• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kebiasaan Unik Orang Indonesia Ketika Makan Ini Jarang Ditemukan di Negara Lain

serbaserbi.com
TS
serbaserbi.com
Kebiasaan Unik Orang Indonesia Ketika Makan Ini Jarang Ditemukan di Negara Lain


HAI AGAN DAN SISTA

emoticon-Hai

Setiap negara memiliki keunikannya tersendiri. Termasuk negara kita tercinta, Indonesia. Ada banyak hal unik dan menarik di tanah air kita yang pastinya sangat jarang ditemukan di negara lain. Salah satunya adalah, berhubungan dengan kebiasaan makan orang Indonesia.

Wah, unik gimana ini, Gansis?

Makanya, simak thread ane sampai habis, ya.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)

1. Belum Makan Kalau Belum Makan Nasi



Sebagai negara agraris, tentulah Indonesia memiliki sumber daya beras yang berlimpah. Hal inilah yang kemudian menjadikan nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia.

Rupanya, saking pokoknya, keberadaan nasi dalam hal makan-memakan adalah wajib, Gaes. Heheh. Contohnya, setelah kamu makan martabak, lanjut mie instan, lanjut telor gulung, lanjut camilan, tetapi ketika ditanya sudah makan atau belum, pasti jawabannya, "belum". Kenapa? Karena belum makan nasi. Heheh.

Ane gak bilang semua orang seperti itu. Namun, rata-rata orang Indonesia pasti akan menganggap dirinya belum makan bila belum menelan nasi.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

2. Harus Pake Sambel



Kecintaan masyarakat Indonesia pada sambel sudah tidak diragukan lagi. Bahkan yang gak suka pedes sekali pun, kalau makan pasti tetap nyari sambel.

Jenis sambel di Indonesia pun bermacam ragam. Ada sambel matah, sambel terasi, sambel bawang, sambel dabu-dabu, dan lain-lain. Semua sambel itu diolah sesuai lidah masing-masing. Banyak yang bilang, makin pedas makin enak. Ada juga yang suka dengan pedas standar, yang penting makan pakai sambal.

Hmmm, apakah Gansis termasuk ke dalam pecinta sambel?

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

3. Pake Lalapan Biar Makin Maknyus



Teman sejati sambel adalah lalapan. Di mana keduanya sering dihidangkan secara bersamaan dan saling melengkapi. Gak nikmat sambal tanpa lalapan dan gak enak lalapan tanpa sambal.

Biasanya yang dilalap oleh orang Indonesia adalah sayur-sayur mentah. Seperti, mentimun, lobak, selada, jengkol, pete, dan berbagai daun sayur lainnya.

Nah, Gansis kalau makan suka ngelalap apa, nih?

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

4. Gak Ada Kerupuk Gak Rame



Makanan garing dan gurih ini memang begitu dinikmati oleh orang Indonesia. Makanya, di setiap warteg, warung makan, bahkan restoran pasti menyediakan kerupuk sebagai makanan pelengkap.

Kerupuk di Indonesia pun banyak macamnya. Ada kerupuk Palembang, kerupuk ikan, kerupuk tempe, kerupuk melinjo, kerupuk kulit, kerupuk kentang, dan lain-lain.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

5. Makan Mie Pake Nasi



Anak kost mana suaranya? Hehe. Menu yang satu ini adalah andalannya setiap orang di akhir bulan. Apalagi oleh anak kost, ya. Sampai-sampai, satu bungkus mie instan dibagi dua untuk dimakan pagi dan sore.

Hmmm, yang sabar, ya, Bre. Ane juga pernah ngalamin kok pas ngekost. Heheh.

Seperti yang ane katakan diawal, bagi banyak orang, belum makan namanya bila belum pake nasi. Nah, dengan makan mie pake nasi, seseorang gak cuma bisa ngemil berat, tapi juga sekalian 'makan'. Padahal dua-duanya berkabohidrat tinggi. Hehhe.

Biar lebih nikmat biasanya diceplokin telur. Aduh, jadi laper ane, Gansis.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

6. Makan yang Berkuah Harus Ada Temennya



Pecinta makanan berkuah gurih mana, nih? Ada soto, bakso, miso, sup, dan berbagai jenis pecel, sate dan gado-gado dengan kuah kacang yang manis gurih. Gansis doyan yang mana, nih?

Teman di sini, bukan teman buat diajak makan, ya, Gansis. Tapi, temen yang akan dimakan barengan sama makanan berkuah tersebut.



Misal, makan pecel terus ditambahkan sobekan bakwan. Makan lontong sayur ditambah salalauak hangat. Makan miso atau soto ditambahkan keripik singkong balado (kalau di Padang namanya rubik). Makan bakso ditambahkan sobekan tahu goreng. Dan lain sebagainya.

Nah, kamu doyan begitu juga, nggak? Heheh.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

7. Makan Pakai Tangan



Rata-rata budaya makan di Indonesia adalah pakai tangan. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa; makan pake sendok dan pakai tangan langsung sensasi nikmatnya beda.

Nah, menurut ente gimana, nih, Gansis?

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

8. Makan Nasi Goreng Kudu Pake Sendok



Nah, ini tuh sering banget terjadi, Gansis. Misal, ketika kita makan di rumah, makan nasi putih pake sambel dan lalapan, biasanya makan pake tangan doang. Eh, sekalinya emak bikin nasi goreng, kita pasti nikmatinnya pake sendok. Padahal dua-duanya sama-sama masakan emak dan sama-sama nasi, kan?

Nah, entah bagaimana caranya, kebiasaan unik ini terus menjalar hingga sekarang.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

9. Minum Es Teh Manis



Para pelanggan warteg sejati mana, nih, suaranya? Rata-rata yang sering makan di warteg atau rumah makan Padang, sebagai minumannya mereka selalu pesan es teh manis. Walaupun beberapa rumah makan selalu menyediakan teh pahit sebagai minumnya (gratis), kebanyakan pelanggan mau merogoh kocek tiga ribu sampai sepuluh ribu rupiah demi segelas teh manis.

Percaya atau tidak, minum teh manis sehabis makan nasi Padang itu, nikmatnya luar biasa banget. Bikin perut kenyang hati pun senang. Ya, walaupun kebiasaan minum teh sehabis makan nasi tidak baik dampaknya bagi tubuh. Heheh.

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

So, itulah beberapa kebiasaan unik orang Indonesia yang tidak ditemukan di negara lain. Buat yang tinggal jauh di luar Indonesia, bila mengingat kebiasaan ini, pasti kangen pengen pulang. Heheh.

So, itulah thread ane kali ini, Gansis.

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by : serbaserbi.com
Gambar : Google image
Narasi : opini pribadi
Sumber : 1 dan fakta masyarakat

emoticon-Cendol Gan

Thanks For Reading

Diubah oleh serbaserbi.com 28-10-2020 12:30
ladies.hunter01keenan09cheria021
cheria021 dan 59 lainnya memberi reputasi
58
10.4K
614
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.