chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Pelaku Wisata Selam Labuan Bajo Ajak Traveler untuk Jaga Laut
·

Walau tamu banyak menurun di tengah pandemi, tapi pelaku wisata selam Labuan Bajo tak menyerah. Malah, mereka mengajak traveler untuk ikut jaga laut.

Adalah pelaku wisata selam yang tergabung dalam organisasi Gahawisri (Gabungan Usaha Wisata Bahari & Tirta Indonesia) di Labuan Bajo, yang melakukan gerakan kreatif tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Aprita Primayuda, co-owner Divers Paradise Komodo yang juga tergabung di Gahawisri.

Baca juga: Saat Orang Labuan Bajo Bingung dengan Istilah Jurassic Park

Di tengah pandemi, Aprita tidak menampik akan jumlah tamu selam yang berkurang drastis di Labuan Bajo.

"Agustus kemarin baru pulih dikit. Saat ini 20% anggota kami menunggu 2021 buat buka lagi. 80% sebagian besar buka lagi, tapi masih menunggu tamu," ungkap Aprita dalam webinar Sosialisasi Panduan CHSE Wisata Selam & Dive Tourism Market Updates siang tadi, Selasa (3/11/2020).

Hanya walau peminat dan tamu wisata selam di Labuan Bajo cukup sedikit saat ini, Aprita dan teman-teman dari Gahawisri tetap kreatif untuk membuat program edukatif lain bernama reef check atau pengecekan terumbu karang.

"Kondisi gak ada tamu kita gak diam saja. Kita melakukan pelatihan untuk reef check. Sudah dari 2019, tapi baru bisa terlaksana sekarang," ujar Aprita.

Lebih lanjut, reef check merupakan kegiatan pengawasan dan pendataan terumbu karang. Tak hanya eksklusif bagi para dive master, program itu juga bisa diikuti oleh wisatawan.

"Survei dan rekomendasi saat ini, pelatihan 2-3 hari bisa melakukan survei gak cuma di Bajo tapi juga wisatawan bawah air untuk melakukan survei, sehingga diving mereka bermanfaat bisa mengambil data," pungkas Aprita.

Baca juga: 7 Panduan Wisata Selam Saat Pandemi COVID-19

Dari sisi protokol kesehatan, Aprita dan teman-teman pelaku wisata selam di Labuan Bajo juga telah bersiap. Traveler pecinta wisata selam disebut tak perlu ragu untuk menyelam di Labuan Bajo.

"Semoga rekan-rekan tidak ragu berkunjung ke Labuan Bajo," tutup Aprit

https://travel.detik.com/travel-news...ntuk-jaga-laut

Kalo ada indikasi merusak alam...usirrr
nomorelies
Monyetkelabu
Surobledhek746
Surobledhek746 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
345
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.