Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bagaimana Cara FBI Menangkap Pelaku Di Dark Web? Mari Kita Kupas!!

azrael710Avatar border
TS
azrael710
Bagaimana Cara FBI Menangkap Pelaku Di Dark Web? Mari Kita Kupas!!
Hello guys! kembali lagi bersama gw TS yang Wibu!!
Kali ini, gw akan memberikan suatu hal yang berbeda kepada kalian semua. Tentang, "bagaimana cara fbi menangkap pelaku yang berkeliaran di dark web?"
Artikel ini merupakan artikel yang sudah gw terjemahkan dari video di youtube. Mungkin, ada beberapa yang bisa mengerti bahasa inggris, tapi ada pula yang tidak paham isi videonya. Oleh karena itu, kali ini gw akan merangkumnya untuk kalian guys...

Dark web sendiri, seperti yang sudah kita ketahui merupakan bagian terdalam internet yang berupa pasar gelap, beberapa ada yang scam guys dimana mereka memanfaatkan dendam manusia untuk kepentingan pribadi mereka saja. Tetapi, ada beberaa toko yang asli menjual produk terlarang tersebut. Sebut saja namanya Ross Ulbarich guys. Beliau adalah seorang pendiri dan pemiliki toko online narkoba terbesar didunia. Yaitu, Silk Road. Untuk yang belum tahu bagaimana penampakan toko online Silk Road, ane kasih liat ya ges.. 

*Gambar ini diambil dari google.

*Ini foto dari Ross Ulbaritch, si pendiri Silk Road.

Lantas, bagaimana FBI bisa menangkap para gembong pengedar narkoba di Dark Web? Mari kita bahas!


1. Hack
Sebenarnya, ada banyak orang menggunakan Dark web untuk tujuan yang baik. Seperti para jurnalis yang sedang melakukan investigasi, orang politik, pemerintah, dan orang penting lainnya ges. Bahan, ada beberpa orang menggunakan dark web itu untuk belajar tentang hacking di forum hack tersebut. Ada orang yang mengobrol dengan orang lain di anonymous chat dan akhirnya medapatkan pasangan, teman yang satu pikiran, dan sebagainya.
Tetapi, dimana ada khasus berupa cyber kriminal  yang bernama Eric Eoin Marquest yang dipenjara pada tahun 2013 dan dijatuhi penjara 30 tahun. tapi, bagaimana cara FBi menangkap dia? ternyata, di dark web Dia sangat besar, dan menurutnya perusahaan komputasi awan miliknya, hosting kebebasan, menghosting hampir setengah dari situs web samar di dalam dark web. Kemudian, polisi mengetahuinya bahwa servernya berada di prancis, dan kemudian melacaknya ke irlandia. 
Semua orang berfikir bahwa Tor yang dipakai itu tidak bisa ditembus. tapi, bagaimana polisi bisa mengetahuinya? ternyata, salah satu pengguna internet, merasakan ada yang aneh pada khasus tersebut. Ternyata, ada kode baru yang berjalan di website hosting oleh freedom hosting. Dan kemudian, tiba tiba websitenya turun. kode yang aneh itu ternyata menyerang kerentanan dari firefox. Sehingga, bukan hanya situs webnya yang turun, tetapi anonimitas orang orangnya pun menjadi terlihat dan tidak anonim lagi. Akibatnya, puluhan ribu alamat IP terekspos dan salah satu dari pemilik IP itu pun ditangkap karena melakukan tindakan kriminal. Karena kejadin yang melibatkaan kode aneh itulah yang mengakibatkan semua hal yang bersifat aonimitas menjadi terbuka. Tapi, sampai sekarang pun FBI tidak berbicara tentang bagaimana mereka bisa melakukan hack tersebut. Tapi, FBi hanya berkata bahwa mereka mempunyai anggota cracker dimana mereka bisa mengeksploitasi kerentanan software menggunakan kode yang mereka ciptakan. 

2. Penyamaran
Dalam beberapa khasus, para kepolisian tidak akan menunjukan aksi meretas atau bahakan langsung melabrak secara brutal. Tetapi, mereka akan mencoba melakukan penyamaran di dark web dengan menyamar sebagai pedagang gan. Awalnya, polisi akan mencoba melakukan pendekatan dan menawarkan harga yang bagus atau membuat website dengan rating yang bagus pada toko online tersebut. Di dark web, mungkin si korban bisa melakukan transaki itu secara anonim, tapi, barang seludupan yang sudah dipesan tadi bisa menjadi bukti dan polisi bisa dengan mudah menangkap si korban. Cara yang masuk akal bukan? sebenarnya sih udah banyak cara itu dipakai para polisi gan. tergantung cara ngomongnya dan teknik bicara si polisinya aja kalau mau nangkap si pelaku.

3. Menyogok Tukang Pos
Jadi cara kerjanya itu seperti di nomor 2. Tapi, polisi disini menggunakan pihak ke 3 untuk melakukannya. Cara melakukannya adalah, polisi bisa menyadap paket, kemudian menemukan beberapa barang gelap, dan polisi langsung melakukan investigasi dengan melihat ke arah CCTV, kemudian melihat si pembeli yang kebingungan karena paketnya tidak kunjung datang, dan si polisi langsung dapat menangkap si pembeli tersebut. Bahkan, ada beberapa khasus juga si polisi menyamar atau menumpang di kendaraan kantor pos dan langsung menangkap si pelaku. cara yang cerdik kan?

4. Data Dealer
dealer itu bagi yang belum tahu adalah distributor atau agen pejualan. si pihak ke tengah sebagai distribusi antara produsen ke konsumen. Jadi, ada beberapa khasus orang tersebut tertangkap karena si distributornya itu dia biasanya menggunakan PO box, bukan nomor rumah atau apartemen, dan orang yang mengambil paket tidak pernah nama orang yang tertera di paket. jika orang tersebut pernah ketahuan mengambil obat, dia bisa bilang "hei itu bukan nama saya" masalahnya, si dealers masih perlu mengambil obat tersebut. Dan ketika hendak mengambilnya, dia sudah tertangkap oleh polisi. Cara yang curang kan?

5. Iklan
Ada beberapa khasus yang kalo TS boleh bilang itu, "bego nya setengah abad" mereka mengiklankan marketplace dark web mereka di surface web atau website yang biasa kita pakai sehari hari. Tujuannya adalah, untuk mengundang mereka ke dark web. Terdengar konyol. Tapi, Ross Ulbritch yang TS tadi cerita di awal, melakukannya. Dia mengiklan kan bitcoin di normal web yaitu di bitcoin forum untuk ke Silk Road. Ahirnya, dari iklan tersebut dapat dilacak bahwa dia lah pelakunya. 

Demikian yang bisa TS ceritain ke kalian. Akses deep web itu legal. Tapi, yang ilegal itu ketika kita menggunakannya dengan tidak bijak, maka hal tersebut bisa menjadi bahaya. Sekian dari TS, thx yang udah baca, Love You All.

*untuk video bisa disimak ya




BYE.


Sumber: Penerjemahan Pribadi, Opini, dan Youtube


seryozha1945
NecroTorture
evywahyuni
evywahyuni dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.