iskrimAvatar border
TS
iskrim
Jamur Donat Ini Tumbuh Tapi Tak Bisa Di Makan, Pernah Coba?


[ HT# 652 ]

Siapa yang tak mengenal makanan ringan semacam donat? Ya, donat yang mirip Bagel adalah makanan asli dari Amerika Utara berbahan dasar dari tepung, biasa bolong di tengah di taburi gula-gula, kacang, dan lainnya memang terasa mengundang selera. Tapi ada, loh donat yang terlihat menggoda selera ternyata tidak bisa dimakan.

Bukan, ini bukan donat coklat mainan, bukan juga donat coklat terbuat dari slime atau sejenisnya. Donat ini aslinya adalah sejenis tumbuhan keluarga jamur (Mushroom) berjenis Basidiomycete dan marga dari Boletus hidup dan bisa kita temui di perkarangan rumah kita.


Bentuk Umum Jamur Rhizina Undulata

Jamur 'donat' Rhizina Undulata, ini memang tidak sembarangan tumbuh kembang, namun pada umumnya tumbuh subur di daerah yang tanahnya cenderung asam dan bekas terbakar atau banyak terdapat tumpukan puing-puing kayu yang terbengkalai.

Jamur 'donat' Rhizina Undulata, tersebar luas di wilayah Eropa, Asia, dan Amerika Utara

Jamur 'donat' Rhizina Undulata, secara fisik lebarnya maksimal bisa mencapai 35 cm (14 inci) mencapai berat sekitar 3 kg, mencapai tinggi maksimal 25 cm ( 10 inci ), permukaannya yang datar, pori-pori lobus yang tidak beraturan dan tumbuh menempel pada dataran.

Warnanya cenderung ungu cokleat kehitaman dengan bagian tepiannya berwarna kucing pucat, bergelombang dan tidak beraturan ini memang memiliki bentuk yang berciri khas dari jamur pada umumnya.

Nah, belum lama ini di sebuah postingan yang saya temukan ada seseorang yang menemukan jamur 'donat' Rhizina Undulata  ini bentuknya benar-benar mirip dengan kue donat yang kita kenal.

Secara kilas pandang mata kalau kita tanpa sengaja menemukannya pasti akan berfikir ada kue donat jatuh di perkarangan rumah.


Namun setelah di dekati ternyata itu bukan kue donat sungguhan, tapi sebuah jamur!

Ya, jamur 'donat' Rhizina Undulata, ini seringkali menipu atau membuat 'prank' tersendiri bagi manusia yang menemukannya.

Coba deh kita perhatikan dengan seksama penampakkan di gambar berikut, warna, pantulan cahaya dan bentuknya benar-benar menyerupai kue donat!

Di postingannya, Omejtochtli memberinya judul: This donut in my yard looks just like a giant chocolate MUSHROOM!


Ya, ini memang kue donat tapi bukan donat yan bisa di makan. Tapi baru kali ini jamur Rhizina Undulata bentuknya benar-benar 'sempurna' mirip dengan kue donat yang kita kenal dan mungkin baru pertama di dunia.


Omejtochtli sepertinya cukup beruntung telah mendokumentasikannya dengan baik.

Meskipun setelah ada penelitian lebih lanjut, jamur 'donat' Rhizina Undulatadapat di komsumsi oleh manusia sebagai pelengkap masakan sup, pasta, atau risotto di https://www.mejamakankita.com ini sayangnya terbilang sulit untuk di budidayakan, itulah mengapa jamur ini bisa dibilang langka dan tidak bisa dimakan sembarangan.

Jadi, kira-kira kalau jamur 'donat' Rhizina Undulataini tumbuh subur diperkarangamu apa yang akan kamu lakukan, Gan?

Di sayur?, di jadikan monumen keluarga?, dijadikan pesugihan? Atau di jadikan konten cenel yutup?

Terserah agan en sista aja deh, ya! Mhuehehe...


Img. TKP

ref: TKP 1, TKP 2



Copyright © 2016 - 2020 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Diubah oleh iskrim 22-11-2020 00:51
alfidanger
isu152
str901
str901 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.8K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.