Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
167
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fa3f0f2c0cad727e30b2211/ustad-penebar-permusuhan-bisakah-masuk-kelompok-si-tukang-adu-domba
Soal adu mengadu sejak dulu sudah ada. Tapi dulu hanya sedikit. Sekarang lebih banyak, lebih beragam. Apa saja bisa diadu. Bisa jadi hiburan, juga bisa sangat menguntungkan. Ambil contoh saja binatang. Dulu hanya ada beberapa binatang yang diadu. Diantaranya adalah domba dan ayam. Sekarang tambah lagi. Ikan diadu. Burung juga ikut diadu.
Lapor Hansip
05-11-2020 19:32

Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?

Past Hot Thread
icon-verified-thread


Soal adu mengadu sejak dulu sudah ada. Tapi dulu hanya sedikit. Sekarang lebih banyak, lebih beragam. Apa saja bisa diadu. Bisa jadi hiburan, juga bisa sangat menguntungkan.

Ambil contoh saja binatang. Dulu hanya ada beberapa binatang yang diadu. Diantaranya adalah domba dan ayam. Sekarang tambah lagi. Ikan diadu. Burung juga ikut diadu.

Begitu pula dengan manusia. Dulu adu manusia yang bersentuhan langsung dan bisa saling menyakiti hanyalah tinju.

Tidak puas dengan tinju karena tinju menggunakan sarung tangan dan aturan memukulnya juga dibatasi, munculah kemudian tarung bebas.
Quote:

Tidak puas karena yang diadu cuma laki-laki, maka munculah adu manusia berjenis kelamin wanita.

Tapi di antara sekian banyak jenis adu-mengadu yang paling terkenal adalah adu domba. Mungkin karena adu domba adalah jenis adu-mengadu yang dianggap sadis dan kejam.

Mungkin karena itu pula adu domba dijadikan sebagai makna kiasan bagi seseorang yang suka mengadu orang lain agar berantem, saling serang hingga berujung pada saling bunuh.

Dulu orang malu jika dikatain si Tukang Adu Domba. Orang akan tersingguh dan marah jika ada yang menuduhnya si Tukang Adu Domba.
Quote:

Dulu kalau ingin mengadu domba, si Tukang Adu Domba akan sembunyi-sembunyi. Dia akan membela dirinya dan akan mengelak mati-matian jika ketahuan.

Tapi sekarang sudah berbeda. Sekarang rasa malu itu seolah sudah tidak ada lagi. Kita bisa buktikan sendiri si Tukang Adu Domba sekarang sudah ada di mana-mana. Dia muncul, terang-terangan menghasut orang agar membeci dan memusuhi orang lain.

Anehnya lagi, di jaman yang katanya sudah modern ini, orang sangat mudah termakan hasutan-hasutan. Orang sangat mudah terprovokasi untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum.

Si Tukang Adu Domba bisa siapa saja. Bisa aktivis, bisa tokoh nasional, bisa juga tokoh agama. Sangat mudah mengetahuinya. Jika apa yang disampaikan menyulut kemarahan, maka bisa dimasukan dalam kelompok si Tukang Adu Domba. Tak terkecuali mereka yang menyandang gelar ustad.

Inilah yang kadang membuat gw heran. Ustad tugasnya membimbing umat agar selamat dunia akherat. Apa yang disampaikan harusnya yang baik-baik.

Bukan sebaliknya, menghujat orang lain. Menghasut agar pengikutnya ikut membenci orang yang tidak sepaham dengannya.
Quote:

Gw jadi teringat apa yang dikatakan orang bijak, " Jangan liat siapa yang bicara, tapi dengar apa yang dibicarakan."

Manusia punya otak yang bisa digunakan untuk berpikir, untuk memilah apa-apa yang dia dengar. Manusia tidak seperti binatang, yang jika diadu langsung seruduk tanpa pikir panjang. "Seruduk .... terjang ... dan .... mampus!






Sumber: Pengamatan dan opini pribadi


Diubah oleh kelayan00
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 34 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
06-11-2020 21:55
Kalo gak salah mreka juga manusia sama dengan kita

Maaf kalo ane salah
emoticon-Nyepi
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
06-11-2020 22:18
Penebar permusuhan mending gausah jd ustad
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
06-11-2020 23:39
Selalu hati2, jangan mudah di provokasi dan adu domba. :monggo
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 05:12
Kalau di daerah ane khususnya Alhamdulillah ulama tersohor nya kga ada yg bikin statement yg terindikasi memusuhi

Alhamdulillah guru2 nya sll mengajarkan memperbaiki diri sendiri dlu...
Mengenal rukun islam & iman yg sesuai dgn ajaran org2 terdahulunya....

Alhamdulillah gitu....

Cuman msh ada aje ulama yg bsa di bilang ilmu nya cmn semampai2 doang, nah ulama macam gini yg bikin statemen menyerang kdg2

Contoh ulama tersohor di t4 ane
Syeikh Muhammad Arsyad Al-Banjari (datu kelampayan)
Guru Sekumpul
Guru Zuhdianoor
Guru Bakhiet dll

Walaupun di antara mereka udah meninggal, tp Alhamdulillah ajaran beliau msh terjaga sampai skrg n insyaAllah tak ada kekurangan / kelebihan apapun....
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 05:54
Jd tukang adu domba itu enak gan.
Org lain yg jd bermusuhan,bertengkar,saling hujat sana sini karna termakan omongan si tukang adu domba itu sampe mungkin bisa terjadi peperangan.
Org yg ngadu domba itu gimana??
Ya dia enak bisa nonton sambil ngudud.emoticon-Ngakak

Org2 macem gitu emang udh ada sejak zaman dulu.
Sebenernya tinggal kitanya aja yg pinter2 menyerap informasi dan mengendalikan diri.
Semoga bangsa kita ini tidak mudah utk diadu domba deh,walalupun faktanya begitu.
Tp ane selalu mendo'akan yg terbaik untuk negara dan bangsa indonesia.
emoticon-Nyepi
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 07:15
Faktanya setelah dewasa kita baru sadar kalau dipengajian/sekolah agama dari dulu diajarkan untuk intoleran.
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 08:23
Bukan rahasia umum lagi..barangkali bukan soal terpuji ato gak tapi lebih ke soal siapa yang terkam dia yg menang..alat bukti kekuasaan dari jaman baheula....


emoticon-Traveller
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 11:25
Itu cm oknum
emoticon-Perancis
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 13:41
yang kudu pinter kitanya, jangan mau kemakan omongan kompor orang lain
0 0
0
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 21:23
yuk diisi demi kemajuan sektor pariwisata Indonesia
http://bit.ly/KuisionerVirtualTour
0 0
0
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 21:25
memang siapa?
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
07-11-2020 22:20
Yg pnting yg dengerin ga mudah terprovokasi
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
08-11-2020 10:37
Naise info gans, mantap
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
08-11-2020 11:53
mana adu dombanya emoticon-Bingung
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
12-11-2020 16:40
Wah ya harusnya bagusnya ustadz pilih yg ga adu domba, kalau adu domba, tinggalkan
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
12-11-2020 21:22
ekwkwkwkw baca reply reply disini lucu lucu ugaaaa. yahhhh begitulah endonesa
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ustad Penebar Permusuhan, Bisakah Masuk Kelompok Si Tukang Adu Domba?
20-11-2020 21:20
yang teriak lonta lonte itu ya
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia