serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Perhatikan Hal-Hal Ini Jika Berlibur Ke Korea Selatan


HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Korea Selatan menjadi negara tujuan wisata oleh para turis. Apalagi setelah K-pop dan K-drama mendunia, membuat makin banyak orang ingin mengunjungi Negeri Ginseng ini. Mungkin Gansis adalah salah satunya.

Namun, sebelum Gansis berangkat ke Korea, ada baiknya untuk mengetahui etiket lokal masyarakat di sana. Ya, berupa kebiasaan yang lumrah dan yang tabu menurut penduduk setempat. Boleh jadi sesuatu yang menurut Gansis aneh adalah hal biasa di sana. Juga, sesuatu yang menurut Gansis wajar, justru aneh di sana.

So, simak thread ane sampai habis, ya!

Cekidot!

emoticon-Selamat

1. Tutupi Belahan Dada



Nah, untuk perempuan yang gemar memakai pakaian terbuka, apalagi dengan belahan dada rendah. Maka, jika kalian datang ke Korea Selatan, jangan pakai pakaian seperti itu. Di sana, menunjukkan belahan dada dianggap tabu!

So, jika, Sista memakai pakaian dengan belahan dada rendah. Siap-siap saja akan mendapat tatapan tak mengenakkan dari warga setempat. Terutama dari orang yang sudah berumur. Sebab, Sista akan dianggap tidak beradap dalam berpakaian.

***

2. Bawahan Pendek adalah Lumrah



Jika baju dengan belahan dada terlalu rendah adalah tabu. Beda halnya dengan bawahan pendek. Memakai rok atau celana terlalu pendek adalah hal yang wajar di sana. Jadi, jika di daerah Gansis memakai rok pendek adalah tabu. Maka, di Korea Selatan ini adalah hal biasa.

***

3. Gunakan Kedua Tangan



Ketika Gansis menerima sesuatu dari orang Korea Selatan. Misal, menerima uang kembalian dari kasir. Maka, terimalah uang tersebut dengan kedua tangan. Jangan gunakan satu tangan sebab itu dianggap tidak sopan.

Begitu pun ketika memberikan sesuatu. Gunakanlah kedua tangan dengan yang lebih dominan adalah tangan kanan. Misal, Gansis mau menyerahkan sebuah benda pada seseorang. Maka, ulurkanlah benda itu dengan tangan kanan dan tangan kiri memegang pergelangan tangan kanan. Atau, gunakan kedua tangan tersebut secara bersamaan.

***

4. Berjabat Tangan



Di Korea Selatan, orang-orang biasanya membungkuk untuk menghormati orang lain. Namun, bagi Gansis yang orang asing, dan mungkin belum terbiasa membungkuk untuk menghormati seseorang. Maka, berjabat tangan pun tidak masalah dilakukan.

Namun, ada aturannya. Berjabat tangan dengan satu tangan saja adalah tidak sopan. Maka, gunakan kedua tanganmu ketika berjabat tangan. Jangan lupa untuk sedikit menundukkan kepala agar lebih sopan.

***

5. Jangan Sentuh Orang Sembarangan



Bagi sebagian orang, menyentuh orang asing di jalan mungkin adalah hal biasa. Misalnya, menepuk pundak orang yang tidak dikenal saat ingin bertanya alamat. Namun, hal seperti ini tidak wajar di Korea Selatan.

So, jika Gansis ingin bertanya alamat pada penduduk lokal di sana. Cukup tanyakan saja tanpa ada interaksi fisik.

***

6. Berapa Umurmu?



Mungkin agak aneh bagi kita, ketika bertemu orang asing di jalan, yang ia tanyakan pertama kali adalah umur. Namun, di Korea Selatan ini adalah hal yang wajar. Tujuannya, agar mereka tahu, akan menyapamu dengan sebutan apa.

So, jangan tunjukkan tatapan aneh ketika ada penduduk lokal yang tiba-tiba bertanya, "Berapa usiamu?"

***

7. Lepaskan Sepatumu!



Jika Gansis memiliki teman orang Korea Selatan. Lalu Gansis diajak untuk bermain ke rumahnya. Maka, jangan pernah bawa sepatu Gansis masuk. Mungkin bagi sebagian orang, membawa sepatu ke dalam rumah adalah biasa. Namun, tidak dengan budaya Korea Selatan!

Membawa sepatu ke dalam rumah, kuil, dan beberapa tempat umum lainnya, adalah sesuatu yang tidak beradap. Biasanya, si pemilik rumah atau tempat tersebut akan menyediakan sandal khusus untuk di dalam rumah.

Harus jeli, ya, Gansis! Kadang ada beberapa restoran Korea yang melarang pengunjungnya memakai sepatu. Jadi, jangan sampai keliru.

***

8. Hati-hati dengan Kaki!



Mungkin menurut kita, menaikkan kaki ke kursi di sebelah kita untuk sekadar beselonjor adalah hal biasa. Namun, jangan pernah lakukan hal itu di Korea! Gansis akan dianggap tidak sopan.

Kaki identik dengan "kotor" di sana. Jadi, hati-hatilah dengannya. Jangan menaikkan kaki ke sembarang tempat.

***

9. Dahulukan Orang Tua



Jika Gansis tiba-tiba diundang ke sebuah perjamuan. Misal, makan malam bersama keluarga teman Korea Gansis. Maka, ketika makan biarkan orang yang lebih tua makan terlebih dahulu. Ketika orang tersebut sudah menggigit makanannya, barulah kita yang lebih muda boleh untuk makan.

***

10. Tuangkan Minuman Orang Lain



Di Korea Selatan, menuangkan air ke gelas teman makan yang kosong adalah hal biasa. Nah, ketika Gansis melihat gelas teman Gansis sudah kosong. Maka, tuangkanlah minuman untuknya. Sebaliknya, ketika gelas Gansis kosong, orang lain juga akan menuangkan minuman.

Itu sudah tradisi. Jadi, di meja makan, jarang sekali ada orang yang menuangkan minuman ke gelasnya sendiri. Walaupun ada yang menuangkan minuman ke gelas sendiri, pasti akan dilanjutkan dengan menungai gelas teman makannya yang kosong.

***

11. Hati-Hati dengan Tinta Merah



Jika datang ke Korea Selatan, Gansis jangan iseng untuk menulis nama seseorang dengan tinta merah. Gansis akan dimarahi jika melakukan hal itu. Sebab, hanya nama orang yang sudah meninggal yang ditulis dengan tinta merah.

***

12. Gerakkan Telapak Tangan ke Bawah



Ketika Gansis mengisyaratkan seseorang untuk datang. Atau ketika memberhentikan taksi. Maka, gerakkanlah tangan Gansis dengan telapak tangan menghadap ke bawah, lalu gerakkan seluruh jari Gansis.

Jangan pernah memberikan isyarat "come here" dengan telapak tangan menghadap ke atas. Sebab itu isyarat cara untuk memanggil anjing di Korea Selatan.

***

13. Toilet Hanya untuk Buang Hajat



Tak hanya di Korea Selatan. Mungkin di seluruh tempat etiket lokalnya seperti ini. Jangan buang apapun ke dalam lubang toilet selain dari kotoran dan air seni. Ya, walaupun itu hanya sekadar tisu toilet atau selembar pembalut wanita.

Biasanya, di setiap toilet umum di Korea Selatan, tersedia bak sampah toilet. Jadi, buanglah benda tersebut ke sana. Jangan ke dalam lubang toilet!

***

17. Noraebang Juga Punya Aturan



Naroebang atau ruang karaoke amat populer di Korea Selatan. Jadi, tempat ini akan selalu ramai oleh orang-orang, baik tua atau muda untuk bersenang-senang.

Nah, jika Gansis berkunjung ke ruang karaoke. Maka, pilihlah satu lagu lalu menyanyi. Jangan pilih banyak lagu walaupun Gansis begitu tergoda dengan lagu tersebut. Jangan lupa untuk memakai mikrofon bergantian. Sebab, orang datang ke sana untuk bernyanyi. Bukan untuk mendengar Gansis bernyanyi.

Oiya, hindarilah untuk memilih lagu balada atau melow. Pilihlah lagu semangat yang menggembirakan. Sebab, orang datang ke sana untuk bersenang-senang dan menghibur diri. Bukan untuk meratapi nasib.

***

18. Hati-Hati dengan Ingus



Jangan pernah mengeluarkan ingus di depan umum. Apalagi di depan orang yang lebih tua. Jika ingus Gansis ngebet mau keluar, maka pergilah ke kamar kecil atau tempat sepi, lalu selesaikan urusan Gansis di sana.

***

19. Jangan Merokok di Sembarang Tempat



Jika Gansis adalah seorang perokok. Maka ketika datang ke Korea Selatan, Gansis harus bisa menahan hasrat untuk merokok. Jangan sampai Gansis merokok di sembarang tempat. Bisa-bisa, Gansis akan berurusan dengan pihak keamanan.



Biasanya, di tempat umum, akan disediakan ruangan khusus untuk merokok. Jadi, merokoklah di sana.

***

20. Jomblo Jangan Iri



Bagi kita, menunjukkan kemesraan dengan pasangan di tempat umum adalah hal yang aneh. Tabu malah. Akan tetapi, di Korea Selatan ini adalah hal wajar. So, buat para jomblo, kalian harus kuat-kuatin hati nih kalau berlibur ke Korea Selatan. Heheh.

***

21. Aegyo adalah Hal Wajar



Jika Gansis berjalan-jalan di Korea Selatan. Lalu tanpa sengaja melihat orang dewasa yang nada bicaranya diimut-imutkan. Misal, seperti suara bayi. Atau memakai ekspresi wajah dan gestur tubuh yang lucu. Maka, jangan buru-buru memandang aneh dan mengatakannya, "alay".

Sebab, hal itu adalah wajar. Biasanya, bertingkah imut dan lucu seperti itu dinamai dengan aegyo. Jadi, jika Gansis melihat seorang pria meminta maaf pada wanita sambil meletakkan kepalan tangannya di dagu atau pipi. Maka, jangan heran. Itu adalah hal yang biasa.

***

22. Jaga Volume Suaramu



Jangan pernah sekali-kali berteriak atau terbahak-bahak di tempat umum. Sebab, orang-orang akan menatap Gansis dengan tatapan penghakiman atas tindakan Gansis yang tidak sopan. Kecuali jika Gansis berada di tempat yang bising sekali.

***

23. Perhatikan Tempat Dudukmu!



Jika Gansis pergi ke tempat umum atau naik transportasi umum. Maka, perhatikan tempat duduk Gansis. Jangan asal duduk saja! Sebab, tidak semua tempat duduk bisa diduduki. Ada beberapa tempat yang hanya diperuntukkan untuk penumpang atau pengunjung berkebutuhan khusus, wanita hamil, dan lansia.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Nah, gimana tuh tadi, Gansis? Cukup banyak juga, ya, yang harus diperhatikan sebelum pergi berlibur ke Korea Selatan? Namun, gapapa, Gansis. Hal sebanyak ini akan sebanding dengan keindahan dan kenyamanan yang akan Gansis dapatkan di sana.

Mulai dari pemandangan alam nan romantis. Makanan tradisional yang enak dan sehat (karena selalu ada sayur). Budayanya yang unik. Negaranya yang sangat canggih, dan lain-lain.

So, sudah siap untuk liburan?! Eits! Tapi jangan sekarang deh! Tunggu situasi dunia benar-benar kondusif dulu. Hehe.

Oke, Gansis. Itulah thread ane kali ini. Semoga bermanfaat.

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Sumber : 1, 2, 3

emoticon-Cendol Gan

Thanks For Reading




Diubah oleh serbaserbi.com 09-11-2020 05:33
siapika
kudanil.la
cheria021
cheria021 dan 27 lainnya memberi reputasi
26
5.8K
221
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.