muyasyAvatar border
TS
muyasy
(COC Reg Kaltim) 6 Keunikan Tumbuhan Endemik Hutan Hujan Tropis Di Kaltim


Assalamu'alaikum Gansis


Mendengar tentang keindahan alam di Kalimantan Timur, rasanya kita tidak mau pulang ke tempat asal. Kok bisa? Bisa saja, karena suguhan alam yang sangat paripurna membuat kalangan wisata yang sengaja datang ke Kalimantan Timur merasa enggan untuk pulang.

Seperti halnya hutan hujan tropis di Kalimantan Timur. Berbagai macam flora yang hanya ada di sana. Dikarenakan memang memiliki kelembapan dan hampir setiap hari hujan, menjadikan hutan hujan tropis di Kalimantan Timur tetap terjaga.

Banyak yang menjaga ekosistem pada hutan agar tidak dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kita pun harus menjaga bukan hanya hutannya saja, tetapi makhluk hidup yang terdapat di hutan hujan tropis tersebut. Seperti hewan-hewan yang hampir punah, tumbuhan endemiknya, berbagai macam kayu yang tumbuh tinggi dan lain sebagainya.

Apa jadinya jika hutan hujan tropis tidak dijaga? Apalagi masa sekarang sangat banyak polusi yang dihasilkan berbagai kendaraan yang dapat membuat oksigen di udara menjadi menipis. Jangan sampai ada kerusakan ataupun kepunahan.

Kalimantan merupakan pusat ekosistem hutan hujan tropis Asia Tenggara yang merupakan paru-paru dunia. Dikarenakan hutan yang selalu hijau dan selalu berfotosintesis. Dan juga banyak oksigen yang dihasilkan sepanjang tahun untuk dunia.

Flora di hutan hujan tropis terbilang unik, makanya disebut spesies endemik.

Dan, inilah 6 macam tumbuhan endemik di hutan hujan tropis :


1. Anggrek Hitam



Anggrek hitam ini hanya tumbuh di Kalimantan Timur. Ditemukan di hutan hujan tropis daerah Kalimantan Timur dan daerah rawa dekat sungai.

2. Ulin



Nama ulin bisa jika disebut dengan bulian. Pohon kayu khas Kalimantan Timur. Kayu ulin sebagai bahan utama untuk membangun rumah. Jika terkena air, ulin tidak lapuk malah semakin keras seperti besi.

3. Pasak Bumi



Pada umumnya pasak bumi dijadikan jamu kuat penambah stamina atau obat vitalitas pria.

4. Kapul



Bisa disebut juga dengan Tampoi. Buah eksotik dengan rasa asam segar. Buah dan rasanya mirip dengan buah manggis. Sedangkan, warna daging buahnya berwarna kuning dan putih.

5. Keledang



Buah yang mirip dengan cempedak dan nangka. Namun, bentuk buah keledang sangat kecil. Sebesar genggaman tangan saja. Manfaatnya sebagai sumber bahan untuk obat-obatan. Di dalam keledang terdapat zat penghambat tumbuhnya sel kanker.

6. Tengkawang Tungkul



Selain ulin, jenis kayu ini cukup terkenal di pasar mebel di Indonesia. Namun, jumlahnya semakin menurun karena sering dimanfaatkan untuk dijadikan perabotan atau kontruksi bangunan.

emoticon-I Love Indonesia


Itulah beragam tumbuhan unik yang bisa disebut dengan endemik. Hanya ada di hutan hujan tropis di Kalimantan Timur. Kemungkinan besar iklim yang sangat membantu menyempurnakan kembang biak tanaman ataupun pepohonan di hutan hujan tropis, menjadikan beragam tumbuhan hidup di sana.

Lestarikan flora maupun fauna di Kalimantan Timur. Karena, di pulau tersebut banyak keunikan yang kita jumpai.





Gresik, 5 November 2020
Sumber narasi : oppri
Sumber gambar : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7


Monyetkelabu
Richy211
NovellaHikmiHas
NovellaHikmiHas dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kalimantan Timur
Kalimantan TimurKASKUS Official
983Thread480Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.