• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?

lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Pfizer Berhasil Membuat Vaksin Covid-19, Berapa Harga Tiap Dosis-nya?

Gbr diambil dr cnbc.com

Pfizer sudah mengumumkan kesuksesan vaksin mereka dalam melalui semua tahapan uji klinis yang diperlukan, agar vaksin tersebut boleh mulai diedarkan. Kabar ini tentunya sangat menggembirakan di tengah kelesuan akibat pandemi yang berkepanjangan.

Namun, berita menggembirakan dari perusahaan farmasi besar ini, tidak serta merta bisa diartikan, vaksin itu tersedia untuk kita dalam waktu dekat ini.

Pertama-tama, harus kita ketahui Pfizer sudah terikat kontrak dengan pemerintah Amerika Serikat. Pfizer harus menyediakan paket berupa 100juta dosis vaksin covid-19 untuk pemerintah Amerika Serikat dengan harga 1.95milliar USD. Setelah vaksin sejumlah 100juta dosis itu diberikan, pemerintah Amerika Serikat masih memiliki hak untuk membeli 500 juta dosis tambahan.

Jadi untuk sementara waktu, bisa dibayangkan Pfizer akan sibuk memenuhi pesanan negara Paman Sam terlebih dahulu sebelum mulai memikirkan distribusi untuk negara lain.

Akan tetapi jangan berkecil hati.

Ada ratusan perusahaan farmasi lain yang juga sedang berlomba untuk menciptakan vaksin covid-19 yang siap dipakai. Menggunakan metode yang kurang lebih sama dengan Pfizer, keberhasilan Pfizer artinya tinggal menunggu waktu sebelum satu per satu perusahaan farmasi lain di dunia akan menyusul dengan vaksin buatan mereka.

Bahkan setidaknya sudah ada dua perusahaan farmasi (AstraZeneca  dan Johnson & Johnson) yang berjanji akan menjual vaksin mereka tanpa mengambil keuntungan sedikit pun dari penjualan vaksin ini.


Gbr diambil dr cnbc.com

Jika ketersediaan vaksin tidak perlu terlalu dikhawatirkan, maka pertanyaan kedua tentunya adalah, berapa harganya?

Ada berbagai macam variasi perkiraan harga vaksin :
1. Vaksin Pfizer yang sudah lolos semua uji klinis, dihargai sekitar 20USD/dosis, dan dibutuhkan dua kali injeksi, artinya 40USD untuk tiap orang, atau sekitar 566ribu rupiah.

2. Vaksin Moderna diperkirakan akan dijual dengan harga yang lebih mahal, yaitu 32 s/d 37USD/dosisnya. Sama seperti Pfizer, butuh dua kali injeksi agar vaksin ini efektif.

Artinya sekitar 70USD/orang atau sekitar 990ribu rupiah

3. Johnson & Johnson, perusahaan ini sudah memberi janji untuk menjual vaksinnya tanpa mengambil keuntungan sedikitpun, vaksin Johnson & Johnson rencananya akan dijual seharga 10USD/dosis.

Jika butuh 2 kali injeksi, sama seperti dua vaksin sebelumnya (TS belum dapat informasinya), maka artinya 20USD/orang atau sekitar 280ribu rupiah "saja".

Melihat harga yang siap diberikan oleh perusahaan Johnson & Johnson, sepertinya harga vaksin bisa dikatakan masih cukup terjangkau untuk kantong sebagian besar masyarakat dan dengan bantuan subsidi dari pemerintah untuk mereka yang tidak mampu, harapannya tentu semua orang bisa mendapatkannya.

Namun sayangnya, ceritanya belum berhenti di situ.

Untuk vaksin buatan Moderna, butuh penyimpanan pada suhu -7 s/d 4 derajat Celcius, agar bisa bertahan selama 30 hari dan pada suhu -40 derajat Celcius agar bisa bertahan selama 6 bulan.

Sementara vaksin buatan Pfizer bahkan lebih ketat lagi, vaksin mereka harus disimpan pada suhu -70 derajat celcius untuk menjamin agar vaksin mereka tidak rusak, dan hanya bisa bertahan beberapa hari di lemari pendingin biasa.

Maka bisa dilihat dari perlakuan yang sedemikian rupa ini, betapa sulit dan mahalnya pendistribusian vaksin covid-19 ini dari tempat produksi, menuju ke konsumen yang membutuhkan.

Ini menjadi tantangan yang berat, terutama bagi negara Indonesia yang bukan saja negaranya adalah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas, tapi kita juga terkendala dengan infrastruktur yang belum menjangkau seluruh wilayah di negara kita dengan baik.

Infrastruktur dalam hal penyediaan energi (butuh listrik untuk penyimpanan), juga infrastruktur dalam hal transportasi.

Pemerintah harus mulai memikirkan hal ini sejak dari sekarang.

Jangan sampai vaksin yang sudah dibeli, kemudian jadi sia-sia karena rusak saat penyimpanan, atau saat pengiriman ke daerah-daerah.





Sumber referensi
1. https://www.theguardian.com/world/20...estrict-access
2. https://www.cnbc.com/2020/11/17/covi...re-stored.html
3. [url]https://observer.com/2020/08/covid19-vaccine-priceS E N S O Rparison-moderna-pfizer-novavax-johnson-astrazeneca/[/url]
4. https://www.marketplace.org/2020/11/...id-19-vaccine/
5. https://www.pfizer.com/news/press-re...government-600
Diubah oleh lonelylontong 19-11-2020 02:45
Daniswara92
secondstriker06
nbaw
nbaw dan 41 lainnya memberi reputasi
42
9.6K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.