Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

missv4pendetaAvatar border
TS
missv4pendeta
PDIP soal Buku How Democracies Die: Anies Sindir Diri Sendiri
PDIP soal Buku How Democracies Die: Anies Sindir Diri Sendiri


Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gilbert Simanjuntak menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang menyindir diri sendiri saat membaca buku berjudul How Democracies Die.

PDIP soal Buku How Democracies Die: Anies Sindir Diri Sendiri


Menurutnya, demokrasi akan mati oleh segelintir orang yang terlalu berkuasa, sebagaimana isi buku yang dibaca oleh Anies.

"Nyindir siapa? Nyindir dirinya kurasa lebih tepat. Demokrasi mati oleh segelintir orang yang terlalu berkuasa sesuai isi buku yang dia baca," kata Gilbert kepada CNNIndonesia.com, Minggu (22/11).

Gilbert mengatakan Anies seharusnya fokus menuntaskan janji kampanye di Pilkada DKI Jakarta 2017 yakni menyejahterakan rakyat, bukan menyejahterakan kelompok tertentu.

Dia menolak menyebutkan secara spesifik terkait kelompok tertentu yang ia maksud tengah disejahterakan oleh Anies.

"Kamu sudah tahu sebenarnya, kelompok yang menjadi pendukungnya dulu. Sekarang dia seharusnya milik publik," kata Gilbert.

Senada, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gembong Warsono meminta Anies fokus menangani pandemi virus corona atau Covid-19 dan mengantisipasi banjir daripada mengunggah foto membaca buku How Democracies Die yang kemudian ditafsirkan politis oleh sejumlah kalangan.

"Saya kira lebih baik Pak Gubernur fokus melakukan penanganan Covid-19 yang dalam posisi naik dan antisipasi banjir di saat Jakarta mulai diguyur hujan," tuturnya.

Anies mengunggah foto tengah membaca buku How Democracies Die di akun Instagram miliknya, @aniesbaswedan.

How Democracies Die diketahui dibuat untuk meneliti dinamika politik dalam negeri dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016, serta dinamika politik semasa pemerintah Presiden Donald Trump.

How Democracies Die merupakan buku karya seorang ilmuwan politik lulusan Universitas Harvard, Steven Levitsky dan Daniel Ziblat, yang terbit pada 16 Januari 2018 lalu.

Buku setebal 380 halaman itu menggambarkan cara seorang pemimpin yang terpilih memiliki sumber daya serta akses mengubah proses demokrasi untuk memperkuat cengkeraman kekuasaan secara perlahan di masyarakat.
(mts/gil)


https://m.cnnindonesia.com/nasional/...r-diri-sendiri

PDIP soal Buku How Democracies Die: Anies Sindir Diri Sendiri


PDIP soal Buku How Democracies Die: Anies Sindir Diri Sendiri
Diubah oleh missv4pendeta 23-11-2020 11:32
tukangbeling7
tukangbeling7 memberi reputasi
-1
1K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.