• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • 7 Perawatan Tepat Untuk Si Pemilik Kulit Berjerawat

dijelas.inAvatar border
TS
dijelas.in
7 Perawatan Tepat Untuk Si Pemilik Kulit Berjerawat
Masa-masa pubertas bisa jadi masalah buat sebagian orang, karena pada masa pubertas seseorang bisa mengalami kondisi jerawat yang parah. Bagi si pemilik kulit berjerawat hal itu juga menjadi PR besar yang menghabiskan waktu dan anggaran karena jerawat yang membandel. Untuk itu, perawatan yang dilakukan pun tak boleh sembarangan, pemilihan skin care juga sangat penting untuk pemilik kulit berjerawat.

Selain pubertas yang membuat hormonmu tidak stabil, kulit berjerawat juga bisa terjadi karena faktor riwayat keluarga yang juga memiliki masalah jerawat, atau bahkan jerawat menjadi tanda kamu menderita penyakit tertentu. Ada pula pola hidupmu yang tidak terlalu memperhatikan kesehatan kulit, misalnya saja sembarangan makan, tidur yang tidak teratur, produk kebersihan wajah yang tidak terjaga hingga penggunaan make up yang tida cocok. Agar kamu paham tentang penyebab dari kulit berjerawatmu, kamu bisa mengonsultasikannya kepada ahli, misalnya saja dokter spesialis kulit dan kelamin. Lalu Apa sajakah perawatan yang tepat bagi kulit berjerawat? Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!!!



1.Jaga Kebersihan dari Kulit Berjerawat
Bagi wajah normal mungkin sangat mudah untuk melakukan perawatan atau menjaga kebersihannya. Namun bagi kulit berjerawat yang cenderung berminyak hal ini diperlukan perhatian yang ekstra, kamu harus mencuci wajah secara rutin dengan sabun pencuci muka yang memiliki bahan dasar BHA dengan kandungan asam salisilat minimal dua sampai tiga kali dalam sehari. Kadar BHA dalam produk pembersih pun tidak boleh lebih dari 2 persen.

Beda lagi dengan si kulit berjerawat yang cenderung ke kondisi kering, kamu bisa memilih produk pembersih dengan kandungan PHA yang merupakan senyawa turunan dari AHA dan memiliki tektur ringan dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit. Kadar kandunga PHA dalam produk pun tidak boleh lebih dari empat persen, ketika kamu menggunakan full make up maka pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu denga cleanser sebelum mencuci muka.

2. Buat Si Pemilik Wajah Berjerawat Wajib Gunakan Toner
Tidak cukup hanya dengan mencuci muka saja, perawatan kulit perlu kamu lanjutkan dengan menggunakan toner untuk wajah berjerawat, yang akan memaksimalkan perawatan dan membersihkan sisa kotoran yang masih ada di wajah. Pilih toner dengan kandungan AHA untuk kulit berjerawat yang cenderung berminyak, dan PHA untuk kulit berjerawat yang cenderung kering.

3. Gunakan Produk Berbahan Gel Untuk Kulit Berjerawat
Masalahmu menjadi dua kali lipat karena kulit berjerawat dan berminyak? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan perawatan dengan menggunakan produk-produk berbahan gel seperti tekstur losion yang ringan. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir rangsangan kelenjar minyak sehingga lebih pasif dan tidak menimbulkan lebih banyak jerawat, terlebih kulit berminyak akan lebih sensitif ketika menggunakan produk-produk yang kurang tepat, jangan lupa juga untuk konsultasikan ke doktermu ya!!

4. Untuk Si Pemilik Kulit Berjerawat Hati-Hati Memilih Produk Wajah
Seperti informasi di atas, bahwa kulit berjerawat harus berhati-hati dalam memilih skin care, orang-orang dengan kondisi berjerawat pun harus lebih selektif dalam memilih produk wajah terlebih make up yang akan digunakan dalam waktu seharian ketika berkegiatan di luar. Hindari produk-produk yang bisa dengan mudah mengiritasi kulit, dan juga jangan gunakan produk yang bisa memicu timbulnya komedo atau bersifat komedogenik.

Saat kulit berjerawat melanda, kamu juga harus menghindari produk seperti tabir surya atau sunblock yang memiliki bahan PABA, dioxybenzone atau homosolate dan avobenzon. Jika sudah terlanjur maka jangan terlalu lama memakainya, maksimal dalam kurun waktu 3 jam saja.

5. Kulit Berjerawat Bisa Mencoba Bahan Alami

Bahan alami yang tidak mengandung zat kimia memang sangatlah bagus, terutama untuk wajah berjerawat, tapi tetap pada dasarnya kamu harus memperhatikan juga. Jangan sampai gunakan produk yang mudah mengiritasi seperti bahan alami madu, cuka apel, perasan lemon, tea tree oil yang tidak terbukti secara kedokteran untuk menyembuhkan jerawat. Coba untuk konsultasikan kondisi kulit berjerawat kepada dokter ahli yang kamu percayai.

6. Kulit Berjerawat Dilarang Begadang
Bukan hanya perawatan menggunakan skin care untuk merawat kulit berjerawat, tapi kamu juga perlu memperhatikan pola hidupmu. Misalnya saja pola tidur yang terkadang terganggu karena aktivitas atau masalah insomnia. Saat jadwal istirahatmu mulai berantakan dan sering begadang, hal itu bisa merangsang produksi hormon kortisolmu, yaitu hormon stres yang bisa menmbuat kondisi jerawatmu semakin parah dan terangsang untuk membentuk jerawat lebih banyak. Pastikan tidurmu judul dengan jadwal yang teratur dengan waktu 7 jam.

7. Saat Kulit Berjerawat Hindari Makanan Dengan Indeks Glikemik yang Tinggi
Apa itu indeks glikemik? Yaitu nilai yang digunakan untuk menggambarkan seberapa cepat makanan yang kamu makan mempengaruhi kadar gula dalam darah. Jika nilainya semakin besar maka semakin cepat pula terjadi kenaikan gula dalam darah yang bisa memicu rangsangan peradangan pada kulit. Pastikan indeks glikemik makananmu tidak lebih dari 70 agar kulit berjerawat tidak semakin parah. Makanan yang perlu kamu waspadai berindeks glikemik tinggi diantaranya adalah nasi putih, mie instan dan makanan yang memiliki rasa manis.

Itu tadi 7 langkah perawatan yang tepat bagi kamu si pemilik Kulit Berjerawat yang kadang insecure pada kondisi wajah yang tidak mulus. Perhatikan semua hal yang berkaitan dengan produk perawatan dan kecantikanmu, tidak ada salahnya juga untuk meminta bantuan yang ahli untuk menangani kulit berjerawat yang kamu alami.
cheria021
kudanil.la
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
984
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
BeautyKASKUS Official
5.3KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.