Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unityyAvatar border
TS
unityy
Tanggul Jebol di Kebumen Ternyata Karena Dilubangi Warga


BETANEWS.ID, KEBUMEN – Beberapa titik tanggul di Kecamatan Puring, Kebumen, jebol. Baru-baru ini ada temuan, jebolnya tanggul ditengarai karena dilubangi warga. Akibat jebolnya tanggul, ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat lain.
Hal tersebut terungkap saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke lokasi jebolnya tanggul, di Kebumen, Selasa (3/11/2020). Ganjar mengunjungi Desa Madurejo, Kecamatan Puring, dan mendapat laporan dari kepala desa setempat, bahwa jebolnya tanggul disebabkan warga nekat melubangu tanggul.
“Warga melubangi tanggul untuk mendapatkan air guna mengairi sawah mereka. Untuk itu kami minta bantuan pompa air pak, yang bisa menyebot air dari sungai ke sawah milik warga,” kata Kepala Desa Madurejo Ajar Dwiyono kepada Ganjar.

Ganjar mengaku terkejut adanya laporan tersebut. Gubernur dua periode tersebut meminta Kades dan aparat setempat memberikan pemahaman kepada warga pentingnya menjaga tanggul agar tidak jebol. Warga diminta untuk tidak lagi melubangi tanggul.










“Tadi ada temuan yang disampaikan pak Lurah. Kenapa tanggulnya jebol, karena di bawahnya dibolongi (dilubangi). Kenapa dilubangi, karena butuh air untuk pertanian. Maka saya minta ini tidak boleh terjadi lagi. Ayo warga semuanya tolong dijaga tanggulnya,” kata Ganjar.

Alasan warga yang nekat melubangi tanggul karena membutuhkan pengairan sawah, Gubernur berambut putih tersebut meminta ada solusi lain. Kades sudah mengusulkan agar pemerintah memberikan bantuan pompa air berkapasitas besar, dan menurutnya itu solusi bagus.
“Tadi pak Lurah mengusulkan pompa, maka pak Bupati Kebumen tolong dibantu. Kalau tidak bisa, nanti kami juga ikut bantu, Kementerian Pertanian, CSR pasti bisa bantu. Tapi ini tolong menjadi perhatian, karena kalau itu dijaga, maka semuanya bisa aman,” tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir dan longsor akibat tanggul sungai yang jebol di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menyebabkan puluhan desa terendam. Akibatnya, ratusan warga terpaksa mengungsi.
Untuk membantu warga terdampak banjir ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah turun tangan ikut serta dalam penanganan musibah tersebut. Bantuan dan penanganan telah dilakukan ke titik bencana.

Sumber : Tanggul Jebol di Kebumen Ternyata Karena Dilubangi Warga






nowbitool
indrastrid
koi7
koi7 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.