dipro01Avatar border
TS
dipro01
6 Hal Penting dalam Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media


Tahukah kamu bahwa aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan oleh orang-orang Amerika adalah menghabiskan waktu untuk email dan Google? 93% orang Amerika menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis mereka karena menetapkan strategi pemasaran melalui sosial media sangatlah penting. Sosial media adalah peluang emas untuk bisnis kamu. Jika kamu tidak membuat promo dan memasarkan barang kamu melalui sosial media, maka kamu sama halnya dengan orang yang hanya menyia-nyiakan kesempatan emas yang ada.

Sebagai generasi yang tumbuh di era canggih, sangat mudah dimengerti mengapa orang-orang sangat terobsesi dengan sosial media. Sosial media yang potensial untuk menumbuhkan bisnis anda tidak terbatas jumlahnya. Saat ini sosial media seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, Google+ adalah beberapa yang segala jenis perusahaan wajib gunakan untuk menjual produk anda.

Isi sosial media kamu dengan konten-konten yang menarik, pelayanan pelanggan yang berkualitas, dan visual yang memuaskan mata. Ketika kamu sukses mengoptimasi sosial media, kamu akan mengubah visitor menjadi customer.

Untuk kamu yang mungkin telah lama meninggalkan sosial media atau bahkan belum memiliki alat sosial media sendiri, maka inilah cara membuat dan mengontrol sosial media untuk selalu tampil mengesankan.

1.Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media #1: Buat Rencana dan Lakukan Secara Konsisten

Tetapkan batas tweet yang akan publish tiap hari. Jumlah tweet dapat diubah sesuai kebutuhan, namun memiliki batasan tweet walaupun hanya sebatas 4 tweet per hari akan memberikan anda sebuah tolak ukur dan setidaknya sebuah pencapaian.

Tips: lakukan investigasi mengenai seberapa sering para competitor bisnis melakukan update di sosial media yang mereka miliki. Anda tentu ingin aktif namun tidak berlebihan. Gunakan aplikasi untuk melakukan manajemen jadwal posting dan akses analisa performa seperti Hootsuite, Buffer, dan TweetDeck.

2.Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media #2: Perlakukan Tiap Sosial Media Sebagai Kesatuan Individu yang Terpisah

Setiap sosial media adalah satuan yang berbeda sehingga perlakuannya juga harus berbeda. Sebagai contoh, LinkedIn cenderung memiliki penonton yang fokus terhadap bisnis dan konten edukasi, sedangkan Instagram lebih memiliki penikmat konten visual. Perhatikan kriteria follower di setiap sosial media yang anda miliki, lalu lakukan publikasi konten yang sesuai dengan keingan mereka.

3.Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media #3: Lampaui Pelayan Pelanggan

Jka pengunjung memberikan post atau komentar di halaman Facebook namun tidak mendapatkan respon apapun dari anda, rasa percaya pun hilang. Lebih buruknya, miskin komunikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh kompetitor untuk menjawab pertanyaan para pelanggan dengan cara mereka sendiri sehingga pelanggan pun berpindah ke lain hati. Membalas berbagai pertanyaan dan memberi tanggapan adalah hal yang manusiawi. Feedback negatif yang diberikan pelanggan juga harus ditanggapi dengan sebaik mungkin. Pikirkan sosial media anda sebagai lahan untuk menunjukkan betapa mengaggumkannya pelayanan anda untuk pelanggan.

Berikut beberapa cara yang patut dilakukan untuk membuat pelanggan merasa bahagia di sosial media anda:

- Utus seseorang untuk selalu siap sedia memberi respon dan mengontrol kegiatan yang berlangung di seluruh sosial media anda.
- Ciptakan troubleshooting library untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang sering timbul. Berikan informasi mengenai email support atau nomor yang dapat dihubungi jika terdapat permasalahan yang membutuhkan investigasi lebih jauh.
- Jadi lah kreatif – berikan giveaway atau sekedar lelucon untuk membuat para pelangga tetap ‘betah’.
- Jangan abaikan setiap respon atau komentar di post sosial media anda!

4.Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media #4: Rangkul Kesalahan

Kita semua manusia, jadi masalah pasti tidak terhindarkan, terutama ketika berada di dunia sosial media. Jika anda melakukan update dengan Bahasa Inggris dan grammar anda salah, maka JANGAN HAPUS TWEET tersebut. Ingat bahwa tweet tersebut sudah terlanjur di publish dan para follower telah melihatnya. Para follower akan senantiasa menyadari bahwa kamu telah melakukan kesalahan. Namun, sikap untuk memperbaiki kesalahan tersebut lah yang terpenting. Perbaiki bukan dengan menghapus, melainkan dengan melakukan update di sosial media kamu dengan post minta maaf.

5.Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media #5: Lacak dan Bicara!

Lacak segala rincian di sosial media anda mengenai kenaikan jumlah follower, jumlah klik ke website perusahaan, jumlah pageviews, likes yang diberikan di tiap post, impresi, dan lain sebagainya. Lihat dan bandingkan hasilnya dengan pesaing anda, apakah sudah seimbang, tertinggal, atau bahkan lebih maju. Untuk analisa hal tersebut, gunakan Google Analytics dan Hootsuite. Bagikan hasilnya dalam rapat dan rancang strategi pemasaran yang berbeda ke depannya untuk mencapai hasil yang lebih baik.

6.Strategi Pemasaran Melalui Sosial Media #6: Tetap Aktif di Google+

Anda pasti heran mengapa untuk menambahkan angka penjualan harus aktif di Google+ yang fungsinya hampir sama seperti Facebook? jawabannya adalah, jika anda secara aktif melakukan posting di Google+ maka secara otomatis akan mendapatkan space iklan gratis ketika pelanggan mencari informasi tentang anda di Google. Sangat menguntungkan bukan?

Spoiler for Sumber:

0
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.