Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
318
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9b5d3610d2953eb4171aab/semua-harus-tahu-lakukan-langkah-ini-bila-mengalami-luka-robek
Siapa di sini yang pernah mengalami luka robek? Buat yang nggak tahu, luka robek itu adalah luka yang menyebabkan rusaknya jaringan lunak kulit, yang secara kasat mata tampak seperti irisan di kulit.
Lapor Hansip
30-10-2020 07:24

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

HAI AGAN DAN SISTA!

emoticon-Hai

Siapa di sini yang pernah mengalami luka robek? Buat yang nggak tahu, luka robek itu adalah luka yang menyebabkan rusaknya jaringan lunak kulit, yang secara kasat mata tampak seperti irisan di kulit.

Luka robek biasanya disebabkan oleh pecahan kaca, pisau, atau perkakas kerja lainnya. Luka robek bisa dikatakan parah bila lebar robekannya sudah mencapai 5 cm. Pada kasus ini, darah akan keluar dengan sangat banyak.

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
Luka robek ringan

So, jika seandainya suatu hari Gansis mengalami atau melihat seseorang mengalami luka robek, apa yang harus Gansis lakukan sebagai bentuk pertolongan pertama?

So, itulah yang akan kita bahas kali ini.

Simak thread ini sampai habis, ya!

emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Pertolongan pertama pada kecelakaan sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan nyawa korban serta memperkecil resiko keparahan cedera. Itulah mengapa, sedikit banyaknya kita harus menguasai teknik P3K.

Pada luka robek, ada beberapa tindakan pertolongan pertama yang harus dilakukan. Tindakan itu adalah : ....

1. Jangan Panik

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

Ini sangat perlu, Gansis. Apapun kasusnya, di mana pun Gansis berada, jika berniat ingin memberikan pertolongan pertama kepada seseorang, maka atasi kepanikan pribadi terlebih dahulu. Memberikan pertolongan dalam keadaan gugup dan panik tentu akan sangat membahayakan.

So, don't panic, ya, Gansis.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

2. Hentikan Pendarahan

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

Inilah yang utama yang dilakukan pada korban luka robek, Gansis. Menghentikan perembesan darah untuk menyelamatkan nyawa korban.

Caranya adalah, apabila memungkinkan, gunakanlah kasa steril untuk menutupi robekan luka tersebut. Jika tidak, gunakan kain apa saja dengan syarat harus bersih.

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

Lipat kasa atau kain tersebut menjadi agak lebar dari luka, lalu letakkan di atas luka sambil menekannya pelan-pelan. Oiya, usahakan untuk meninggikan posisi luka dari jantung, ya, Gansis.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

3. Balut Luka

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

Setelah ditekan menggunakan kain kasa, segeralah balut luka tersebut dengan perban, mitela (sejenis perban), atau kain bersih yang agak panjang. Kalau pada perban dan mitela biasanya yang lipat delapan.

Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek

Sekarang, letakkan perban, mitela, atau kain tersebut di atas luka, lalu balut dengan memilitkan sisi atas kain ke bagian bawah, dan sisi bawah kain ke bagian atas. Kemudian kencangkan dengan mengikatnya di bagian atas luka.

Ingat, ya! Jangan mengencangkan ikatan perban terlalu ketat.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

4. Seandainya Darah Masih Merembes

Bagaimana jika setelah dibalut darah masih merembes?

Jika kondisinya seperti itu, maka yang perlu dilakukan adalah, lakukan lagi langkah kedua, yaitu menekan luka dengan perban, kemudian balut. Lakukan hal itu terus-menerus sampai tidak ada darah yang merembes keluar.

Atau cara lainnya adalah, ketika menutup luka dengan kain kasa, maka penutupnya itu yang diberi berlapis-lapis. Nah, setelah darah tidak lagi merembes, barulah kemudian dilakukan pembalutan.

Namun, untuk kasus luka robek yang dalam, memang bagus untuk menutup luka kemudian balut, lalu tutup lagi dan balut lagi. Begitu seterusnya sampai darah berhenti merembes.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Nah, langkah di atas sudah dilakukan seluruhnya. Artinya, pertolongan pertama sudah selesai dilakukan. Selanjutnya adalah membawa korban ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Terutama untuk membersihkan luka dari bakteri pada benda tajam penyebab luka yang masuk ke dalam jaringan kulit.

Oiya, dalam pemberian pertolongan pertama tadi, jika seandainya luka korban sangat kotor, misal karena keinjak pecahan kaca di dalam lumpur, maka luka perlu dibersihkan sebelum ditutupi kasa.

Namun, perlu ditekankan lagi, bahwa tujuan pertolongan pertama pada luka robek adalah untuk menghentikan pendarahan. Jadi, membersihkan lukanya jangan terlalu lama. Cukup guyur dengan air biasa (bukan air hangat) sampai lumpurnya terlihat bersih, kemudian ditutup dengan kasa.

So, itulah langkah pertolongan pertama pada luka robek, ya, Gansis. Semoga bermanfaat.

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Narasi : pribadi
Sumber : 1, 2, dan PPT P3K dan Cedera Olahraga oleh : Ns. Hidayati, M.Mkes (dosen ane).

emoticon-Cendol Gan

Thanks For Reading


Diubah oleh serbaserbi.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 61 lainnya memberi reputasi
62
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 01:14
Pernah robek dikaki kena seng, sama tetangga ane ditetelin bako langsung brenti keluar darahnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 01:28
Gan mau nanya,kenapa itu posisiny harus d atas jantung?klo gak salah gigitan ular jg gitu ya?CMIW
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 03:01
No 1 emang yang penting gan, biasa nya ane kalau luka2 kasih madu atau kopi
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 03:40
Duh....aku tuh gak sanggup liat Darahemoticon-Frown
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 06:07
Info nya bagus gan, dulu ane kalau luka langsung siram alkohol terus di bungkus jadi deh..
Ntar kalau luka lagi ane ingat-ingat saran ini deh hehehe... emoticon-Ngakak
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 06:32
Oh jadi itu bentuk pertolongan pertama jika mengalami atau melihat seseorang mengalami luka robek
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 06:32
Nice Info
emoticon-2 Jempol
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 06:53
Nice inpoh gan, ane jadi tau langkah-langkahnya, inpo yang paling daging sih yang ternyata luka harus diangkat lebih tinggi dari jantung ya biar gak deras ngalir darah nya, aneh baru tau gan ini emoticon-Malu
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 07:15
Kau telah merobek2 cintaku ow wow akhi ukhti
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 07:39
Pergi ke warung beli Handsaplast/Tentoplast atau semacamnya.

emoticon-Shakehand2
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 07:40
emoticon-Cool luka robekan kecil krna tergores pisau bisa d hentikan dengan tisu basah atau tisu elap air mineral galon, mengandung alkohol gan
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 08:03
Ane ngeliat luka aja lemes bray sampai ke tytyd2
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 08:05
Bermanfaat gaes
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 09:04
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek Baru aja tangan aing krmn kena alumunium , ampe keliatan otot2nya

Sangking paniknya trs dikasi getah pohon pisang biar darahnya mampet emoticon-Ngakak

Trs dibawa ke rs buat dijahitemoticon-Big Grin
Diubah oleh leszczynski
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 09:16
Siaaap
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 09:20
bersihkan luka dulu sblm dibalut.
bisa dibersihkan pakai air mengalir.

klo kena tusukan n msh menancap lbh baik biarkan tertancap biar lukanya gk terbuka. Lbh baik dokter atau paramedis yg mencabutnya.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 10:16
Informatif sekali, makasi gan, emoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
leszczynski dan serbaserbi.com memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 10:57
selagi tak perlu di jahit
dulu pernah kena pisau cut
cona pakai kopi
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 10:58
Bener banget sih..kalau ada luka sobek jangan sampe darah keluar terus..perban dan ikat yang kenceng lukanya utk darurat sebelum di lakukan penanganan medis.,
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Semua Harus Tahu! Lakukan Langkah Ini Bila Mengalami Luka Robek
01-11-2020 11:05
luka di hati gimana gan?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia