• Beranda
  • ...
  • Gorontalo
  • [Coc Reg. Gorontalo] Satu-satunya Presiden Kita yang Berasal dari Gorontalo

eghyAvatar border
TS
eghy
[Coc Reg. Gorontalo] Satu-satunya Presiden Kita yang Berasal dari Gorontalo

BJ Habibie - Minews ID


Tahukah kamu jika Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng adalah satu-satunya Presiden Republik Indonesia yang berasal dari Gorontalo?

Tunggu sebentar, TS nggak salah nih? Bukankah B.J. Habibie berasal dari Sulawesi Selatan? Tepatnya Pare-pare?

Memang benar, B.J. Habibie lahir di Pare-pare. Pada tanggal 25 Juni 1936. Tapi Habibie berasal dari Kabila Gorontalo. Marga Habibie adalah marga asli Pohala'ayang berarti 'Kerajaan dan Kekeluargaan' di Gorontalo. Ayahnya adalah Alwi Abdul Jalil Habibie. Sedangkan ibunya bernama R.A. Tuti Marini Puspowardojo yang beretnis Jawa.

Kakek B.J. Habibie merupakan pemuka agama, anggota majelis peradilan agama sekaligus salah satu pemangku adat di Gorontalo. Intinya sih, Habibie berasal dari keluarga terpandang di Gorontalo.

Pada awalnya, Habibie adalah satu-satunya Presiden Republik Indonesia yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Sebelum Megawati Soekarno Putri mengikuti jejaknya.

Menjabat presiden pada masa transisi, tugas Habibie tentu sangatlah berat. Apalagi saat itu masyarakat kita sedang dalam suasana euforia karena baru saja terlepas dari kungkungan orde baru selama 32 tahun lamanya.

Salah satu spirit kebebasan ini pula yang menyebabkan Timor Timur (kini Timor Leste) terlepas dari wilayah Indonesia setelah hasil referendum memutuskan bahawa mayoritas masyarakat di sana memilih untuk melepaskan diri dari NKRI. Dan puncaknya, Habibie memutuskan untuk tidak mencalonkan kembali sebagai Presiden Republik Indonesia di akhir masa jabatannya saat laporan pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR RI.

Namun, jasa-jasa Habibie tetaplah tak bisa disepelekan. Contohnya adalah menetapkan 3 Undang Undang sebagai pondasi demokrasi negara ini di masa sekarang. Yakni: UU No. 2 tahun 1999 tentang Partai Politik, UU No. 3 tahun 1999 tentang Pemilu dan UU No. 4 tahun 1999 tentang Susunan Kedudukan DPR/MPR.

Sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasanya, pemerintah Gorontalo memberikan Gelar Adat Pulanga (sebuah gelar adat tertinggi) dari Dewan Adat dan Pemangku Adat 5 Kerajaan di Gorontalo (Limo lo Pohala'a), membangun Monumen B.J. Habibie di Isimu - Gorontalo, dan mendirikan Rumah Sakit Provinsi dr. Ainun Habibie di Limboto.

Kini, Habibie sudah beristirahat dengan tenang di sisi makam sang istri tercinta, di Taman Makam Pahlawan.

Terimakasih, Bapak Habibie. Semangatmu dalam membangun negeri ini akan terus bersemayam di sanubari kami...

Quote:
Diubah oleh eghy 26-11-2020 04:39
milsaka
anna1812
yoghie86
yoghie86 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
688
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Gorontalo
GorontaloKASKUS Official
346Thread80Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.