Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muyasyAvatar border
TS
muyasy
Berbuah Tanpa Berbunga, Kok Bisa! Buah Apa, Ya?
Berbuah Tanpa Berbunga, Kok Bisa! Buah Apa, Ya?

Assalamu'alaikum Gansis.


Musim buah nggak ada habisnya. Semua dilihat karena pergantian musim. Zaman sekarang banyak banget metode-metode untuk mempercepat tanaman agar cepat berbuah. Obat-obatan khusus ataupun pupuk alami dari bahan dapur pun bisa digunakan.

Sebelum berbuah, pasti berbunga dahulu kan. Namun, belum tentu bakal bunga akan jadi bakal buah. Bunga rontok dan nggak bisa berbuah lagi. Adapun dari cara menanam yang nggak tepat, nutrisi tanah kurang dan lain sebagainya.

Lalu, apakah ada buah yang kemunculannya tanpa bunga?

Pasti Gansis menjawab semua buah selalu diawali dengan berbunga dulu dong. Namun, ada nih tanaman yang nggak berbunga tapi langsung berbuah.

Apa tuh?

Tanaman itu adalah Tin. Tanaman tin yang banyak jenisnya di dunia ini, bisa berbuah tanpa berbunga dahulu. Buah Ara atau tin ini biasa disebut juga dengan buah surga.

Quote:


Dikarenakan, manfaat yang sangat banyak pada daun dan buahnya. Ternyata, mau berbuah juga kelihatan keunikannya. Tanpa bunga.

Eitss ... tapi ada yang bilang kalau buah tin itu sebenarnya bunga. Yang benar mana nih?

Bunga tin nggak kelihatan karena berada di dasar bunganya, maka tanaman tersebut akan terlihat hanya berbuah saja. Dasar bunga tersebut membentuk bulatan kecil.

Berbuah Tanpa Berbunga, Kok Bisa! Buah Apa, Ya?

Buah tin yang dimakan sebenarnya bukan buah, melainkan buah semu. Bisa dibilang kumpulan bunga yang dibungkus secara tertutup hingga menyerupai buah. Jadi, dari bunga itulah nantinya jadi buah. Ternyata, buah tin sangat unik ya.

Baca juga : Apa Itu Buah Tin? Jenis Buah Tin Nomer 9 Yang Bikin Takjub

Rasanya manis, legit dan hampir menyerupai madu jika buah tin terlalu matang. Kalau dimakan ada sensasi krenyes-krenyes karena ada biji-biji kecil di dalamnya yang bisa dimakan. Namun, buah tin ini tidak bisa bertahan lama. Maka, setelah mengambilnya harus langsung dimakan. Kalau nggak, nanti buah tin akan lembek dan mengeluarkan cairan lengket seperti sari buahnya. Rasanya pun seperti semanis madu. Jika diletakkan dalam kulkas, bisa awet 1-2 hari, melihat dari kematangan buah tin tersebut.

Berbuah Tanpa Berbunga, Kok Bisa! Buah Apa, Ya?Manisan buah tin

Berbuah Tanpa Berbunga, Kok Bisa! Buah Apa, Ya?Buah tin kering

Di berbagai daerah atau negara lain, buah tin nggak hanya dikonsumsi langsung, tetapi bisa dijadikan manisan, selai, dikeringkan lalu dijual ataupun dibuat obat-obatan herbal. Dikarenakan manfaatnya yang sangat banyak yakni bisa mengatasi berbagai penyakit seperti sakit ginjal, sariawan, osteoporosis, diabetes dan lain sebagainya. Tak ayal, jika harga buah tin sangat mahal.

Quote:


Tin ini nggak sulit untuk ditanam. Sangat cocok juga pada iklim tropis. Jika ditanam pada iklim subtropis, perawatannya juga harus lebih maksimal ya Gansis. Sayang kalau tanaman tinnya mati.

Berbuah Tanpa Berbunga, Kok Bisa! Buah Apa, Ya?

Cara penanamannya juga gampang. Sistem cangkok sangat membantu budidaya tin cepat berkembang biak. Ada juga mencoba stek batang dengan jenis tin lainnya.

Nggak susah nyari tanamannya Gansis. Coba dari sekarang galakkan menanam tin di halaman atau dalam pot juga bisa kok.

emoticon-I Love Kaskusemoticon-Rate 5 Staremoticon-I Love Kaskus




Gresik, 4 November 2020
Sumber narasi : oppri
Sumber foto : Google & Chandra Thp
Diubah oleh muyasy 05-11-2020 07:28
trifatoyah
dhinyzfrn
tien212700
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6.3K
71
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.