azrael710Avatar border
TS
azrael710
Iblis Dulunya Malaikat? Bener Gak Sih Gan?
Hai gan. Kali ini gw akan membahas seputar dunia per malaikatan pokoknya, dunia supranatural gitu. Gw sempet coba search di google tentang malaikat, tiba tiba gw tertarik sama salah satu artikel yang berjudul "Apakah Iblis Itu Golongan Malaikat?"



Nah, kali ini gw akan merangkum artikel yang gw tadi liat gan. 

Dikutip dari buku yang berjudul "Iman Kepada Malaikat", gw blm pernah baca bukunya sih. Tapi, gw cmn mereview doang isinya. 

Buku tersebut, ditulis oleh Muhammad Abdullah, bahwa golongan pertama itu,  berpendapat bahwa iblis merupakan golongan malaikat. 

Kemudian, sejumlah ulama seperti Ibnu Mas'ud, Ibnu Abbas, dan Said bin Musyabin juga mengatakan bahwa, Iblis itu merupakan pemimpin malaikat yang ada di langit dunia (langit yang paling bawah dari 7 lapisan langit). 

Dari sini gw tercengang, dan berfikir "berarti, iblis itu sebenarnya baik dong dulunya?"
 
Kemudian, Ibnu Abbas juga menambahkan bahwa iblis itu bernama Azazil. Sedangkan An-Nuqasy mengatakan, “Iblis memiliki nama alias, yaitu Abu Kurdus.”

Kemudian, kelompok 2 berpendapat bahwa iblis itu bukanlah bagian dari malikat. Melainkan, bagian dari Jin. Karena, kuatnya dalil yang menyatakan demikian diantaranya, 

*Ini kutipan yang saya temukan.

Quote:





Quote:




Bahkan, setelah gw pikir pikir lagi, Jika iblis merupakan golongan malaikat, tidak mungkin ia bermaksiat kepada Allah, ketika diperintahkan untuk sujud kepada Adam. 

*Ini kutipan yang gw temukan lagi

Quote:




Kemudian, dalam Alquran, tekah dijelaskan bahwa hal yang mendorongnya enggan sujud kepada Adam karena, iblis diciptakan dari api, sedangkan Adam dari tanah. 

*Ini kutipan yang gw temukan

Quote:

 

Jadi, bagimana pendapat agan sekalian? 

Sumber: Opini Pribadi dan Ini
0
2K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.