• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ternyata Ini Alasannya Mengapa Angka Jam Cuma Sampai Angka 12 Aja

Guinessha
TS
Guinessha
Ternyata Ini Alasannya Mengapa Angka Jam Cuma Sampai Angka 12 Aja

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

Sejak dulu kala manusia telah memikirkan dan menghitung waktu selama ribuan tahun.  mesin waktu pertama yangdigunakan adalah pasir, air atau posisi Matahari di langit untuk menandai berlalunya waktu. Saat ini, kita  menggunakan jam dan arloji untuk menunjukkan waktu.  Pengukuran waktu kita didasarkan pada pergerakan planet Bumi kita dalam hubungannya dengan Matahari.

Bumi berputar di sekitar garis imajiner yang membentang antara Kutub Utara dan Kutub Selatan. Ketika tempat tinggal Anda menghadap ke Matahari dan Anda dapat melihat cahaya Matahari, itu adalah siang hari ketika tempat tinggal Anda menghadap jauh dari matahari dan gelap, itu adalah malam hari. Itu disebut  jumlah waktu yang dibutuhkan Bumi untuk melakukan satu putaran penuh.

Dari beberapa buku yang saya baca bahwa orang  Mesir Kuno suka menghitung dua belas dan mereka membagi hari menjadi dua kelompok setiap dua belas jam sekali, 12 untuk siang hari dan 12 untuk malam hari. Jadi satu hari penuh berlangsung selama 24 jam.  Setiap jam berlangsung dalam jumlah waktu yang sama dan dapat dibagi menjadi 60 menit  dan setiap menit tersebut dapat dibagi menjadi 60 detik. Mungkin itulah alasannya kenapa dijam cuma sampai angka 12 karena kita mengikuti kebiasaan Mesir Kuno.

Pada jam mekanis atau analog 12 jam ditandai dalam lingkaran. Angka 12 selalu di atas, 6 selalu di bawah dan sisa angka di antaranya diberi jarak secara merata di sekitar tepi lingkaran. 

Untuk mengetahui waktu pada 12 jam, itu dapat menghitung  dari jam 1 pagi hingga tengah hari,  lalu dari jam 1 siang sampai tengah malam. Untuk membuatnya sedikit lebih membingungkan, saya mengatakan bahwa jam pagi adalah ante meridiem (am) atau post meridiem (pm), yang berasal dari kata Latin yang berarti 'sebelum tengah hari' dan 'setelah tengah hari'.

Tapi pada jam digital, kita bisa menghitung semua 24 jam dalam satu hari. Jika kita melakukan ini, maka jam pagi (atau pagi) ditunjukkan dengan angka 1 sampai 12 dan jam sore (atau sore) ditunjukkan dengan angka 13-24. Jadi, jam 2 siang atau 2 siang akan menjadi jam 14:00.

Kalian akan menemukan jam di mana-mana  di rumah, di sekolah atau kantor, di komputer, dan di ruang publik seperti stasiun kereta, halte bus, toko, dan perpustakaan. Silakan melihat-lihat dan lihat berapa banyak jam berbeda yang dapat Anda temukan!

Sumber Referensi : Pengalaman dan beberapa buku saya
Sumber Gambar : Google Image

emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca 




berodinjaparinaalifrian.
alifrian. dan 45 lainnya memberi reputasi
44
11.5K
131
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.