• Beranda
  • ...
  • Manado
  • [Coc Reg. Manado] Festival Keragaman Budaya yang Dibalut Kemeriahan, Keren Gan!

anna1812
TS
anna1812
[Coc Reg. Manado] Festival Keragaman Budaya yang Dibalut Kemeriahan, Keren Gan!




Indonesia mempunyai ribuan pulau indah yang tersebar di seluruh nusantara. Masing-masing pulau pun memiliki banyak sekali keistimewaan. Mulai dari destinasi wisata, kekayaan kuliner, keragaman adat budaya, dan perayaan yang menonjolkan semangat persatuan.

Di antara pulau tersebut, Manado adalah salah salah ibukota di Pulau Sulawesi, atau tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara yang mempunyai banyak keistimewaan. Kota yang terletak di Teluk Manado dan dikelilingi pegunungan ini, merupakan kota dengan sejuta keindahan.



Salah satu keindahan yang tersaji adalah saat perayaan atau festival budaya yang merupakan kegiatan rutin tahunan kota tersebut.

Gelaran tingkat nasional ini menampilkan keragaman adat budaya, suku bangsa, agama, dan ras sebagai cerminan toleransi. Manado Festival Budaya tersebut dikemas melalui parade yang digelar mulai dari God Bless Park hingga ke panggung utama di kawasan Megamas Manado. Iring-iringan pawai tersebut diawali atraksi terjun payung, parade busana laut, mobil-mobil hias dengan berbagai bentuk, dan berbagai tarian daerah.









Kemeriahan tidak hanya sampai di situ. Sebab, pada puncak acara akan ada pagelaran panggung raksasa yang dibangun di tepi pantai. Malam semakin meriah dengan menampilkan tarian khas dari berbagai daerah dan artis ibukota.



Acara-acara seperti inilah yang pantas untuk tetap dilestarikan. Sebab, selain menumbuhkan rasa cinta terhadap adat budaya daerah, acara ini juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Manado. Apabila banyak turis yang datang ke Manado, maka akan menguntungkan masyarakat kota Manado pada khususnya. Dan kota Manado akan semakin dikenal dunia.

Namun, hal itu tentu saja akan sulit terwujud apabila tidak ada kerja sama antara masyarakat dan pemerintah daerah setempat. Segala sesuatu yang menyangkut kepentingan orang banyak, kan memang harus dilakukan secara bersama-sama. Nah, keindahan dan keragaman budaya yang ada di Manado, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal.

Apabila terjalin kerja sama yang baik, cita-cita memajukan dan mengenalkan kota Manado ke seluruh dunia, pasti akan terealisasi. Melalui parade budaya ini, misalnya.



Jika bukan kita sendiri yang memajukan kekayaan budaya, lalu siapa? Anugerah dari Tuhan ini harus kita syukuri dengan cara melestarikan dan mengembangkannya. Gansis setuju?




Penulis : @anna1812
Refensi : 1, 2


emoticon-Requestemoticon-Shakehand2emoticon-Request

nirankarasapabae183tien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
3.5K
256
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Manado
Manado
icon
279Thread378Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.