• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • DeLorean: Mobil Gagal yang Menjadi Salah Satu Ikon Pop Culture

AnggaNavieAvatar border
TS
AnggaNavie
DeLorean: Mobil Gagal yang Menjadi Salah Satu Ikon Pop Culture


Ngomongin soal ikon pop culture, pasti tak lepas dari film Back to the Future (BTTF). Film terlaris pada tahun 80an ini sangat ikonik dengan mobil mesin waktu-nya.

Namun ironinya, desain mobil yang digunakan untuk mesin waktu itu justru berdasarkan mobil gagal yang digadang-gadang sebagai mobil masa depan, DMC DeLorean. Lalu bagaimana DMC delorean bisa mejeng di film BTTF? Yuk Check this out!

. . . . .


Berawal Dari Mimpi ...

Sebelum bahas DMC DeLorean, kita bahas dulu pendiri perusahaan tersebut, John Zachary DeLorean. John merupakan seorang mantan kepala operator mobil dan truk di General Motors. Namun, pidatonya dalam sebuah konferensi yang menyinggung kualitas mobil perusahaan tempat ia bekerja mengakibatkan ia dipecat. Hal ini membuat ia bermimpi untuk mendirikan perusahaan otomotif sendiri.

2 tahun setelah ia dipecat, mimpinya terwujud. John mendirikan pabrik mobil DeLorean Motor Company (DMC).  Ia bermain disektor mobil sport karena sektor ini memiliki margin keuntungan yang tinggi, pelanggan yang ‘tahan’ akan efek krisis, dan penjualan yang selalu meningkat.



... Yang Menjadi Mimpi Buruk

2 tahun setelahnya, perusahaan tersebut menciptakan sebuah prototype mobil untuk menarik para investor. Banyak analisis keuangan menilai proyek milik John akan mendapatkan dukungan financial yang cukup.

Benar saja, dalam waktu singkat proyek mobil prototype tersebut sudah mengantongi 200 juta dollar. Banyak artis juga ikut berinvastasi dalam proyek milik John. Pada akhirnya, mobil DeLorean digadang-gadang sebagai pesaing berat mobil sport yang eksis pada saat itu.



Dave Tavres (Pixabay)


Namun hasil akhir dari mobil ini jauh dari apa yang diharapkan. Untuk urusan tenaga, mobil ini hanya memiliki 130 hp, yang seharusnya minimal memiliki tenaga 200 hp. Hal ini menjadikan mobil DeLorean tergolong lambat untuk sekelas mobil sport.

Belum lagi diperparah dengan quality control yang buruk dan masalah-masalah teknis pada mobilnya. Harganya yang mencapai $25.000 (atau sekitar 1M sekarang) pun semakin membuat mobil ini tidak layak untuk dibeli menurut para kritikus.

Karena banyaknya ‘nilai minus’ serta harganya yang mahal, mobil DeLorean menjadi tidak laku. Mobil ini hanya terjual 6000 unit dari 9000 unit yang diproduksi. Hal ini otomotasi menjadi salah satu penyebab pabrik DMC harus gulung tikar. Di saat bersamaan, sang pendiri terkena kasus hukum  atas keterlibatannya menjual kokain.



Lalu Menjadi Mobil Ikonik

Di saat John dipenjara, film Back to the Future sedang memasuki fase produksi. Konsep film sudah dibuat, dan Ford mencoba menjadi sponsor agar mobil Mustang-nya dapat masuk ke dalam film.

Namun sang produser menolak tawaran Ford. Mereka lalu memilih DeLorean karena menurut mereka akan terlihat ‘lucu’ ketika mobil yang gagal dianggap sebagai mobil masa depan malah justru menjadi mesin waktu, terdengar ironi memang. Mobil DeLorean juga dianggap memiliki tampilan yang sesuai dengan gaya tokohnya yang Ekstrentik, Doktor Emmet brown.



Ket: DMC DeLorean BTTF | JMortonPhoto.com & OtoGodfrey.com (Wikipedia), resize & dicrop


Berkat film Back to the Future, DMC DeLorean menjadi salah satu mobil ikonik dalam dunia perfilman. Seandainya mobil ini tidak dipilih, mungkin DMC DeLorean hanya akan menjadi setitik noda yang mengihasi kanvas dunia otomotif.

. . . . .


Kalau menurut ane, salah satu kelebihan mobil ini adalah desainnya yang futuristik untuk ukuran mobil 80’an. Jika melihat mobil ini, pastinya mobil ini lebih dapat menarik mata bagi mereka yang melihatnya.

Namun melihat kekuranganya, sepertinya ane hanya cukup menikmati keindahan body-nya saja, tapi tak ada rasa ingin memiliki. Iyalah duitnya kaga ada emoticon-Ngakak (S)



Trivia

Nama resmi mobi DeLorean adalah DMC-12, angka 12 diambil dari harganya yang direncakan $12.000

Seluruh body mobil DeLorean terbuat dari baja tanpa dicat. Hal ini bertujuan agar mobil tetap awet meski sudah berusia puluhan tahun.

Mobil DeLorean memiliki seri limited yang mana body nya terbuat dari kayu dan ada juga yang emas.

Penyebab kebangkrutan yang lain adalah manajemen uang yang buruk, sang pendiri John lebih suka berfoya-foya dengan uang perusahaannya padahal mobilnya tidak laku.

John DeLorean bebas dari penjara setelah memenangkan pembelaannya dan berkat penjualan mainan mobil Back to the Future, ia dapat melunisi hutangnya.




Referensi:
DMC DeLorean - Wikipedia | John DeLorean - Wikipedia | WHAT MADE THE DELOREAN A BAD CAR? - Motor-Vision | THE BTTF DELOREAN: WHY IS THE FLYING BACK TO THE FUTURE CAR AN ILL-FATED DELOREAN? - Seat Covers | How the DeLorean became the iconic film car - Cnet Road Show Gambar Cover: Kevin Abato (Wikipedia), resize & crop
Diubah oleh AnggaNavie 02-11-2020 03:16
orangemonkey
fergusonredarmy
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.