Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Alasan Kenapa Anda Harus Berkunjung ke Taman Nasional Komodo






TAMAN Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia bahkan dunia. Kawasan taman nasional yang terletak di antara Pulau Sumbawa dan Flores ini adalah destinasi yang penting dikunjungi minimal sekali seumur hidup
Kenapa? Sebab, taman nasional seluas sekitar 2.000 kilometer persegi ini mempunyai jutaan pesona yang mampu menyihir serta bikin wisatawan jatuh hati dan ingin kembali lagi.

Baca juga: Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Komodo
Melansir dari Indonesia Travel, Minggu (8/11/2020), Berikut adalah 10 alasan mengapa Okezoners harus mengunjungi Taman Nasional Komodo yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sejak 1991 :

Bisa Melihat Lebih Dekat Komodo di Habitat Aslinya
Kalau biasanya Okezoners hanya bisa melihat komodo melalui gambar, maka inilah saatnya untuk menyaksikan keajaiban alam secara langsung. Taman Nasional Komodo merupakan rumah bagi sekitar 2.500 komodo.

Anda akan dibuat terpukau dan kagum deh, saat melihat hewan purba dengan panjang 3 meter dan berat sekitar 70 Kg bahkan lebih ini secara langsung.
Tapi ingat, komodo merupakan hewan buas sehingga untuk melihatnya harus tetap jaga jarak aman. Air liur satwa endemik Indonesia juga mengandung racun.
Selain Komodo, Ada Beragam Jenis Fauna Lainnya
Selain menjadi habitat asli komodo, ternyata Taman Nasional Komodo juga menjadi rumah bagi berbagai jenis fauna lainnya. Sebut saja beberapa jenis mamalia yang hidup di darat, seperti kuda, kerbau, dan rusa timor, kemudian spesies reptil, seperti 12 spesies ular dan 9 spesies kadal.


Selain fauna yang hidup di darat, keanekaragaman hayati yang ada di kawasan ini juga meliputi fauna yang hidup di perairan. Lautan di Taman Nasional Komodo menyimpan sekitar 1.000 spesies ikan, 10 jenis lumba-lumba, 7 spesies ikan paus, dan juga penyu hijau. Kemudian ada 40 jenis burung.

Surga Diving Kelas Dunia
Berkunjung ke Taman Nasional Komodo tak lengkap tanpa menyelami pesona bawah lautnya yang memesona. Taman Nasional Komodo terletak tepat di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik. Ini yang menjadikannya sebagai salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

Di kawasan ini, setidaknya terdapat 100 situs menyelam kelas dunia yang selalu menjadi incaran para penyelam, ilmuwan, maupun fotografer profesional dari seluruh penjuru dunia.

Dengan hamparan warna-warni terumbu karang dan keanekaragaman biota laut yang menghuni kawasan ini, daya tarik utama di kawasan ini adalah berinteraksi secara langsung dengan ikan pari manta, ikan hiu, dan dugong. Pastinya diving di Taman Nasional Komodo akan jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Iklim dan Geografisnya Unik
Iklim di sekitar Taman Nasional Komodo cenderung kering, hal ini yang membuat tanah perbukitan menjadi lebih kering dan berbatu. Tak heran jika kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai area treking, karena perbukitannya yang cukup terjal dan menantang.

Meskipun begitu, eksotisme daratan di Taman Nasional Komodo seakan berpadu secara sempurna dengan keindahan lautnya yang begitu memukau. Pemandangan inilah yang menjadi keistimewaan Taman Nasional Komodo!

Pulau Padar untuk yang Hobi Mendaki
Buat Okezoners yang hobi mendaki, Pulau Padar di Taman Nasional Komodo merupakan lokasi yang tepat untuk ditaklukan. Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja dengan medan pendakian jalan bebatuan yang menanjak, sudah bisa sampai di puncak bukit Pulau Padar.

Rasa lelah dan letih akan hilang seketika, saat tiba di puncak bukit. Pemandangan indah yang disuguhkan Pulau Padar dari atas ketinggian memang tidak ada duanya. Hamparan lautan lepas tak berujung terlihat begitu memukau di pandangan mata.
Riak ombak yang tenang juga mampu menyuguhkan ketenangan jiwa dan pikiran. Akan lebih sempurna lagi jika datang ke sini sambil berburu panorama matahari tenggelam.

Pantai Pink yang Menawan
Saat datang ke kawasan ini, Okezoners jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wajib pantai yang sedang hits di sosial media ini. Namanya Pantai Pink. Ya, sesuai namanya, pantai ini memang memiliki pasir berwarna pink. Warna pink ini berasal dari paduan pasir putih dengan degradasi karang merah.

Mengabadikan momen dan berfoto di pantai ini adalah menjadi hal yang wajib, apalagi jika difoto menggunakan drone. Pemandangan birunya laut yang berpadu dengan hijaunya alam dan pasir pantai berwarna pink di sekitarnya terlihat sangat instagrammable.
Desa Tradisional di Pulau Mesa

Ini nih yang kadang terlupakan dan wajib juga masuk ke dalam bucket-list Okezoners saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo, yaitu mampir ke desa tradisional di Pulau Mesa yang penduduknya terkenal ramah.
Saat mengunjungi desa ini, Okezoners bisa melihat dari dekat aktivitas keseharian penduduk setempat, seperti mengeringkan timun, mengolah ikan, dan menyiapkan bahan pangan laut. Jangan sungkan-sungkan untuk berbaur dan berinteraksi dengan mereka ya, okezoners!
Menikmati Sunset di Pulau Kalong
Panorama sunset menjadi daya tarik utama di Pulau Kalong ini. Bagaimana tidak, saat hari menjelang senja, Okezoners akan disuguhi pemandangan yang memikat dengan menyaksikan ribuan kelelawar terbang bebas di angkasa menuju hutan bakau dengan latar belakang lembayung senja yang memesona.
Pokoknya, keindahan suasana ini tak bisa digambarkan dan Cuma bisa dinikmati saat okezoners berkunjung langsung ke sini.
Snorkeling di Pulau Kanawa
Pulau Kanawa di Taman Nasional Komodo punya spot snorkeling yang sempurna. Saat mampir ke Pulau Kanawa, siap-siap terpesona dengan keindahan alam bawah lautnya yang menawan. Airnya yang jernih membuat warna-warni terumbu karang, ragam biota laut, dan aneka ikan kecil terlihat jelas.
Wisata Lengkap di Pulau Rinca
Atraksi yang cukup lengkap, bisa ditemukan di Pulau Rinca. Pulau yang satu ini jadi incaran para wisatawan, sebab Anda dapat melakukan berbagai aktivitas sekaligus, seperti menyusuri hutan bakau yang masih alami, melihat satwa liar seperti komodo, rusa timor, kerbau liar, monyet ekor panjang, dan masih banyak lagi di hamparan padang savananya. Pokoknya, jangan lewatkan berkunjung ke Pulau Rinca saat punya kesempatan berlibur ke kawasan Taman Nasional Komodo.


Richy211
celupers
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
805
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.