• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Apple, Bukan Amazon, Tapi Inilah Perusahaan Paling Kaya di Dunia!

rukminiirawanAvatar border
TS
rukminiirawan
Bukan Apple, Bukan Amazon, Tapi Inilah Perusahaan Paling Kaya di Dunia!
  
Jika kita mengecek di internet urutan manusia paling kaya di dunia, maka data terbaru yang muncul adalah masih nama Jeff Bezos dengan jumlah kekayaan 182,6 miliar USD menurut forbes, jika dirupiahkan maka angka yang muncul 2.585.935.550.000.000,00 atau senilai 2,5 kuadriliun! Waduh pegang duit sejuta aja syukur-syukur sekali dalam sebulan, nah si om ini main-main kuadriliun, bener-bener sultan.



Selain soal kekayaan jika berbicara tentang Bezos, yang menarik untuk diketahui adalah Amazon. Yup Amazon adalah perusahaan yang didirikan oleh Bezos. Jika harta pribadinya saja sudah 2,5 kuadriliun lantas berapa ya kira-kira total asetnya? Berdasarkan penelusuran di Google, maka saya dapat angka 225,2 miliar USD atau setara dengan 3,1 kuadriliun aset bersih Amazon! Waaww… apakah Amazon adalah perusahan dagang terkaya? Kita cek dulu yang lainnya..

Intip di Microsof dulu, nah Microsoft ini adalah hal yang amat penting sekali dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Rasa-rasanya kita di era ini amat bergantung padanya, membuat dokumen, surat-menyurat, laporan dan lain sebagainya terasa lebih mudah dan menyenangkan.


Pendirinya bernama om Bill Gates, kekayaannya mencapai 118,4 miliar USD 1,6 kuadrilun, hemm meskipun hartanya bejibun tetapi tetap aja kalah sama om Bezos. Sedangkan aset Microsoft sendiri saya menemukan banyak angka berbeda, jika selisihnya gak jauh beda mungkin tidak apa-apa, tetapi angka dari berbagai sumber sangat jauh bedanya. Tetapi berbagai faktor bisa mempengaruhi, seperti tahun di tulis artikel, ketidakstabilan nilai mata uang,  dan lain sebagainya. Angka yang saya ambil dari salah satu sumber terpecaya, secara keseluruhan nilai aset Microsoft mencapai 230 miliar USD 3,2 kuadrilun.

Terus lanjut kepoin Apple, total asetnya mencapai 323,9 miliar USD atau senilai dengan 4,5 kuadriliun! Wah mantep mantep, ngalahin amazon di atas.

Jumlah aset kekayaan contoh perusahaan besar di atas benaar-benar buanyak banget, tetapi siapakah di antara mereka yang pantas menyabet gelar perusahaan paling kaya di dunia? Apple? Salah gan, nah ternyata ada satu perusahaan kongsi dagang di masa lalu yang total asetnya gila-gilaan dan sangat sulit dibayangkan nilainya.

Perusahaan ini kiranya cukup dekat dengan kita, para nenek –nenek kita dulu yang sempat hidup di era sebelum 1900an menyebut para ‘orangnya’ sebagai “kompeni”. Nah mereka adalah VOC, yang selalu muncul di buku pelajaran sejarah sekolah.

VOC atau Vereenigde Oostindische Compagnie (Persatuan Perusahaan Hindia Timur) adalah kongsi dagang milik Belanda, yang didirikan secara resmi pada 20 Maret 1602 oleh Johan Van Oldenbarnevelt serta Staten Generaal,  dan bertahan sampai 31 Desember 1799 atau selama 197 tahun, umur perusahaan ini kira-kira dapat 3 sampai 4 generasi, waaw panjang umur juga yaa.
VOC lumayan unik, sebab ia pemegang rekor sebagai perusahaan multinasional pertama dan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham. Mungkin selama ini yang banyak kita ketahui wilayah operasinya hanya meliputi nusantara saja, tetapi ia mencakup Hindia Belanda (Nusantara), India, Tiongkok, Thailand, Taiwan, Malaka, Jepang dan negara tuan rumah piala dunia 2010 lalu, Afrika selatan.


Meskipun VOC adalah perusahaan dagang, tetapi ia banyak diberi hak-hak istimewa, contohnya VOC boleh memiliki tentara, punya mata uang sendiri, bernegosiasi dengan negara lain serta berhak menyatakan perang, nah kalau melihat hak-hak ini, rasa-rasanya Belanda dan VOC adalah negara dalam negara ya.

Markasnya di Batavia (Jakarta),  VOC menggunakan metode monopoli dengan kekerasan, pemerasan, serta pembunuhan massal (pantes lu cepet kaya).
Nah itu dia gambaran singkat soal VOC, lalu sekarang mari kita telisik mengapa VOC pantas diklaim sebagai perusahaan terkaya sampai dengan sekarang.

Sampai pada tahun 1966, VOC telah memiliki lebih dari 150 perahu dagang, 40 kapal perang pribadi, 50.000 orang pekerja, angkatan bersenjata pribadi 10.000 tentara, serta deviden atau pembagian laba perusahaan dengan pemegang saham 40 persen.
Aset keseluruhan VOC selama masa kejayaannya adalah 78 juta gulden, atau 7,9 triliun USD alias 112,6 kuadriliun! Gaaes seratus duabelas koma 6 kuadriliun, waaah… susah banget dibayangin ya.

Perusahaan-perusahaan di atas yang saya sebutin tidak apa-apanya dibandingkan dengan VOC . sekiranya aja 20 perusahaan besar di dunia semisal Apple, Amazon, Microsoft, ExxonMobil dan lain-lain di satuin, maka baru bisa menyaingi kekayaan VOC.

Kekayaan Apple hanya 11 persen dari keseluruhan kekayaan VOC. Walau bagaimana pun kayanya ia telah almarhum, hanya saja pencapiannya tidak tertandingi di masanya, serta masa kini.
 

Spoiler for Sumber:


 


emineminna
Daniswara92
Tyaahmad
Tyaahmad dan 23 lainnya memberi reputasi
24
10.5K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.