Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Hebat, Kini China Menjadi Negara Pertama Yang Mengembangkan Teknologi jaringan 6G

emoticon-Hot NewsYuk simakk...


Ketika negara lain sibuk dengan perkembangan jaringan 5G, negara china sekarang malah sedang meneliti dan mengembangkan 6G yang merupakan jaringan nirkabel seluler generasi keenam. Ini hal yang mengejutkan mengapa negara china begitu bisa berpikiran maju saat negaranya sedang dalam tekanan negara AS bahkan bisa mengalahkan negara AS dalam perkembangan jaringan.

China Unicom dan produsen peralatan telekomunikasi China Zhongxing Telecommunication Equipment Corporation atau ZTE sepakat untuk meneliti dan mengembangkan jaringan 6G di bawah fakta kerja sama. Mereka akan membahas prospek 6G dan tren teknologi, meneliti teknologi 6G utama dan bekerja sama dalam standar.

Tapi waktu yang diperlukan dalam perkembangan jaringan 6G ini memerlukan waktu 1 dekade atau 10 tahun lamanya untuk masuk keera 6G. teknologi 6G ini diharapkan 100 kali lebih cepat dari 5G. Dalam sebuah wawancara dengan South China Morning Post, CEO Huawei Ren Zhengfei mengatakan bahwa sementara Huawei telah mengerjakan teknologi 6G, penelitian 6G belum membuat terobosan teknologi dan lainnya, sehingga tidak akan digunakan dalam 10 tahun kedepan.

Baru-baru ini dikabarkan china mengirimkan satelit luar angkasa dalam proyek uji coba jaringan 6G. China juga dilaporkan menjadi negara pertama di dunia yang berhasil mengirim satelit uji komunikasi 6G ke orbit dengan menggunakan roket Long March-6 dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan di Provinsi Shanxi. Ini menandakan bahwa china tidak takut akan tekanan dari negara AS malahan membuat mereka mengembangkan teknologi terbaru.

6G hanya akan beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah.  6G akan melampaui jaringan kabel dengan perangkat yang bertindak sebagai antena menggunakan jaringan desentralisasi yang tidak akan berada di bawah kendali satu operator jaringan.

emoticon-Wow
Di tahun-tahun mendatang, Jaringan 6G ini akan menjadi kenyataan. Perusahaan  NTT Docomo telah menjelaskan kemungkinan 6G di dunia maya untuk mendukung pemikiran dan tindakan manusia secara real-time menggunakan teknologi yang dapat dikenakan dan perangkat mikro yang dipasang di tubuh manusia.

Hal yang mengejutkan bagi negara lain, dimasa pandemi ini dengan tekanan pula dari negara AS tidak membuat china berhenti berkembang. Menjadi negara pertama yang mengembangkan jaringan 6G menjadi bukti bahwa negara china merupakan negera maju dengan segudang pengetahuan dan inovasinya dalam teknologi. Melihat perkembangan teknologi yang dilakukan china akankah negara AS akan masih menekan negara china atau bahkan menjalin kerjasama antar negara?

Saya berharap perkembangan teknologi jaringan yang dilakukan negara china dapat terlaksana secara baik agar teknologi ini dapat digunakan oleh seluruh negara dan mungkin negara lain juga tidak akan mau kalah akan perkembangan yang dilakukan china. Akankah negara lain akan ikut bersaing dan mengembangkan jaringan ini ditahun-tahun berikutnya? Harusnya itu bakal dilakukan oleh negara-negara maju didunia.

Sumber Referensi : Pikiran sendiri dan Dari Sini
Sumber Gambar : Google Image


emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca





Azmikkun
richardus96
nohopemiracle
nohopemiracle dan 4 lainnya memberi reputasi
3
2.8K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.1KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.