747.400Avatar border
TS
747.400
Dulu Miskin, Ini Rahasia Korsel Jadi Negara Maju


JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi Indonesia/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa pada tahun 1950-an Indonesia dan Korea Selatan sama-sama menjadi negara termiskin di dunia. Namun, Korea selatan lebih cepat bertransformasi menjadi negara maju dibandingkan dengan Indonesia.

"Pada pertengahan 1970-an, Indonesia naik berpredikat negara berpendapatan rendah dan Korsel menjadi negara berpendapatan menengah. Dan pada 1990-an, Indonesia menjadi middle income country namun Korsel sudah menjadi menjadi negara maju," katanya dalam seminar nasional secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Bambang menuturkan, meski Indonesia memiliki kekayaan alam yang paling beragam, namun tidak membuat negara ini menjadi kaya dan maju. Menurutnya, Indonesia hanya mengandalkan jualan alam saja yang tidak memiliki nilai tambah.

Sedangkan Korea Selatan, melakukan kegiatan ekonomi yang berbasis pada inovasi dan riset. Tak hanya itu, Korsel juga melakukan peningkatan dalam sumber daya manusia (SDM).

"Jika kita ingin keluar dari jebakan middle income country maka harus melakukan lompatan seperti Korea Selatan," terangnya

Dia menambahkan, agar Indonesia menjadi high income country pada 2045 harus mengandalkan ekonomi berbasis inovasi. Selain itu, kualitas SDM yang ada harus segera ditingkatkan.

"Jadi strategi 25 tahun ke depan maka kita harus mempersiapkan ekonomi berbasis inovasi. Jangan hanya berbasis sumber daya alam yang terbatas pada menggali tanah mengangkut dan menjualnya. Meski menarik dan menghasilkan penerimaan secara segera, tapi tidak menciptakan nilai tambah," tandasnya.


https://economy.okezone.com/read/202...di-negara-maju

ternyata universitas harvard dibangun oleh nilai nilai iman Kristiani yang sangat kuat di amerika. nama Harvard diambil untuk menghormati pendeta terkemuka John Harvard.

Veritas yg menjadi motto Harvard bermakna Kebenaran (kejujuran). bahwa setiap manusia dididik untuk menjadi jujur dalam segala hal, dan mengedepankan nilai nilai kebenaran di dalam kehidupan. 

universitas universitas seperti Yale dan MIT pun demikian, dibangun oleh dasar iman Kristiani yang sangat kuat, oleh para pendeta terkemuka di amerika.

jujur saya bangga sebagai umat Kristen, karena Kekristenan membuat manusia menjadi menusia yang seutuhnya. manusia yg tidak primitif.

banyak sekali ya peran Kekristanan di dunia ini, saya bangga sekali.
tepsuzot
lutju.bingitz
lutju.bingitz dan tepsuzot memberi reputasi
0
1.8K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.