Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fba32dae83c72656548ae8f/wah-madura-ingin-melepaskan-diri-dari-jatim-setuju
Siapa yang tidak tahu Madura? Pulau di sebelah timur utara pulau Jawa itu demikian terkenalnya. Pada pelajaran di Sekolah Dasar dulu daerah ini terkenal dengan penghasil garam. Sedangkan kulinernya terkenal akan satenya. Senjatanya yang juga sangat terkenal adalah clurit. 
Lapor Hansip
22-11-2020 16:43

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Siapa yang tidak tahu Madura? Pulau di sebelah timur utara pulau Jawa itu demikian terkenalnya. Pada pelajaran di Sekolah Dasar dulu daerah ini terkenal dengan penghasil garam. Sedangkan kulinernya terkenal akan satenya. Senjatanya yang juga sangat terkenal adalah clurit. 

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Pulau Madura (Sumber: dananwahyu.com)


Secara etnis, Madura termasuk suku dengan populasi yang terbilang besar di Indonesia. Berdasarkan sensus tahun 2010 suku Madura berjumlah sekitar tujuh juta lebih. Suku ini tidak hanya berdiam di pulau Madura, tetapi yang berdiam di luar pulau Madura lebih banyak. Banyak diantara mereka tersebar di daerah Tapal Kuda Jawa Timur.

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Jembatan Suramadu (Sumber: voa-islam.com)


Pada umumnya masyarakat Madura dikenal dengan watak yang blak-blakan  dan keras. Salah satu buktinya dulu di sana terkenal dengan budaya carok. Carok adalah peristiwa membunuh atau menghabisi orang lain karena alasan mempertahankan harga diri. Senjata yang digunakan biasanya clurit. Clurit adalah senjata tajam dengan bentuk hampir menyerupai sabit.

Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?

Mahfud MD Menerima Perwakilan Madura (Sumber: cnbcindonesia.com)


Nama Madura semakin bertambah melambung ketika jembatan Suramadu diresmikan pada tahun 2009. Dengan jembatan terpanjang di Indonesia itu nama Surabaya dan Madura menjadi semakin terkenal secara nasional.

Secara administrasi Pulau Madura yang berbentuk seperti badan sapi tersebut saat ini berada pada wilayah Provinsi Jawa Timur. Di daerah itu ada empat kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. 

Luas pulau tersebut sekitar 4.250 kilometer persegi. Penduduk yang bertempat tinggal di Pulau tersebut berdasarkan data tahun 2010 sekitar 3,5 juta jiwa lebih. Sedangkan secara budaya poulau ini dipengaruhi oleh budaya Islam yang kuat.

Madura dengan segala keunikannya memang menambah kekayaan kasanah budaya Jawa Timur. Tetapi bisa jadi kekayaan khasanah itu berpotensi akan segera hilang. Apa sebab? Ada sementara pihak yang menaspirasikan Madura menjadi provinsi tersendiri, berpisah dari Jawa Timur. 

Salah satu yang terbaru adalah bertemunya perwakilan tokoh Madura dengan Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu 18 Nopember 2020. 

Pada kesempatan itu Ketua Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura, H. Ahmad Zaini mengungkapkan meminta Menkopolhukam Mahfud MD untuk mengawal pembentukan Provinsi Madura tersebut. Ia juga meminta Mahfud MD untuk menjadi figur utama proses Madura menjadi provinsi.

Menanggapio aspirasi tersebut, dilansir CnbcIndonesia.com, 19 Nopember 2020, Menkopolhukam Mahfud MD yang juga berasal dari Madura mengungkapkan bahwa proses menjadi Provinsi tersebut tidak sulit asal syarat minimal sudah terpenuhi. Jika sudah terpenuhi tinggal dibawa ke DPRD Jawa Timur.

Madura Sang Tanah Garam akan menjadi Provinsi tersendiri, akankah DPRD Jawa Timur akan menyetujui? Kapan hal itu benar-benar terjadi? Akan menjadi langkah maju atau permasalahan baru..?I]


Referensi:

1. https://www.cnbcindonesia.com/news/20201118220635-4-202913/pulau-madura-mau-cerai-dari-provinsi-jawa-timur

2. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/04/210000869/daftar-suku-bangsa-di-indonesia?page=all


 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 26 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 05:39
Gak ngurusin madura, terserah die dah emoticon-Ngacir
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 05:42
Dah saatnya, biar frekuensi curanmor di jatim berkurang .. eh gk ding becanda emoticon-Ngakak


Btw madura pertumbuhan ekonomi dah sangat maju terutama setelah dibangun jembatan suramadu , wisatawan ke sana juga semakin banyak. Jadi ane dukung deh ..
profile-picture
samepuck memberi reputasi
1 0
1
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 05:44
Perlu bikin 1 kota sbg calon ibukota provinsinya..Klo bisa di ujung timurnya sumenep..Klo di ujung barat (bangkalan) terlalu dekat dengan surabaya..Niatnya bikin provinsi biar lebih maju kan..Nah pas klo bikin ibukota di ujung timur pulau madura..Menciptakan sumber perekonomian baru..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 06:16
Ane nggak tau bahkan madura itu masih bagian dari jawa timur emoticon-Matabelo ya gapapa sih misah kan emang udah beda pulau
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 06:26
Gpp gan biar madura juga makin berkembang
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 06:41
Eee dodo eee....
Madura pisah aja lebih bagus... Mudah2an pisah malah jd lebih berkembang
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 06:46
wacana dah dari dulu ini.. emoticon-Ngacir
Diubah oleh fatille
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:00
Madura paling banyak masuk ke Jakarta dan sekitarnya jadi penjual. Contoh: penjual makanan minuman di sekitar monas (aqua, toprak)

Kalo di bekasi-cikarang usaha limbah di pinggir jalan dgn bangunan semi permanen (plastik, rongsokan, palet)

Makanya sulit berkembang di daerahnya sendiri, mereka malah cari duit di kota orang tapi lahan pencahariannya kalo diusik...liat aja TAIYE
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
samepuck memberi reputasi
1 0
1
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:05
Gaambar jembatannya salah itu, jembatan barelang Batam pada masa awal pembangunannya sekitar akhir 90-an..mohon referensi diperbanyak
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:19
Madura..
Tanah yang tandus pulaunya...
Orang2nya juga banyak merantau....
Kultur budaya juga berbeda dari jawa....
SDM dan SDA nya tdk bisa diandalkan...

U know lah sifat orang madura daerah lain begimana...
Mending gk usah dimekarin lah
profile-picture
profile-picture
samepuck dan isu152 memberi reputasi
2 0
2
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:23
lebih baik dipikirkan lagi untuk berpisah
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:23
kono2 gak ngurus
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:35
untung rugi jadi provinsi apa ya?
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:36
ya gpp lah. kan biar punya ciri khas sendiri. pulau madura itu memiliki otonomi daerah sendiri
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:38
madura? no comment dah emoticon-Embarrassment
Diubah oleh wen12691
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:41
Biarin gue ketawa aja
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 07:48
Lah bukannya udah kepisah dari dinosaurus masih ada
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 08:06
Ngomongin madura jdi ingat si dia apalagi anunya beda pokoknya deh bre beda dari pada yg lain, susah di lupakan bre emoticon-Leh Uga
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 08:23
Waa apa gak cocok gabung jatim saja..
0 0
0
Wah Madura Ingin Melepaskan Diri dari Jatim, Setuju?
24-11-2020 08:29
Mnurut gw gak masalah sih kalo mau pemekaran
0 0
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia