Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
340
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9239731cbfaa3d578b4567/siri-why-am-i-stupid-real-story
Sudah lama aku tidak melibatkan Siri disetiap Aktifitasku, melihat dia menulis namaku seperti itu membuat ku teringat akan kenangan-kenanganku di masa lalu, ya kenangan yang sangat berharga untuk dilupakan, kenangan yang penuh juga dengan kebodohan-kebodohan, dan tak terasa akupun bernostalgia kembali ke masa itu, masa dimana segalanya terasa begitu manis dan pahit. rasanya seperti aku sedang meny
Lapor Hansip
07-09-2018 15:40

Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)

Past Hot Thread
Halo para reader yang budiman !


Aku ingin berbagi sedikit tentang sebuah kisah, bisa dibilang sebuah pengalaman. Mohon kritik dan sarannya jika ada salah baik dalam pengetikan atau kata-kata yang tidak berkenan. Karena aku pun masih sedang belajar dalam membuat cerita (bisa dikirim melalui Post ini atau Pm)

Quote:
Real story? Iya, ini merupakan sebuah pengalaman pribadi penulis ditambah sedikit bumbu bumbu agar cerita lebih sedikit hidup emoticon-Peace Ada beberapa nama tokoh dibuat secara fiktif, tempat / latar dan kejadian yang telah dimodifikasi serta disamarkan atas ijin yang bersangkutan untuk kepentingan privasi


Awalnya aku tidak sengaja untuk sampai menulis cerita ini, bahkan tidak pernah terfikirkan sebelumnya. Tapi salah satu dari temanku menyarankan aku untuk mencurahkan kisah yang aku alami kedalam sebuah tulisan yang berbentuk Novel, sehingga akupun setuju dan tanpa terasa goresan demi goresan, ketikan demi ketikan kata-kata mulai berjalan hingga akhirnya terciptalah cerita klasik ini.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Perjuanganku untuk bisa sampai sini sangat panjang, berawal dari pencarian Penerbit demi Penerbit yang selalu gagal diajak bekerjasama karena statusku yang masih tergolong Penulis Amatiran yang terkendala waktu juga materi. Namun, dengan rasa frustasi bersamaan dengan semangat menulis ku yang masih membara, hingga pada akhirnya aku putuskan untuk mendedikasikan tulisanku ini di Kaskus dengan gaya penulisan yang berbeda



>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<


Sebelum masuk kedalam alur cerita, aku ingin mengucapkan puji dan rasa syukur ku kepada Tuhan YME karena masih memberikan aku kesempatan untuk hidup sampai sekarang hingga akhirnya aku bisa membuat cerita ini, tak lupa aku ucapkan terimakasih juga kepada semua reader yang sudah mau membaca dan mengapresiasi cerita ini. Dan terakhir aku ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya untuk KASKUSpara teman, sahabat, barisan para mantan dan untuk orang yang tidak pernah sempat aku miliki, tanpa kalian mungkin cerita ini takkan pernah ada.


=========================================================================================


Lagu ini mungkin bisa menjadi iringan yang pas untuk menemani agan-agan semua dalam membaca cerita ini


Jikustik - Puisi







Lirik Lagu



3 ... 2 ... 1 ...


Quote:Aku terbangun dari tidur lelapku semalam, saat kulihat jam dinding yang sudah menunjukan pukul 7 pagi, tanpa pikir panjang akupun langsung mengambil handuk ku dan pergi untuk mandi.

Saat sedang merapihkan lengan kemeja ku, kudengar sepertinya handphone ku berbunyi pertanda bahwa ada panggilan masuk dari seseorang

(SFX: Dering panggilan masuk)

"Halo, Kamu udah siapkan buat besok? Pokoknya jangan sampe lupa ya, awas lho" Ucap seseorang yang sedang meneleponku.dan tak lama ia langsung menutup teleponnya sebelum aku sempat menjawab perkataannya.

Akupun langsung membuka Handphone ku dan seperti biasa, sapaan pertama selalu datang dari salah satu keluargaku, Siri.

SIRI




"Siri, Ingatkan aku bahwa besok adalah Hari Pernikahan" tulisku

"Pengingat disetel, Mr. Stupid" Jawabnya dengan cepat

Sudah lama aku tidak melibatkan Siri disetiap Aktifitasku, melihat dia menulis namaku seperti itu membuat ku teringat akan kenangan-kenanganku di masa lalu, ya kenangan yang sangat berharga untuk dilupakan, kenangan yang penuh juga dengan kebodohan-kebodohan, dan tak terasa akupun bernostalgia kembali ke masa itu, masa dimana segalanya terasa begitu manis dan pahit. rasanya seperti aku sedang menyelami lautan suka dan duka, Mengingatnya cukup membuat ku tersenyum di pagi hari yang indah ini. Oh iya, berbicara tentang cerita masa laluku, semuanya berawal dari sini.


Part 1


Quote:Jadwal Update
Jum'at : libur

*Note :
- untuk menghindari ke kepo an, ane bikin ini cerita di akun clone, untuk akun utama terpaksa ane rahasiakan
- Ini bukan cerita yang ada di novel ane, melainkan full dari semua kisah masa remaja yang pernah ane lewatin
- Di Novel ane cuma menceritakan kisah cinta dengan satu perempuan yang perannya ada di dalam cerita ini saja, jadi intinya disini cerita nya diperluas dan ane menulis ulang disini.
- Kalo ane Engga update berarti lagi lembur kerja, kemungkinan update di hari berikutnya.
- Kalo belum update juga berarti lupa, emoticon-Big Grin soalnya mesti nginget-nginget lagi kejadian-kejadian dulu , tapi kalo lagi mood bisa update kapan aja emoticon-Big Grin

*Subscribe Thread ini biar ngga ketinggalan.
Cendol dan Rate 5 nya terserah agan-agan aja.
Terimakasihemoticon-Kaskus Lovers
Diubah oleh ciptaan.allah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.odzatt79 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 14
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
21-11-2018 20:56
ane maraton baca nih crita 2 hari emoticon-Big Grin
kalau ente berkenan, ane mau tau kelanjutan critanya smpe ente punya anak emoticon-Big Grin
1 0
1
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
21-11-2018 23:15
alhamdulillah tamat, be tough bang jho
3 0
3
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
22-11-2018 09:30
Lanjutin sampe nikah n punya anak lha om....emoticon-2 Jempol
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
23-11-2018 12:36
pendek bener ya gt doangan wkwkwk
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
03-12-2018 23:57
makasih om ceritanya
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
01-05-2019 20:13
sad ending
semua yg kita harapkan kadang gak sesai sama kenyataan ya om emoticon-Frown
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
03-05-2019 07:01
Quote:Original Posted By ciptaan.allah
[SPOILER=Part 69]Saat itu Nata memposting sebuah foto di akun Pathnya (ane ga maen path soalnya, jadi gatau), foto tersebut merupakan foto dirinya sendiri



semenjak berpisah dengan Nata, aku tidak pernah menghubungi nya lagi cukup lama, dan ketika aku hendak menghubunginya, semua akun sosmed ku diblokir olehnya emoticon-Big Grin
Skip tak lama, Rio pun mengirimi aku pesan lagi saat ku buka cukup membuatku tersenyum



Akupun langsung menyimpan no Nata dan berencana menghubunginya nanti setelah aku diband*ng.

Skip, setelah sampai diband*ng aku langsung merebahkan tubuhku karena kecapaian, saat itu aku menunda untuk menghubungi Nata dan lebih memilih untuk langsung tidur karena besok aku harus bekerja kembali ditambah aku kekurangan waktu untuk tidur.

Besoknya, aku malah lupa untuk menghubungi Nata dan fokus bekerja. aku lupa hingga berhari-hari dan diingatkan oleh suatu kejadian. waktu itu, aku masih ingat, tepatnya pada 9 januari 2016, sekitar jam 7 malam aku tiba-tiba teringat akan Nata saat temanku membahas soal jogja, seketika aku pun berlari menuju meja kerja ku untuk mengambil hp yang sedang aku cas, aku baru ingat jika aku sudah memiliki kontak Nata yang baru. dengan tangan yang gemetaran akupun mencari kontak Nata dan tanpa pikir panjang langsung menghubunginya.

"Tuuuuut... tuuuut"

Aku senang bukan main karena Nomernya berhasil tersambung, cukup lama kali itu Nata tidak mengangkat teleponku, dan tidak ada jawaban. namun aku tidak menyerah, akupun meneleponnya kembali. setelah agak lama akhirnya teleponku pun diangkatnya



Betapa senangnya aku ternyata Nata masih mengenali suaraku setelah sekian lama tidak berkomunikasi



Kerinduan ku saat itupun pecah karena aku bisa mendengar suara Nata lagi



KIta pun menelepon dengan durasi yang lama saat itu, membicarakan tentang masa-masa dulu, masa-masa dimana aku masih dekat dengannya namun belum berani menyatakan cinta padanya, masa-masa dimana aku hanyalah seorang pengecut yang bodoh dihadapannya



Tanpa menjawab dengan jelas pun, aku sudah mengetahui jawaban Nata, karena hal ini pun pernah terjadi sekitar 3 tahun lalu, aku hanya tersenyum saja mendengarnya tanpa berbicara lagi sedikitpun



Aku mulai mengerti maksud Nata selama ini, ditambah akupun sadar ternyata sikapku tidak banyak berubah selama ini, masih cemburuan, egois, dan plin plan dalam mengambil sebuah keputusan. Disisi lain jika kuingat-ingat lagi, memang semua yang sudah menjadi mantanku rata-rata berakhir dengan cara yang tidak baik, hampir semuanya kuputuskan tali silaturahminya. Dari situ mungkin menjadi alasan kuat Nata memutuskan hal tersebut.



Aku benar-benar tidak paham dengan perkataan Nata, apa dia berusaha menghindariku? Yang jelas saat itu aku merasa jika Nata sedang berusaha menolak ku, sadar akan hal itu akupun tidak bisa berbuat banyak dan hanya menerima kenyataan saja, setelah mengobrol kesana kemari, kira-kira Seperti itulah komunikasi ku dengan Nata berlangsung, saat ingin kunyatakan perasaanku,
segala sesuatunya sudah terlambat, Nata pun sudah memiliki kekasih semenjak hampir 2 tahun berada di Jogj*karta. dalam hati aku tidak ikhlas dan merasa galau, namun sebisa mungkin aku tetap harus bersikap seperti biasanya, karena pikirku, selagi janur kuning belum melengkung, segala sesuatunya masih bisa terjadi. Namun untuk menghormati sekaligus menghargai pacarnya Nata, akupun berusaha untuk tidak menghubungi Nata. (soalnya ane udh pernah ngerasain rasanya gimana emoticon-Frown)

Setelah itu, sosmed ku pun kembali di unblock semua oleh Nata dan kamipun menjalin hubungan seperti biasa, seperti teman tidak lebih, hanya saja kali ini aku memendam rasa ku sendirian.

Soal teman-temanku? Ojat setelah wisuda langsung bekerja di Bek*si di sebuah perusahaan yang cukup ternama sebagai staff manajemen, lalu dengan Diko? ia masih harus memperpanjang masa kuliahnya sepertinya satu tahun lagi, aku hanya berharap bahwa Diko bisa lulus tahun ini dan cepat-cepat menyelesaikan skripsinya. Untuk Satya aku sudah lama tidak menghubunginya, sudah lama juga aku tidak mengetahui kabar tentangnya, kabar terakhir aku hanya dapati dari Ojat saja. untuk Rio, ia bekerja di salah satu stasiun televisi masa kini, karena aku dan Rio berada pada kota yang sama, kami jadi sering bertemu ketika akhir pekan atau libur tertentu. sementara aku? tak lama setelah itu aku dipindah tugaskan di jakarta, belum genap satu tahun dijakarta, aku resign dari perusahaan lamaku dan setelah mencoba bekerja kesana kesini akhirnya aku memilih untuk menjadi freelance dibagian tour dan pariwisata. dan aku menikmati kehidupanku saat ini dan mulai meniti karir kembali dengan perasaan yang masih sama. masih menyimpan cinta kepada Nata dan berharap suatu hari Nata putus dengan pacarnya dan kembali kepadaku. emoticon-Smilie karena saat inipun aku menabung dengan giat hanya agar bisa menikah dengannya. emoticon-Kimpoi

Skip

Beberapa tahun kemudian tepatnya Juni, 2017 dimana saat itu Aku terbangun dari tidur lelapku semalam. saat kulihat jam dinding yang sudah menunjukan pukul 7 pagi, tanpa pikir panjang akupun langsung mengambil handuk ku dan pergi untuk mandi. karena kebetulan saat itu aku memiliki janji dengan clien ku

Saat sedang merapihkan lengan kemeja ku, kudengar sepertinya handphone ku berbunyi pertanda bahwa ada panggilan masuk dari seseorang

(SFX: Dering panggilan masuk)

"Halo, udah siapkan buat besok? Pokoknya jangan sampe lupa ya, awas lho" Ucap seseorang yang sedang meneleponku.dan tak lama ia langsung menutup teleponnya sebelum aku sempat menjawab perkataannya.

Akupun langsung membuka Handphone ku dan seperti biasa, sapaan pertama selalu datang Siri.

"Siri, Ingatkan aku bahwa besok adalah Hari Pernikahan" tulisku

"Pengingat disetel, Mr. Stupid" Jawabnya dengan cepat

Sudah lama aku tidak melibatkan Siri disetiap Aktifitasku, melihat dia menulis namaku seperti itu membuat ku teringat akan kenangan-kenanganku di masa lalu, ya kenangan yang sangat berharga untuk dilupakan, kenangan yang penuh juga dengan kebodohan-kebodohan, dan tak terasa akupun bernostalgia kembali ke masa itu, masa dimana segalanya terasa begitu manis dan pahit. rasanya seperti aku sedang menyelami lautan suka dan duka, Mengingatnya cukup membuat ku tersenyum di pagi hari yang indah ini sebelum hari esok tiba.

Mr. Stupid, nama yang begitu memiliki makna bagiku, karena nama itu tidak hadir begitu saja. banyak proses yang aku lewati hingga nama tersebut bisa dibilang berharga bagiku sampai saat ini.

Setelah semua siap, akupun bergegas pergi untuk bekerja, saat itu aku bertemu dengan clien ku dan merundingkan untuk menunda kembali tanggal kesepakatan karena besok aku memiliki agenda besar yang tidak bisa aku tinggalkan, dan clienku pun mengerti

Setelah semua urusan pada hari itu selesai, akupun beristirahat malam harinya demi menyiapkan fisik dan mental untuk esok, karena ini merupakan pengalaman pertama bagiku, sebelum aku tidur aku masih sempat memikirkan Nata, yang esok akan menjadi seorang pengantin wanita, aku tidak sabar melihatnya memakai gaun pengantin dan di rias sedemikian rupa, akan secantik apa dia nanti.

Skip, hari esok pun tiba, dimana pada hari ini merupakan hari kebahagiaan Nata dan juga kebahagiaan menurut definisi ku tersendiri, selain itu mungkin hari kebahagiaan bagi semua orang. setelah sampai di lokasi, kulihat ternyata pengantin wanita belum datang, dari kejauhan kulihat Tasya dan Rio pun hadir disana, dan melambaikan tangan padaku untuk duduk dimeja nya



Setelah selang beberapa lama, kulihat pengantin perempuan pun hadir dan berdiri di pintu gedung sambil diiringi oleh keluarga besarnya, saat itu Nata sangat cantik dengan gaun pengantin yang sedang ia kenakan. sekilas ia memandangi kearahku sambil tersenyum, entah kenapa walau akupun membalasnya dengan senyuman juga, mataku seketika berkaca-kaca dan hatiku sesak dibuatnya, kadang aku berfikir apa aku tidak rela melihat Nata bersanding dengan yang lain? dan tak lama pengantin lelakinya pun tiba dari sisi yang berlawanan bersamaan juga dengan keluarga besarnya, dan tak lama pengantin pria dan rombongan nya pun didekati oleh ibu Nata dan dikalungi kalung bunga melati, setelah memakai kalung, penganti pria pun langsung menghampiri kearah Nata

Saat itu aku sebenarnya sudah tidak kuat lagi untuk menyaksikan pernikahan Nata, terbesit dalam pikiranku apakah aku bawa lari saja pengantin wanitanya? agar pernikahan tersebut batal. kemudian akupun menatap lagi kearah Nata dan berharap ia melihat kearahku.

Semakin dekat pengantin pria menghampiri Nata, semakin tak terbendung air mataku. namun aku masih tetap bisa menahan nya meski harus kuhapus dengan tangan. tak lama Nata pun melihat kearahku sambil tersenyum kembali, kali ini senyum yang sama ketika masih bersamaku dulu, senyum yang bahagia dan aku menyadari jika Nata pada saat itu tengah berbahagia.

Skip, acara pun dilanjut ke sesi ijab qobul (maaf kalo salah penulisan emoticon-Big Grin)



Akupun memperhatikan sesi Ijab qobul dengan seksama, sambil terus kutatap Nata, dan bersikap so tegar agar dia tidak mengetahui jika aku sedang dirundung duka yang amat dalam, dihadapannya aku hanya pura-pura tersenyum agar dia ikut tersenyum pula. emoticon-Sorry

Skip, setelah semua berkata sah, akupun melihat Nata kemudian dikecup oleh pria yang kini menjadi suaminya, terlihat amat bahagia Nata karena telah dipersunting oleh seseorang, melihat Nata sebahagia itu tiba-tiba membuatku terbius dan sadar jika bahagia yang sebenarnya bukanlah saat kita bisa memilikinya, melainkan ketika kita melihat ia bahagia karena pilihannya.

Aku sadar, sekalipun aku berpacaran dengan Nata dulu, bagiku semua itu hanyalah suatu proses pembodohan diri saja, dimana aku dibodohi oleh sebuah rasa yang belum tentu menjadi rasaku, hingga pada akhirnya aku harus rela melihatnya bersanding dengan yang lain di pelaminan emoticon-Sorry

Setelah semua acara dilalui, tamu undangan pun memberikan selamat sekaligus angpao kepada pengantin, akupun mengantri bersama Rio dan Tasya yang kini matanya bengkak karena menangis



Setelah bersalaman, kamipun mengambil foto bersama, dimana disitu terdapat Rio dan Tasya + pacarnya. suasana haru, bercampur bahagia pada hari itu. setelah berfoto pun aku sempat menyanyikan sebuah lagu yang berjudul
"sampai keujung dunia - Dirly" sambil memandangi Nata sebagai istri orang lain untuk yang terakhir kalinya, dan setelag segala sesuatunya berakhir, akhirnya akupun pulang menuju rumah dengan perasaan bangga, walau harus diiringi airmata.

"Selamat menempuh hidup baru emoticon-Smilie " ucapku sebelum pergi


Ditunggu aja janda nya Jo....jangan dilepasin gt
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
14-05-2019 19:07
kalo boleh tau judul novel yg TS bikin apa ya?
Jd pengen beli novel yg ente bikin bro soal nya ane suka sama cara penulisan nya
bisa bikin ane yg baca sampe seperti di dlm cerita itu
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
14-05-2019 19:40

Attention

Halo para reader yang budiman semua ! Apa kabar? Semoga sehat selalu ya, maaf ini ane baru sempet cek lagi thread ini. Soalnya banyak email dan dm yang masuk ke ane untuk nanyain perihal novel yang bakal ane rilis dan minta ane buat lanjutin cerita ini. Ada beberapa klarifikasi soal pembuatan cerita ini. Sebenernya cerita ini masih panjang cuma ane ada feeling bakal ngegantung karena kesibukan ane dalam dunia kerja makannya ane langsung babat habis babak alur nya menuju ending. Pengennya ane ceritain secara rinci tiap periodisasi yang ada, begitu pun dengan novel ane yang masih belum ane launchingin. cuma ya sekali lagi maafkan karena keterbatasan waktu sehingga ane ga mampu. kebetulan beberapa waktu ini schedule ane sangat2 padat jadi karena alasan itu ane menunda jadwal rilis novel ane sampai dengan batas waktu yg tidak bisa ditentukan. Begitupun dengan cerita ini sehingga ceritanya terkesan pendek. Aslinya panjang banget dan masih banyak cewe baru yg ane temuin. emoticon-Frown sekali lagi maafkan. Jika ada kesempatan insyaallah ane bakal lanjutin cerita sampe ane bisa kaya sekarang ini. Sekali lagi saya ucapkan Terimakasih sebelumnya untuk semua karena walau sudah tidak update kalian masih antusias selalu.

Salam hangat,
Diubah oleh ciptaan.allah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ipung1976 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
14-05-2019 21:55
Kabar alda gimana jo?

Mudah2an ada waktu buat update disela2 kesibukan jo
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
16-11-2020 12:17
Ijin nyimak sambil ngupy gans
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
16-11-2020 15:00
Oke gelar tikar dulu om
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
17-11-2020 20:34
terus aku kudu piyeeeee sri?🙄
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
17-11-2020 20:46
Nostalgia di thread ini lagi
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
17-11-2020 23:05
nitip nastak gan
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
18-11-2020 14:19
Siri, why jandaku menjadi like this...

Balik lagi nih sama cerita si Janda, setelah diterror oleh Janda, akhirnya kami sepakat kalau sebaiknya kami nurut saja sama si Janda, daripada hidup kami dihabisi sama si Janda psikopat ini. emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2

Akhirnya ane dan teman seperjuangan keliling mencarikan obat untuk si Janda, ane sampai bela belain hujan ke tukang obat untuk mencarikan obat gatel, tapi lagi lagi ane di tawari minyak cap lang, dan bukan hanya ane saja, tapi teman teman seperjuangan ane juga hasilnya sama. emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2

Setelah menuruti kemauan si Janda, ternyata terror ke kita belum selesai, ane di cari cari kesalahannya dan di bego begoin sama si Janda dengan menggunakan akun bodong gan, dan perlakuan si Janda ke teman sesama pejuang di grup juga sama. Ane bingung, ane jadi takut, tidak tahu harus bagaimana, dan yang pasti malu sekali, akhirnya ane ngeles aja sebisa mungkin saat di tanyain sama teman teman atau kenalan ane atas tuduhan tuduhan si Janda, selama gatelnya tidak hilang, siksaan ke kami terus berlanjut. Kenapa dia tidak ke dokter aja, ane sedih sekali... emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
18-11-2020 20:44
baru mau part 2
0 0
0
Siri, Why Am I Stupid? (Real Story)
18-11-2020 22:33
Nasib nasib... Apes bet dah ente bre. Tp ya itu konsekuensi dr sifat ente ya. Semoga dg kejadian ini membuat ente semakin dewasa. Aaaminn....
0 0
0
Halaman 13 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
the-piece-of-life
Stories from the Heart
journey-called-love
Stories from the Heart
cinta-agama--mama
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Stories from the Heart
bukan-pelacur
Heart to Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia