Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

josh.ganteng.Avatar border
TS
josh.ganteng.
#savepapua Trending, Perusahaan Korsel Diduga Bakar Hutan Nyaris Seluas Seoul
#savepapua Trending, Perusahaan Korsel Diduga Bakar Hutan Nyaris Seluas Seoul


#SavePapua dan #SaveHutanPapua menggema di media sosial. Sebabnya, netizen riuh soal perusahaan Korea Selatan yang diduga membakar hutan Papua seluas 57.000 hektar.

Jumat (13/11/2020) dini hari, jagad media sosial Twitter diramaikan dengan netizen yang membicarakan perihal hutan Papua. Melalui tagar Save Hutan Papua, netizen beramai-ramai menaruh simpati pada warga pedalaman Papua yang kehilangan hutan mereka.

Berdasarkan penelusuran, isu mengenai hutan Papua ini pertama kali diangkat oleh media BBC Indonesia. Dalam laporan investigasinya, mereka melaporkan bahwa perusahaan Korea Selatan, Korindo Group dengan 'sengaja' membakar hutan Papua nyaris seluas ibu kota Korsel, Seoul.





Pembukaan hutan dilakukan untuk mengubah lahannya menjadi perkebunan sawit. Kasus tersebut terjadi di Boven Digoel dan Merauke.

Temuan 'kesengajaan' pembakaran hutan itu diperoleh dari riset yang dilakukan Forensic Architecture yang berbasis di Goldsmith University, Inggris dengan Greenpeace. Dari hasil penelitian, pembakaran tersebut telah dilakukan mulai tahun 2011-2016.

Forensic Architecture menerapkan analisis spasial dan arsitektural serta teknik pemodelan dan penelitian canggih untuk menyelidiki kasus itu. Mereka juga membandingkan citra satelit dengan data titik api dari satelit NASA di area sama pada periode sama.

"Kami menemukan bahwa pola, arah dan kecepatan pergerakan api sangat cocok dengan pola, kecepatan, arah pembukaan lahan. Ini menunjukkan bahwa kebakaran dilakukan dengan sengaja," ujar peneliti senior Forensic Architecture, Samaneh Moafi sebagaimana diwartakan BBC Indonesia.

"Jika kebakaran terjadi dari luar sisi konsesi atau karena kondisi cuaca, maka api akan bergerak dengan arah yang berbeda. Mereka akan tersebar," kata Moafi.

Namun Korindo mengatakan bahwa pembukaan lahan itu dilakukan dengan alat berat. Bahwa terjadi kebakaran, Korindo menyebut hal tersebut dipicu warga yang berburu tikus tanah yang bersembunyi di bawah tumpukan kayu.

Korindo bahkan menyebut kegiatan itu, "menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi operasional kami."

Sementara itu, Kepala Kampanye hutan Greenpeace Asia Tenggara, Kiki Taufik menjelaskan bahwa pembukaan lahan menggunakan api sebenarnya tidak dibenarkan dalam hukum. Praktik ini ilegal sesuai UU Perkebunan dan UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH).





Sayangnya, perusahaan sawit yang melakukan praktik ini kerap lolos dari sanksi.

Hutan Papua sendiri memiliki fungsi besar bagi masyarakat Papua. Hutan menjadi tempat mereka bernaung secara turun temurun.

Selain itu Hutan Papua juga merupakan salah satu hutan hujan yang tersisa di dunia. Di sana, lebih dari 60 persen keanekaragaman hayati Indonesia hidup.

Menanggapi kerusakan hutan ini, salah seorang warga Suku Malind di pedalaman Merauke, Elisabeth Ndiwaen mengungkapkan, "kami tidak pernah bongkar hutan tapi orang dari luar bongkar itu. Buat saya itu luka."

Kemudian warga di Boven Digoel, Petrus Kinggo mengatakan bahwa ia kini berjuang mati-matian mempertahankan hutan adatnya.

"Hutan ini salah satu sumber kehidupan saya, terutama generasi saya. Kalau saya lepas kepada pihak siapapun, termasuk perusahaan atau orang, siapapun, berarti tanah ini beralih. Generasi setelah saya, besok mereka hidup di mana?" tuturnya.

"Jadi itu yang saya pertahankan, bahwa tanah ini tidak bisa saya kasih ke orang," kata Petrus lagi.

Sampai berita ini dibuat, postingan video mengenai laporan kerusakan hutan Papua telah disukai lebih dari 33 ribu dan diretweet lebih dari 20 ribu akun Twitter.

Di sisi lain, akun Twitter Korindo Group juga mengunggah video yang seolah mengklarifikasi laporan BBC itu.

Dalam captionnya, mereka menulis "kami berkomitmen bahwa perusahaan menerapkan sistem Zero Burning, untuk mewujudkan perusahaan sawit yang lestari dan berwawasan lingkungan." Namun saat dicek detikcom pagi ini, tweet itu sudah dihapus.


Sumber









Muke gile .... GANYANG PERUSAHAAN KOREA ITU!!! POTONG baik PELAKU PEMBAKARAN HUTAN emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)



#SAVEPAPUA
gabener.edan
nyonya.banteng
gadis.pramuria.007
gadis.pramuria.007 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
25
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.