Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • [COC] Review Buku Kumpulan Cerita Anak Sains Berjudul Hompimpah

ningkaAvatar border
TS
ningka
[COC] Review Buku Kumpulan Cerita Anak Sains Berjudul Hompimpah



Hai Agan dan Sista. Apa kabar? Apa hobi agan dan sista? Pasti banyak diantara kalian yang hoby membaca. Dan ane yakin pasti koleksi bukunya sudah banyak. Ane hoby baca novel. Ada beberapa koleksi dari author favorit. Namun ada yang terasa berbeda ketika anak sudah mulai pandai membaca. Ane mulai memikirkan lebih serius, buku apa yang cocok buat mereka. Apalagi, diantara mereka mulai tertarik baca novel punya bundanya.



Kali ini, ane mau mereview buku yang ane beli khusus buat anak. Buku berisi kumpulan cerita anak ini berjudul “Hompimpah". Buku ini ditulis sekumpulan author yaitu Arie Singawijaya, Yuke Neza, Arum Purwita, Kusti Efendi dkk dengan tebal 125 halaman dengan 23 judul cerita pendek. Ternyata, buku ini hasil event Bon Anniversaire yang lolos dari tiga ratus naskah yang diikutkan. Terbayang sudah melewati proses penjurian yang panjang, dan pasti isinya berkualitas. Buku ini diterbitkan oleh Karos Publisher namun cetakan ke 2 pindah ke penerbit Aye Media.



Kenapa buku ini menurut ane sangat spesial? Pertama sampulnya menarik. Dengan dominan warna oranye bergambar pesawat dan dua pilot yang nampak ceria. Membuat anak ane langsung tertarik untuk membacanya. Sampul ini seperti pembuka cerpen pertama yang berjudul Penjelajah Awan. Cerita ini dikemas cukup menarik dengan alur yang tidak membosankan namun poin pentingnya tersampaikan dengan baik.



Kita menjelajah lagi ke judul Takut Pergi Ke Dokter. Cerita ini cocok untuk memberi pengetahuan buat yang punya anak dan takut ke dokter. Ada info tentang kesehatan juga di dalamnya. Ada juga cerita berjudul Tupai Dan Bajing Itu Beda, Si Kembar Jana Dan Jani, Namira Dan Bunga Purple dan masih banyak lagi.



Ada satu kata di sampul depan yang membuat penasaran yaitu tulisan “Cernak Sains". Bayangan ane, tulisan “Cernak Sains” itu membuat berpikir pasti buku ini dengan bahasa yang formal dan serius karena berhubungan dengan sains. Awalnya ragu, namun ane tetap beli. Dengan harapan anak-anak ada bacaan yang lebih serius. Ternyata, setelah dibaca ane dibuat tercengang. Kenapa?

1. Design dalam bukunya bagus banget. Setiap lembar ada banyak gambar di setiap sudut kertas, dijamin anak-anak suka. Fungsi lainnya dari gambar itu, anak bisa mempunyai visual tentang isi cerita. Bisa juga diwarnai dengan krayon jika anak mulai bosan membaca. Keren kan, idenya!

2. Bahasanya juga mudah dicerna. Buku ini memang diperuntukkan bagi anak usia 5-7 tahun. Bahasanya pas, tidak susah untuk pemahaman anak.

3. Sains yang asyik. Dengan cerita yang ringan serta penambahan pengetahuan denganbahasa sederhana, pasti anak-anak suka.

Menurut ane buku ini penting buat anak. Jadi anak tidak hanya membaca cerita, menambah kosa kata dan daya imajinasi. Namun mendapat pesan moral yang pasti ada di dalamnya ditambah pengetahuan sains yang selalu diselipkan di dalamnya.

Setelah membaca buku ini, ada pertanyaan pengayaan yang berhubungan dengan isi cerita. Ini idenya keren menurutku. Deretan pertanyaannya bisa merangsang anak membaca lagi sampai paham agar bisa menjawab. Fungsinya selain merangsang kemampuan mengingat anak, juga kemampuan menganalisa tiap cerita.

Bonusnya nih, di akhir halaman ada gambar yang keren. Gambar ini bisa diwarnai sehingga membantu motorik halus anak. Pastinya anak-anak selalu senang dan suka mewarnai.

Demikian tread dari ane. Semoga bermanfaat buat semua. BELAJAR BERSAMA BISA

Sumber. Opini pribadi
Foto . Facebook dan Dokumen pribadi
Diubah oleh ningka 19-11-2020 00:40
tangguyooh
deeazz
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.