News
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb645eb7e3a7277a4076f74/imbas-covid-19-lebih-dari-1000-restoran-di-jakarta-tutup-permanen
Selama 7 bulan pandemi Covid-19 berdampak serius pada bisnis restoran di Jakarta. Lebih dari 1.000 restoran tutup permanen. Penerapan PSBB di wilayah DKI Jakarta selama 7 bulan lebih dengan berbagai tahapan. Meskipun dalam 3 tahapan PSBB transisi restoran sudah diijinkan menerima tamu makan di tempat, tetapi tak bisa mendongkrak penjualan. Kenyataan pahit bisnis restoran di Jakarta akibat pandemi
Lapor Hansip
19-11-2020 17:16

Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen

Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen


Selama 7 bulan pandemi Covid-19 berdampak serius pada bisnis restoran di Jakarta. Lebih dari 1.000 restoran tutup permanen.

Penerapan PSBB di wilayah DKI Jakarta selama 7 bulan lebih dengan berbagai tahapan. Meskipun dalam 3 tahapan PSBB transisi restoran sudah diijinkan menerima tamu makan di tempat, tetapi tak bisa mendongkrak penjualan.

Kenyataan pahit bisnis restoran di Jakarta akibat pandemi Covid-19 ini diungkap gamblang oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Data yang didapatkan ternyata jumlah restoran yang tutup permanen lebih banyak dari pada yang tutup sementara.

"Restoran yang disurvei 4.469 resto dari total9.054 restoran yang tutup permanen 1033, jadi hampir 10%. Tutup sementara 429 artinya yang masih bisa buka lagi dan ini DKI Jakarta saja. Data ini per September 2020. Sekarang lebih banyak lagi kali," kata Wakil Ketua Umum PHRI Bidang Restoran, Emil Arifin seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (18/11)

Jumlah tersebut meliputi restoran-restoran yang ada di mal. Jumlahnya diperkirakan sekitar 4.000 lebih. Sebagian besar juga sudah menutup gerainya secara permanen atau berhenti beroperasi.

Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen

Dari jaringan restoran yang memiliki 20 restoran, hanya buka 8 hingga 9 outlet saja. Masalah utama penutupan restoran sementara atau permanen karena masalah modal kerja.

"Nggak bisa start lagi, kehabisan modal. Ibarat sudah rugi tapi napas nggak bisa panjang, jadi tutup. Biasanya dengan customer penjualan 15 juta di mal sekarang datang penjualan 2-3 juta. Lama-lama mati," ungkap Emil.

Dengan kondisi sulit saat ini pengelola mal atau pusat perbelanjaan sudah memberikan diskon pada tenant-tenant, termasuk restoran. Tetapi nyatanya kelonggaran tersebut tak bisa berlangsung lama. Pengelola mal belum mendapat bantuan signifikan dari pemerintah berupa relaksasi pajak.

Yang bisa menjadi andalan adalah modal yang dimiliki sendiri. Jika sudah tak memiliki cadangan tentunya harus dilakukan tindakan berupa pengurangan karyawan hingga penutupan restoran permanen atau sementara.

"Bisa dapat bantuan bank kalau bank mau kasih pinjaman. Perlu restrukturisasi lagi, bisa juga jual aset atau aksi korporasi tambah investor baru. Cuma kondisi gini investor juga sangat selektif," sebut Emil.

Di wilayah DKI Jakarta saat ini masih diterapkan PSBB transisi. Pengunjung bisa bersantap di restoran dengan kapasitas 50% dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun, pelonggaran aturan ini tidak berdampak pada pendapatan banyak restoran.


Sumber







Gile betul .... Tapi sekarang juga ane lebih sering masak sendiri dirumah sih ... beli makanan jadi pun pake promo grabfood doang ... resto yg kagak ada promo di grabfood ya kagak ane beli makanannya.

Sisa duit buat tabungan dana darurat & investasi reksadana

emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maleo.pejuang dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 17:17
Makin hari hidup makin sulit bray
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 17:18
MUKE GILE BRAY
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 17:18
akibat awalnya meremehkan covid sih?

kena karma kah?
profile-picture
jerrystreamer1 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 17:34
Nunggu goblogers yang bilang ini salah Ahok, Anies atau Jokowi.


Padahal sudah jelas ini takdir allah emoticon-Traveller
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 17:39
di amerika lebih gila
sampai 100.000 restoran tutup imbas covid
https://travel.tempo.co/read/1388601/pandemi-corona-100-000-restoran-tutup-di-amerika-serikat
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 18:01
Nanti juga buka lagi
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 18:04
Makanya, minta beking sama habib kalo mau aman tetap bisa jualan emoticon-Ngacir
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 18:45
Dulu ane sebulan lima kali ke restoran, sekarang sama sekali berhenti.
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 18:47
Banyak korban phk ini mah emoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 19:00
Buka juga percuma. Daya beli turun drastis.
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 19:09
banyak restoran tutup imbas covid, belum lagi kalaupun pesan gak boleh dine in, wajib delivery / drivethrough, covid oh covid
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 19:27
sekelas fitsa hats aja jualan di pinggir jalan sekarang...

emoticon-Nohope
profile-picture
adhelf memberi reputasi
1 0
1
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 20:01
doa jelek pasti berbalik ke diri sendiri
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 20:09
Turut berduka emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
19-11-2020 21:28
Lebih pilih masak sendiri karna lebih hemat dan lbih higinis juga,
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
20-11-2020 00:05
akibat ketololan gabut nerapin cfd dan gage pas psbb
0 0
0
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
25-11-2020 16:20
Jangan kan usaha umum.

Yg jadi PSK aja ga laku kok skrg








emoticon-Traveller
profile-picture
cPOP memberi reputasi
1 0
1
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
26-11-2020 08:00
indomie makin laris ini.. wkwkwk..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Imbas Covid-19 Lebih dari 1.000 Restoran di Jakarta Tutup Permanen
26-11-2020 08:58
Kesulitan masa pandemi semua orang mengalami dampaknya, ga cuma kaum Menengah bawah, para pengusaha pun kocar kacir ngurus bisnisnya
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia