Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lipexgembulAvatar border
TS
lipexgembul
Pengalaman Mistis Ku Menjadi Penjaga Wanet
Ngga ada yang nyangka. Setelah 3 bulan ngga dapet kerja, kerjaan seperti ini yang aku dapatkan. Kukira hanya menjaga warnet, suatu kerjaan yang santai dan cukup familiar buat aku.

Ok, ok... sedikit cerita. Beberapa bulan ini aku memang nganggur. setiap lamaran kerja, pasti ditolak. Atau bahkan sama sekali tidak ada kabar dari HRD. Semua ini berkat pandemi yang tak kunjung selesai. Dan siang ini, masa penagguranku akhirnya selesai.

Pagi hari setelah aku melakukan aktivitas pagi ku, aku memutuskan untuk scrolling fb. Tanpa mengharapkan apapun, dengan rasa bosan dan jenuh aku menjelajahi isi Timeline facebook ku yang hanya berisi meme yang kadang membuatku tertawa.

"Semua sama saja... " pikirku.

Sampai aku melihat ada iklan lowongan pekerjaan yang tiba-tiba ku temukan.

"DICARI! PENJAGA SEKALIGUS OPERATOR WARNET" begitu tulisannya dengan link dibawahnya.

Iseng-iseng dan sedikit berharap, aku klik link tersebut dan membawaku ke website yang bisa dibilang cukup "menarik". Ya, cukup menarik. Website blogpost yang sangat simple, bahkan anak SMP pun bisa membuatnya. Blogpost yang hanya berisi syarat kriteria calon pegawai dan beberapa foto orang-orang berjejeran di depan gedung untuk warnet yang BARU pertama kali kudengar namanya setelah 22 tahun hidup di kotaku ini.

Walau sedikit skeptis, aku, seorang yang sudah cukup lama menganggur, memutuskan untuk mengontak nomor yang ada di web blogspot berikut.

"Ya selamat pagi, ada yang bisa dibantu?" kata seorang dibalik telefon sana.

"Selamat pagi, saya Oka, saya melihat lowongan kerja untuk warnet XXX. Apakah masih tersedia?" tanyaku dengan nada se-formal mungkin.

"Oh, eehh.. masih mas Oka. Jika berminat malam ini bisa langsung mulai. Sebulannya gaji yang mas dapat 2,1 juta."

Mataku melotot mendengar gaji yang cukup tinggi untuk pekerjaan yang cukup mudah. Dengan cepat dan sigap, aku langsung menjawab ya.

"Baik, mas Oka. Anda diterima. Selamat datang dikeluarga warnet XX. Saya harap jam 7 malam nanti bisa langsung datang ke tempat. Nanti akan ada operator shift sebelumnya yang akan membantu anda. Terima kasih." dan dengan begitu beliau langsung menutup telfonnya.

Tanpa pikir panjang, ku melonjak kegirangan. Walau ada rasa aneh yang mengganjal karna minimnya info soal pekerjaan itu, aku tak perduli. Yang ada hanyalah rasa senang dan semangat untuk bisa berkerja lagi. "Mungkin mereka benar-benar butuh operator secepatnya" pikirku untuk menepis pikiran-pikiran skeptis tersebut.

Malamnya, pukul setengah 7, aku sudah berada di alamat yang tersedia. Setelah ku parkir kendaraan, ku melihat sekeliling. Gedung yang cukup lebar, dengan lahan parkir yang cukup luas.

"Mas Oka??" panggil seorang mas-mas.

Kepalaku menoleh ke arah suara tersebut sambil menjawab panggilannya. Aku melihat seorang yang kira-kira umurnya tidak jauh dariku. Wajahnya tersenyum ramah, tetapi entah kenapa aku melihat sedikit rasa cemas di rautnya.

"Saya Dimas, operator shift siang." katanya sambil menyodorkan tangannya untuk berjabat.

"Oh, iya mas. Saya operator baru disini. Oka" jawabku tegas sambil berjabat tangan dengan dia.

"Siap mas, ayo saya tunjukan kerjanya."

Pekerjaannya cukup simple, tidak jauh beda dari operator warnet mana saja. Dan penjelasan si Dimas sangat mudah dimengerti.
Tak terasa sudah jam 8. Jam yang menandai shift ku dimulai.
"Goodluck bro! Semangat ya, jam-jam segini mulai sepi." kata Dimas sambil berjalan ke arah kendaraannya.

Aku mengangkat satu alis ku, kebingungan. "Cuman jaga warnet doang, ngapain sampai 'Good luck' segala?" pikirku. Tetapi sebelum aku mengatakan sesuatu, Dimas sudah diatas kendaraanya, lengkap sudah memakai helm sambil melambaikan tangannya kepadaku. Dan secepat itu juga, dia menge-gas motornya seolah-olah ingin segera meninggalkan tempat itu.

Tak perduli, pandanganku kembali ke layar PC di depanku.
Sedikit iseng, aku melihat spec komputer di PC ini. Namun, mataku tertuju ke file Notepad di desktop yang bertuliskan "BACA! PENTING!"

Setelah ku buka, berikut isinya:

"Teruntuk operator shift malam. Berikut aturan-aturan yang sangat PENTING untuk diikuti!

1. Walau sudah cukup jelas, kami mengharapkan anda untuk tidak tertidur saat bekerja.

2. Anda boleh menyeduh minuman yang tersedia di dalam laci snack. Kompor dan peralatan lainnya ada di ruangan samping.

3. Bersamaan dengan peraturan no. 2. Jangan meninggalkan meja operator selama lebih dari 13 menit. Entah anda sedang menyeduh minuman atau bahkan ke kamar kecil. Jangan meninggalkan meja operator selama lebih dari 13 menit!!

4. Jika anda melihat PC nomor 29 menyala di layar PC operator, segeralah atur billing nya selama 47 menit sesegera mungkin. Ini cukup penting. Jangan sampai anda tidak melakukannya, karna kami tidak akan bertanggung jawab dengan apa yang akan terjadi.

5. Jika listrik padam secara tiba-tiba. Segeralah menyalakan lilin yang ada di dalam laci meja operator taruh di atas laci snack. Segeralah anda pergi ke saklar untuk mengecek.

6. Jika listrik memang padam, kembali lah ke meja operator hingga listrik kembali menyala. Pastikan lilin terus menyala APAPUN yang terjadi.

7. Jika anda melihat saklar listrik gedung mati, segeralah hidupkan kembali dan kembali lah ke meja Operator. Ingatlah terus Aturan no. 3!!

8. Tepat pukul 01.02, akan ada seorang wanita ingin menyewa komputer. Jangan sekalipun melihat wajahnya, dan gunakan Peripheral Vision anda untuk melihat warna baju yang ia kenakan. Jika ia memakai baju merah, segaralah hidupkan PC nomor 13. Dan jika ia memakai baju putih, maka jawab "Maaf, sudah penuh!"

9. Ingat! Jangan sekalipun anda menatap wajahnya. tetap fokuslah ke layar PC operator didepan anda!

10. Jika anda mendengar ada yang mengetuk-ketuk dari dalam ruangan smoking area. Segeralah matikan Lampu dan Layar monitor di ruangan operator dan bersembunyi dibawah meja. Jangan bergerak atau membuat suara sedikitpun! Suara tersebut akan hilang selama satu atau dua menit. Mungkin bisa lebih.

11. Jika suara ketukan berubah menjadi suara goresan, maka berdoa lah. Karna itu satu-satunya hal yang mungkin bisa anda lakukan.

12. Setiap pelanggan malam kami adalah pelanggan setia, mereka sudah tau aturan-aturan untuk bermain di warnet kami di malam hari. Salah satunya adalah tidak berbicara kepada Operator secara langsung. Mereka akan datang, menaruh uang pas, dan langsung menyalakan PC. Jadi, kami mengharapkan anda menghafal daftar harga.

13. Pada jam 02.00 sampai 03.23, jangan sekalipun pergi meninggalkan ruangan anda. Apapun yang terjadi, JANGAN SEKALIPUN MENINGGALKAN RUANGAN ANDA.

14. Pada jam tersebut, akan terdengar suara tangisan dari arah dapur. Kami usulkan untuk mendengarkan musik melalui headset untuk mengalihkan pikiran anda dari suara tersebut.

15. Sekali lagi, jangan keluar dari ruangan operator pada jam berikut.

16. Jika anda secara tidak sengaja berada di luar ruangan pada jam berikut, Lari lah kedalam ruangan anda dan kunci pintu nya! Gunakan tubuh anda untuk mendorong pintunya. Apapun yang terjadi, jangan biarkan mereka masuk!

17. Kami tidak akan bertanggung jawab dengan keselamatan anda jika anda tidak mengikuti peraturan-peraturan yang sudah disebutkan di atas!

18. Pada pukul 6 pagi, Shift anda akan selesai dan akan segera digantikan oleh operator lain.

Sekian dan Terima kasih. ttd Management"

Alisku mengkerut sambil membaca peraturan-peraturan yang cukup "aneh" tersebut. "Lelucon macam apa ini?" Pikirku.

Setelah ku baca berkali-kali aturan yang aneh itu, tak terasa jam sudah menunjukan angka 21.56. Aku menghela nafas sambil menutup file tersebut. "Ah, mungkin si Dimas cuman mau menakut-nakuti pegawai baru. Biasalah, senior.." pikirku sambil tertawa.

Tetapi tawaku segera terhenti karna kudengar suara ketukan dari arah ruangan yang bertuliskan "smoking area"...
d0dittt
agungdar2494
agungdar2494 dan d0dittt memberi reputasi
2
789
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.