Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

therminustAvatar border
TS
therminust
Sempat Disetop, Uji Vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil Lanjut
Sempat Disetop, Uji Vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil Lanjut

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Kesehatan Brasil Anvisa memberikan restu untuk melanjutkan kembali uji klinis vaksin Covid-19 milik Sinovac Biontech. Sebelumnya uji vaksin CoronaVac disetop sejak 29 Oktober karena adanya 'insiden yang merugikan'.

Anvisa mengungkapkan izin uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac diterbitkan setelah pihaknya menerima rincian lebih lanjut tentang sifat "insiden yang merugikan" dan telah memiliki "informasi yang cukup untuk memungkinkan vaksinasi dilanjutkan."

Pejabat Kesehatan Masyarakat kasus relawan meninggal yang jadi penyebab uji klinis ditangguhkan tidak ada hubungannya dengan vaksin. Berdasarkan penyelidikan polisi relawan meninggal karena bunuh diri, seperti dilansir dari AFP, Kamis (12/11/2020).


Vaksin Sinovac sudah masuk uji klinis tahap akhir. Uji klinis dilakukan di beberapa negara termasuk Turki, Indonesia, dan Brasil. Di China vaksin ini sudah disuntikkan ke warga dalam program penggunaan darurat.

Kabar dilanjutkannya kembali uji klinis vaksin Sinovac kemungkinan tak membuat Presiden Brasil Jair Bolsonaro menghentikan kritik. Pasalnya ia salah satu pihak yang menolak kehadiran vaksin CoronaVac di Brasil. Ia juga sering melontarkan ketidakpercayaannya pada China.

Pada Oktober lalu, masyarakat Brasil sempat dibikin bingung. Pasalnya Menteri Kesehatan menyatakan akan membeli vaksin Sinovac. Sehari setelahnya pemesanan itu dibatalkan Jair Bolsonaro.

Ketika vaksin Sinovac ditangguhkan, melalui akun Facebook pribadinya, Jair Bolsonaro mengungkapkan dukungan atas tindakan tersebut dan menyebut hal itu sebagai "kemenangan lain untuk Jair Balsonaro".

(roy/roy)


https://www.cnbcindonesia.com/tech/2...-brasil-lanjut


Sempat Disetop, Uji Vaksin Covid-19 Sinovac di Brasil Lanjut

Jakarta - 
Regulator kesehatan Brasil, Anvisa, akhirnya mengizinkan uji klinis tahap akhir untuk vaksin COVID-19 Sinovac, China, kembali dilanjutkan. Uji klinis vaksin ini sempat ditangguhkan karena kematian seorang relawan yang terdaftar di Sao Paulo yang disebabkan karena bunuh diri.

Menurut penyelenggara persidangan, langkah penangguhan tersebut sebenarnya tidak diperlukan. Ini karena kematian relawan tersebut tidak ada kaitannya dengan vaksin yang tengah diuji.

Melalui sebuah pernyataan, Institut medis Brasil Butantan mengatakan bahwa pihaknya akan memulai kembali uji klinis vaksin tersebut pada Rabu malam.

"Setelah mengevaluasi data baru yang dijadikan oleh sponsor, Anvisa memahami bahwa itu memiliki alasan yang cukup memungkinkan untuk memulainya kembali," tulis Anvisa melalui sebuah pernyataan yang dikutip dari laman Global News, Kamis (12/11/2020).


"Penting untuk diklarifikasi bahwa penangguhan ini tidak selalu berarti bahwa produk yang sedang diselidiki tidak menawarkan kualitas, keamanan, atau kemanjuran," lanjutnya.

Sinovac juga menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka yakin dengan keamanan vaksin COVID-19 yang dikembangkannya. Mereka sepenuhnya memahami dan menghargai pengawasan ketat yang dilakukan Anvisa, sehingga uji klinis ini bisa dimulai kembali.


https://health.detik.com/berita-deti...lanjutkan-lagi




Presiden Brasil benar2 egois mirip Trump, 

kemarin dia anti masker & positif Covid eh keluyuran

2x Presiden Brasil berupaya menghentikan Sinovac tanpa alasan yg jelas & lebih condong ke kepentingan politisnya

Rakyat Brasil yg dikorbankan menjadi top 3 dunia penderita Covid-19




Kelthuzad.lich
tien212700
tien212700 dan Kelthuzad.lich memberi reputasi
0
535
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.