Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

the.commandosAvatar border
TS
the.commandos
SuperApp JAKI Milik Pemprov DKI Menangkan Kompetisi IdenTIK 2020
Aplikasi serba guna JAKI (Jakarta Kini) milik Pemprov DKI berhasil memenangkan kompetisi Nasional Program Indonesia Entrepreneur TIK atau IdenTIK 2020, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

JAKI meraih juara pertama untuk kategori layanan publik (public sector) yang diumumkan pada 28 Oktober lalu. Hal ini seperti dikatakan Kepala BLUD Jakarta Smart City Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Yudhistira Nugraha.

Ada beberapa penilaian yang membuat aplikasi yang diluncurkan Pemprov DKI pada 27 September 2019 ini berhasil meraih juara pertama.

“Salah satu poin penting JAKI meraih juara pertama adalah karena ide super apps sebagai collaborative ecosystem, tempat kolaborasi semua sektor itu relevan buat negara-negara ASEAN,” jelas Yudhistira.

Dengan kemenangan ini juga sekaligus membawa JAKI menjadi sebagai perwakilan pemerintah Indonesia pada ajang ASEAN ICT Awards 2020 yang akan diselenggarakan di Malaysia.



“Kami bersiap diri untuk mengikuti Asean ICT Award 2020 di Malaysia, walaupun belum dapat dipastikan waktu penyelenggaraannya karena masih terjadi wabah COVID-19," katanya.

Tidak hanya itu, aplikasi JAKI kata Yudhis, memiliki sejumlah ide inovatif dan unik dalam menyediakan layanan yang telah disediakan Pemprov DKI, khususnya di masa pandemi saat ini.

Yudhis menjelaskan ada 4 hal yang menjadi perhatian khusus dibalik ide dan inovasi unik aplikasi JAKI.

1. Keunikan dan terobosan baru dalam memberikan layanan kepada publik based on platform. Tidak hanya menyediakan layanan yang telah disediakan, JAKI juga menyediakan layanan hasil kolaborasi.

2. Fungsi platform JAKI sebagai one-stop service.

3. Efektivitas layanan seperti pada fitur JakLapor di JAKI. Lewat fitur ini, warga bisa mengadakan berbagai bentuk aduan dan langsung dapat dimonitor laporannya.

4. Solusi yang dapat direplikasi. Pengembangan SuperApp seperti JAKI diharapkan dapat menjadi pendekatan yang dilakukan oleh kota-kota lain di Indonesia.

Kata Yudhis, poin-poin tersebut menjadi kriteria penting dalam hal inovasi. “Poin-poin di atas merupakan kriteria penting kalau kita bicara inovasi,” ucapnya.

IdenTIK 2020 sendiri melombakan enam kategori dalam kompetisi ini, yakni yakni Research & Development, Public Sector, Startup Company, Corporate Social Responsibility, dan Private Sector.

Manfaat aplikasi JAKI juga dirasakan Bachtiar salah satu pegawai Swasta di Jakarta. Menurut Bachtiar JAKI menjadi aplikasi yang memiliki beragam layanan.

“Selain bisa memanfaatkan fitur JakWifi, saya juga bisa memanfaatkan fitur Jejaki karena kan sekarang lagi musim pandemi, jadi bisa cek-cek info soal tes mandiri, contact tracing, sampai zonasi,” kata Bachtiar.

Aplikasi JAKI, lanjut Bachtiar juga bisa membantu dirinya dalam memantau banjir saat musim hujan. “Iya, sekarang kan sudah masuk musim hujan, kadang saya juga suka buka Aplikasi JAKI untuk memantau banjir,” ujarnya.

SuperApp seperti JAKI, memang menjadi salah satu prioritas Pemprov DKI dalam mengembangkan layanan secara digital yang memberikan beragam manfaat dan kemudahan bagi publik, terlebih salama pandemi virus Corona.

Tersedia seluruh layanan pemerintah, termasuk update harian terkait penanganan COVID-19, semua informasi, dan anda juga bisa melaporkan jika melihat siapa pun dari kami yang melakukan pelanggaran. Ambil foto dan laporkan ke kami lewat aplikasi ini. Ini membuat kami lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat," kata Anies dalam webinar internasional yang digelar MRT Jakarta, Sabtu (24/10).

Anies juga menjelaskan bahwa JAKI hadir sebagai bentuk hadirnya pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat Jakarta.

“Kami di pemerintahan harus responsif dan kami perlu alat untuk memastikan bahwa kami mendengarkan anda. Kami ingin mendengarkan, namun jika tidak ada channel yang bisa membuat masyarakat terhubung dengan kami, maka tidak mungkin kami bisa responsif meski kami ingin. Jadi dengan adanya aplikasi ini, peningkatan pelayanan masyarakat dapat dilakukan," jelasnya.

Aplikasi JAKI dapat diunduh melalui Google Play Store untuk perangkat Android atau Apple App Store bagi pemakai gawai berbasis iOS

https://www.viva.co.id/amp/berita/na...edium=all-page

Selamat warga DKI
nomorelies
eyefirst2
eyefirst2 dan nomorelies memberi reputasi
2
564
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.