Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ZenMan1Avatar border
TS
ZenMan1
Biang Kerok RI Masuk Resesi: Lemahnya Daya Beli


Jakarta, CNBC Indonesia - Konsumsi rumah tangga masih loyo pada kuartal III-2020. Ini yang membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap di zona negatif.
Pada Kamis (5/11/2020), Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan output ekonomi Indonesia yang diukur dari Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami kontraksi atau pertumbuhan negatif 3,49% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Indonesia membukukan kontraksi PDB dalam dua kuartal beruntun, sehingga sah masuk jurang resesi.

Penyebab utama kontraksi ekonomi adalah kelesuan konsumsi rumah tangga, yang menyumbang 57% dalam pembentukan PDB. Pada kuartal III-2020, konsumsi rumah tangga tumbuh negatif 4,04%.

"Berdasarkan sumber pertumbuhan, maka konsumsi rumah tangga pada triwulan III adalah sumber kontraksi terdalam. Ini disadari karena bobot konsumsi rumah tangga sekitar 57% dan dia terkontraksi 4%," jelas Suhariyanto, Kepala BPS.
Sejumlah indikator yang menandakan kelesuan konsumsi adalah pertumbuhan penjualan eceran yang terkontraksi 9,64%. Kemudian impor barang konsumsi terkontraksi 9,12%.
Sementara kontributor kedua terbesar dalam pembentukan PDB yaitu investasi atau Penanaman Modal Tetap Bruto (PMTB) terkontraksi 6,48%. Meski masih negatif, tetapi membaik ketimbang kuartal II-2020 yang -8,61%.
Kemudian ekspor mengalami pertumbuhan negatif 10,82%. Ekspor barang tumbuh negatif 5,58% sedangkan ekspor jasa anjlok 51,57% karena penurunan jumlah wisatawan.
Sementara impor, yang merupakan faktor pengurang dalam PDB, tumbuh negatif 21,86%. Impor barang turun 18,95% dan impor jasa ambles 40,16%.
Satu-satunya kontributor PDB dari sisi pengeluaran yang tumbuh positif adalah konsumsi pemerintah, yang naik 9,76%. "Pertumbuhan ini terjadi karena kenaikan realisasi bansos serta belanja barang dan jasa," sebut Kecuk, sapaan akrab Suhariyanto.


sumur

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...hnya-daya-beli

jurang resesi emoticon-Takutemoticon-Takut
scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
1.2K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.