Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • N219 Nurtanio | Yuk Lihat Siapa Aja Yang Cocok Membeli Pesawat Ini!

pacific.frontAvatar border
TS
pacific.front
N219 Nurtanio | Yuk Lihat Siapa Aja Yang Cocok Membeli Pesawat Ini!
Halo! Kembali lagi di Pacific Front! Channel YouTube yang membahas topik-topik dan peralatan militer, terutama untuk kebutuhan TNI.

Sambil menunggu N219 Nurtanio masuk produksi, ga ada salahnya kalau kita ngebahas siapa aja sih yang cocok untuk membeli pesawat ini. Siapa tau agan juga mau beli.

General Characteristic
N219 Nurtanio adalah pesawat serbaguna generasi terbaru yang didesain untuk dapat mengangkut 19 penumpang. Ditenagai dua mesin yang efisien, avionik terbaru, dan pintu kargo yang besar untuk memudahkan penggantian konfigurasi pesawat.
Didesain agar dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi operator dari segi teknis dan ekonomis. Selain konfigurasi sipil, N219 Nurtanio dapat digunakan sebagai angkut pasukan, evakuasi medis, angkutan barang, intai, dan SAR.

Prototipe pertama dengan nomor registrasi PK-XDT terbang pada tanggal 16 Agustus 2017 dan prototipe kedua dengan nomor registrasi PK-XDP terbang pada tanggal 21 Desember 2018. Dan sampai saat tulisan ini dibuat N219 sudah mencapai total lebih dari 234 jam flight test, sebelum bisa disertifikasi di 300 jam terbang.

Pesawat ini dapat terbang dan mendarat di landasan yang tanah, memiliki kemampuan Short Take-Off and Landing, dengan jarak antara 435 - 509 meter.

N219 Nurtanio memiliki panjang 16.49m, rentang sayap 19.5m, dan tinggi 6.18m. Dengan kapasitas angkut maksimum seberat 2313 kg. Memiliki jarak jelajah maksimal sejauh 828 nm (1533 km) atau 480 nm (888 km) dengan 19 penumpang. Kecepatan maksimalnya 390 km/h dan ketinggian maksimal 10000 ft (3048 m).

Lalu siapa saja kira-kira pembeli potensialnya?

Angkutan Sipil
Seperti namanya, konfigurasi ini cocok untuk keperluan sipil dan komersial seperti maskapai komersial, pesawat pemerintahan, maskapai carter dan swasta. Ukurannya yang kecil dan kemampuan tinggal landas di landasan tanah sangat cocok digunakan untuk angkutan antar pulau dan daerah terpencil.

Angkut Pasukan
Kemampuannya mirip dengan angkutan sipil. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai pesawat latihan terjun dan keperluan militer lainnya.

Kargo / Logistik
Cocok untuk angkutan barang dan kebutuhan lainnya dari dan ke daerah terpencil atau pulau terluar. Selain itu dapat digunakan sebagai angkutan produk-produk segar seperti ikan, lobster, dan sayuran dari daerah langsung ke kota besar. Cocok untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pos Indonesia, Perusahaan kargo, dll.

Evakuasi Medis / Ambulans Udara
Seperti kita ketahui bersama, fasilitas kesehatan di Indonesia belum bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, apalagi di daerah terpencil. Sebelum fasilitas kesehatan di daerah dapat terpenuhi dan memadai, N219 versi ambulans dapat mengambil peran sebagai alat transportasi medis dari daerah-daerah terpencil tersebut ke kota terdekat yang memiliki fasilitas kesehatan yang lebih baik. Cocok untuk Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit, BASARNAS, dan BNPB. 

Misi SAR
Memiliki wilayah yang luas, serta tantangan geografis tersendiri, mungkin sulit untuk Indonesia memiliki platform SAR yang mahal untuk mencakup seluruh wilayahnya. N219 SAR bisa menjadi alternatif platform tersebut. Juga cocok digunakan oleh BASARNAS dan BNPB.

Intai dan Patroli
Sangat cocok digunakan oleh Bakamla, Bea Cukai, Imigrasi, TNI-AL, dll. N219 memiliki biaya operasional yang rendah sehingga sangat cocok untuk patroli ZEE dan batas negara. Apalagi kalau versi ini dapat ditambahkan cantelan misil atau torpedo ringan, akan menjadi lebih berbahaya.

Penutup
Sebagai penutup, saya pribadi sangat menantikan pesawat ini tidak hanya beroperasional, tetapi juga sukses secara penjualan. Semoga setidaknya pemerintah pusat dan provinsi berkomitmen untuk membeli beberapa unit pesawat ini agar bisa dimanfaatkan untuk masyarakat luas.

Penghargaan sebesar-besarnya untuk pihak-pihak di balik pesawat ini. Akhirnya ada lagi pesawat nasional yang menjadi kenyataan. Terima Kasih banyak!

Jadi, gimana gan? Agan tertarik juga untuk membeli pesawat ini?
Kira-kira siapa lagi menurut agan yang cocok membeli pesawat ini?
Tulis di kolom komentar yaa!

Dan jangan lupa cendolnya gan!


Lihat video:




Thread lainnya bisa dilihat di sini
Diubah oleh pacific.front 04-11-2020 07:56
0
1.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.