Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Jember
  • [COC Reg. Jember] Legenda Putri Jembersari dan Asal-usul Nama Kota Jember

Richy211Avatar border
TS
Richy211
[COC Reg. Jember] Legenda Putri Jembersari dan Asal-usul Nama Kota Jember


Sumber: gambar

Selamat siang Agan dan Sista


Pada kesempatan yang indah ini ijinkanlah TS ikut meramaikan COC Regional Jember. Satu kata yang identik dengan kota Jember yang TS tahu adalah Jember Fashion Carnaval. Selain itu, jujur saja ane kurang begitu mengenal jauh akan kota ini. Maka dari itu, ane mencoba ingin berkenalan dengan membuat thread yang berkaitan dengan kota Jember.


Spoiler for Cinta Laura di Jember Fashion Carnaval:


Menurut sebuah sumber, Jember merupakan nama wilayah yang sangat unik. Konon, asal muasal dari mana nama Jember itu masih menjadi misteri. Apakah benar demikian untuk warga asli Jember?

Namun, di luar dari itu banyak orang yang berasumsi atau memiliki opini sendiri bahwa Jember itu berasal dari kata "jembrek" yang artinya kotor. Kalau di tempat tinggal TS kotor itu punya istilah lain namanya reged.

Disebut "jembrek" alasannya karena dulu wilayah Jember dipenuhi rawa-rawa dan tanah yang becek akibat curah hujan dengan intensitas yang tinggi.


Spoiler for SDN Rowtamtu III:


Hal ini terbukti dari beberapa wilayah di kota Jember yang menggunakan awalan kata "rowo" misalnya Rowotamtu, Rowotengu, Rowotengah dan ada juga yang menggunakan awalan kata "curah" misalnya Curah Nangka, Curah Lele, Curah Kates, dan masih banyak lagi.


Spoiler for hutan lorong Curahlele:


Selain dari kata "jembrek" asal mula nama kota Jember berasal dari bahasa Madura "jembher" yang artinya luas. Kalau di tempat ane itu mengartikan sesuatu yang luas adalah "jembar". Hal ini dibuktikan karena wilayah Jember menjadi 3 besar daerah terluas di Provinsi Jawa Timur.


Spoiler for alun-alun kota Jember:


Namun Gansis, ternyata dahulu kala ada sebuah legenda tentang Putri Jembersari yang diyakini oleh sebagian orang sebagai asal-usul nama kota Jember.

Berikut ini kisah legenda Putri Jembersari Gansis yang ane ambil dari sebuah sumber.

Pada jaman dulu hiduplah seorang putri yang cantik jelita dan juga cerdas bernama Putri Jembersari. Pada saat putri masih kecil, warga sekitar memanggilnya dengan nama Jember. Gadis cantik ini tinggal di sebuah kampung yang letaknya berada di dekat laut selatan dan semua warga di kampung itu bekerja sebagai seorang nelayan. Kemudian, konon Putri Jembersari ini merupakan keturunan dari kepala kampung di wilayah itu.


Spoiler for ilustrasi Putri Jembersari:


Saat Putri Jembersari masih balita, kampung tersebut mendapat serangan dari gerombolan perampok. Para perempuan, orang tua, dan anak-anak segera mengungsi dari kampung tersebut. Putri Jembersari juga turut mereka bawa. Sementara itu, para lelaki di kampung tersebut bertempur dengan gagah berani. Akan tetapi mereka semua tewas di tangan para perampok.

Lalu, para rombongan pengungsi akhirnya tiba di sebuah tempat yang ada di dekat sungai bedadung. Di sana juga terdapat sebuah telaga dan mereka memutuskan untuk menetap di tempat ini.

Mereka mulai melakukan aktivitas untuk bertahan hidup, mulai dari dari bercocok tanam hingga mencari ikan di sungai bedadung. Putri Jembersari yang masih kecil pun dirawat dengan penuh kasih sayang. Selain itu, ada juga beberapa orang yang khusus memberi pendidikan pada Putri Jembersari. Ada yang mengajarinya ilmu beladiri, membuat obat-obatan dari akar dan dedaunan, membuat api, berburu, cinta lingkungan, dan masih banyak lagi.

Pantaslah, jika dewasa nanti Putri Jembersari ibarat sosok harimau Jawa. Dimana ia memiliki karakter yang anggun, cantik, lembut, sedikit pemalu, tapi tidak bisa diremehkan.

Di sebuah desa yang baru dengan penghuninya yang mayoritas perempuan, hal ini membuat mereka kesulitan dalam memilih seorang pemimpin desa.

Hingga pada akhirnya Putri Jembersari semakin matang dan dewasa, para penduduk desa baru itu pun menunjuknya untuk menjadi seorang pemimpin. Mulanya Putri Jembersari menolaknya, namun akhirnya dia menganggukkan kepala.


Lanjutan cerita lengkapnya TS kutip saja Gansis


Quote:


Menurut sumber yang TS baca juga Gansis bahwa nama Putri Jembersari merupakan nama kecil dari wanita bernama Endang Ratnawati. Jadi Endang Ratnawati dan Putri Jembersari adalah satu orang yang sama. Namun, nama yang dipakai adalah nama kecilnya yaitu Putri Jembersari.


Sumber: referensi 1, dan referensi 2
Diubah oleh Richy211 16-11-2020 01:00
dhinyzfrn
japarina
nohopemiracle
nohopemiracle dan 28 lainnya memberi reputasi
27
4.4K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Jember
JemberKASKUS Official
796Thread363Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.