• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Beberapa Tanaman Ini Dianggap Suci, Loh! Nomor 1 Biasa Dipakai Sebagai Bumbu Masakan

zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Beberapa Tanaman Ini Dianggap Suci, Loh! Nomor 1 Biasa Dipakai Sebagai Bumbu Masakan
Deretan Tanaman yang disakralkan




Tanaman adalah vegetasi alam yang memberi banyak manfaat pada manusia. Salah satunya sebagai bahan pangan yang memenuhi kebutuhan makan manusia. Selain itu tanaman banyak yang memiliki fungsi sebagai bahan untuk pelengkap pembuatan rumah, furniture, peralatan masak bahkan sebagai bahan baku pengobatan.

Namun, fungsi lain tanaman ternyata bukan hanya pada kebutuhan esensial saja. Dari segi religi atau keagamaan ternyata beberapa tanaman ini memiliki kedudukan dan fungsi yang penting. Bahkan ada yang mendapat gelar tanaman suci yang dijadikan sarana ibadah.

Agan dan sista penasaran tanaman apa sajakah yang termasuk disucikan dalam beberapa agama? Yuk kita ulas di trit terbaru ane.


1. Ocimum tenuiflorum (sinonim Ocimum sanctum ) pada agama Hindu


Tanaman Tulsi: Pinterest

Quote:



Pemujaan tanaman tulsi: Pinterest

Dalam film-film atau sinema India, kita sering melihat adanya kebiasaan memuja tanaman tulsi yang mirip dengan kemangi atau selasih ini. Tanaman ini memang masih satu famili dengan selasih. Tanaman ini dirawat dengan baik di rumah-rumah pemeluk agama hindu. Biasanya akan ditanam dalam pot khusus yang disirami pagi dan sore disertai pembacaan doa. Lalu akan dibawa mengelilingi rumah dan di simpan dekat patung Dewa Wisnu atau Krisna. Untuk yang sering menonton sinema Jodha Akbar bisa melihat adegan ini ketika Ratu Jodha berdoa di pagi hari. Atau pada serial Radha Krisna yang menceritakan kisah cinta dan terbentuknya desa Vrindavan.

Di Indonesia kemangi ungu disebut dengan ruku-ruku, dalam kuliner minang ruku-ruku sering dipakai sebagai bumbu, begitupun pada kuliner Thailand. Khasiatnya bisa menurunkan darah tinggi

2. Ficus religiosa atau pohon Bodhi (agama Budha)


Pohon Bodhi: Pinterest

adalah sebuah spesies ara yang berasal dari subbenua India, barat daya Tiongkok dan Indochina. Spesies tersebut masuk dalam Moraceae, keluarga ara dan mulberi. Spesies tersebut juga dikenal sebagai pohon bodhi, pohon pippala, pohon peepal atau pohon ashwattha (di India dan Nepal).

Dalam sejarah munculnya agama Budha, pohon ini menjadi perantara Sidharta Gautama untuk menemukan pencerahan setelah bermeditasi, di tempat lain dia tidak menemukan pencerahan sedikitpun.

Sidharta yang merupakan putra mahkota melihat banyak ketimpangan dalam praktek agama Hindu yang dilakukan para golongan ksatria dan brahmana. Dia berkeliling ke berbagai tempat untuk melakukan meditasi, barulah sejak dia bermeditasi di bawah pohon ficus religiosa ini dia menemukan ilham yang terkenal dengan faham Budha.

Pohon ara suci ini berada di Bodh Gaya saat ini di Bihar, India. Pohon yang asli telah dihancurkan, dan telah diganti beberapa kali. Sebuah cabang dari pohon asli ditumbuhkan di Anuradhapura, Sri Lanka pada tahun 288 SM dan dikenal sebagai Jaya Sri Maha Bodhi; yang merupakan tumbuhan berbunga (angiospermae) tertua di dunia.

Varietas ara suci kini menyebar ke seluruh dunia, hingga ke Indonesia dan memiliki banyak manfaat. Seperti pada buahnya yang dapat melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan menyerap racun dalam tubuh. Sementara akarnya bisa menurunkan kadar asam urat, nyeri otot punggung. Dan bagi penderita bisul bisa menyembuhkan peradangan.

3. Pohon Cemara (Agama Kristen)


Pohon natal: Wikipedia

Quote:


Walaupun masih perdebatan dalam faham agama Kristen. Perayaan natal dengan menghias pohon cemara ini ternyata dimulai di Jerman oleh Martin Luther, kemudian menyebar di Amerika Serikat tepatnya di Pennsylvania yang dimulai oleh orang Jerman.

Pohon ini menjadi simbol kehidupan abadi pada awalnya umat Katolik menolak budaya menghias pohon cemara ini, tapi sekarang hampir semua orang Kristen merayakan natal dengan menghadirkan pohon Cemara penuh pernak pernik.

5. Kurma Ajwa atau kurma nabi (agama Islam)



Kurma ajwa: Wikipedia

Ragam varietas kurma di dunia memang banyak. Dari segi rasa dan bentuk yang memiliki ciri khas, kurma atau dates ini memiliki satu jenis kurma yang dikenal kaya akan manfaat. Pohon yang dikenal tumbuh di padang pasir ini kini bahkan bisa tumbuh dan berbuah di beberapa daerah di Indonesia.

Kurma ajwa adalah salah satu jenis kurma yang populer. Kurma yang tumbuh setelah ditanam oleh Nabi Muhammad di kota Madinah pasca hijrah dari kota Mekkah ini tumbuh begitu cepat dan menghasilkan buah yang sangat lezat. Diantara semua jenis, ajwa paling terkenal dengan rasanya yang manis tetapi tidak membuat sakit gigi.


Buah kurma ajwa muda: Detikcom

Madinah juga memiliki sebutan "Kota Kurma". Kurma Madinah termasuk kurma yang sangat disukai oleh orang-orang Arab dan kalangan Muslim dari berbagai penjuru dunia.

Allah memberikan keistimewaan pada buah kurma, dalam firman-Nya:

وَهُزي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيا

(Wa huzzī ilaiki bijiż'in-nakhlati tusāqiṭ 'alaiki ruṭaban janiyyā)
Artinya: "Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu." (QS. Maryam: 25).

Walaupun kurma ini tidak disembah, namun kesuciannya termaktub dalam hadis nabi. Dan anjuran memakannya termasuk sunnah yang apaabila dilakukan akan mendapat pahala.

"Barangsiapa yang memakan tujuh butir kurma yang tumbuh di antara bebatuan hitam (di Madinah) pada pagi-pagi, dia tidak akan celaka oleh racun sampai petang."(HR Muslim).

Kurma memang memiliki ragam manfaat. Untuk ibu menyusui rendaman air kurma atau air nabeez ini sangat bagus untuk melancarkan asi dan menambah stamina. Menurunkan kadar gula darah, sebagai sumber gula alami yang ramah pada tubuh. Kurma pun bermanfaat yang berpuasa jika dimakan saat berbuka, akan langsung menyetabilkan kadar kalori dalam tubuh sehingga tubuh yang lemas akan segera bugar. Selain itu kurma muda atau mengkal yang disebut ruthab berkhasiat untuk yang sedang melakukan program kehamilan.

Nah, itulah beberapa tanaman yang berhubungan dengan keagamaan. Jangan lupa tinggalkan komen dan cendolnya ya, Gansis.

Terima kasih sudah mampir, sampai jumpa di thread ane berikutnya 🥰.

Opini pribadi:
Referensi:
Wikipedia
Pohon Bodhi
tulsi

Gambar: Pinterest dan Wikipedia
Diubah oleh zatilmutie 08-11-2020 04:20
derinurhandi
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
38
7.4K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.