostordapat mencari-cari kesempatan untuk membunuh Crewmates, sabotase fasilitas-fasilitas di setiap ruangan yang ditandai di peta, hingga bersembunyi dan berpindah ke antar ventilasi.

Apabila ditemukan Crewmatesyang sudah tewas, pemain akan mengadakan meeting untuk berdiskusi sekaligus berdebat. Lewat meeting, pemain dapat berdiskusi mengenai siapa Impostor, yang telah membunuh krunya.

Pilihan benar maupun salah dapat menentukan siapa pemenangnya. Jika Crewmatesmengusir semua Impostor, maka Crewmates adalah pemenangnya.

Lain cerita jika Impostor menang. Ada beberapa cara agar Impostormenang. Pertama, Impostor dapat menyabotase fasilitas, sampai Crewmates tidak memiliki waktu untuk memperbaikinya atau mereka kehilangan oksigen.

Kedua, Impostorbisa menang jika berhasil membunuh semua atau banyak Crewmates. Selain itu, jika semua awak pesawat salah menuduh terus-menerus, Impostor masih bisa bertahan dan menang.

Sejauh ini, Among Us memiliki peta yang bervariasi dan dapat dipilih oleh pemain. Selain di dalam pesawat (The Skeld), ada juga di dalam gedung (Mira HQ) dan planet (Polus) yang membuat permainan ini tampak variatif dan tidak terlalu membosankan.


Populer di Kalangan Atlet Esportshingga Selebriti
Twitter Najwa Shihab ikut heboh setelah bertanya cara memainkan Among Us.
Sejak pertama kali dirilis, Among Us belum terlalu populer di kalangan pemain. Akan tetapi, pada pertengahan 2020, permainan ini menarik perhatian sejumlah kreator konten daring dari Korea Selatan dan Brazil.

Co-founder InnerSloth sekaligus Game Designer, Marcus Bromander menyatakan bahwa popularitas Among Us cenderung meningkat di beberapa negara seperti Meksiko, Brazil, dan Korea Selatan dibandingkan Amerika Serikat.

Programmer Innersloth, Forest Willard juga mengatakan bahwa streamer Twitch bernama Sodapoppin yang mempopulerkan Among Us pada Juli 2020. Sodapoppin dikenal sebagai streamer terkenal sekaligus pemain World of Warcraft yang sukses.


Sejak saat itu, hampir semua pemain esportsdan streamer kenamaan turut memainkan Among Us bersama pemain lainnya. Mulai dari Pokimane, Shroud, Ninja, dan content creator lainnya.

Sementara di Indonesia ada Jess No Limit, Sarah Viloid, Miawaug, Afif, Christopher Devin, RRQ Lemon, Hasta, dan lain-lainnya. Kepopuleran Among Us bukan hanya dari kalangan pemain.

Di Indonesia, banyak juga kreator konten dan selebriti yang ikut memainkan permainan ini, karena dirasa menyenangkan dan seru untuk mengisi waktu santainya. Mulai dari Jerome Polin, Baim Wong, Atta Halilintar, Najwa Shihab, hingga Raffi Ahmad.


Nah penasaran untuk kelanjutannya dapat dilihat disini ya Among Us

arulifin
UriNami
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
1.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mobile Games
Mobile Games
icon
7.7KThread5.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.